Soal Sistem Skeletal

soal sistem skeletal

Soal Sistem Skeletal – Halo sobat Bidan Indonesia, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan. Dipelajari yuk, kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi sistem skeletal atau kerangka.

Soal dan Kunci Jawaban Sistem Skeletal

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Skelet atau kerangka adalah rangkaian tulang yang mendukung dan melindungi beberapa organ lunak, terutama dalam tengkorak dan panggul, sebagai alat ungkit pada gerakan dan menyediakan permukaan untuk kaitan otot-otot kerangka.

Read More

Kerangka axial (kerangka sumbu) terdiri atas kepala dan badan, termasuk tulang-tulang berikut: Tengkorak, Tulang dada dan iga-iga, Tulang belakang, Tulang hyoid, Kerangka Appendikuler terdiri atas anggota gerak atas dan bawah, dan gelang panggul. Sebagai tambahan ada lagi tiga tulang kecil dalam rongga telinga tengah.

Kolumna vertebralis atau rangkaian tulang belakang adalah sebuah struktur lentur yang dibentuk oleh 33 ruas tulang, 24 buah di antaranya adalah tulang-tulang terpisah dan 9 ruas sisanya bergabung membentuk 2 tulang. Vertebra terdiri-dari tujuh vertebra servikal, dua belas vertebra torakalis, lima vertebra lumbalis atau ruas tulang pinggang, lima vertebra sakralis atau ruas tulang kelangkang, dan empat vertebra kosigeus atau ruas tulang tungging.

Fungsi dari Kolumna vertebralis adalah bekerja sebagai pendukung badan yang kokoh, sekaligus sebagai penyangga dengan perantaraan tulang rawan cakram intervertebralis yang lengkungannya memberi fleksibilitas dan memungkinkan membongkok tanpa patah.

Gelang panggul menghubungkan antara badan dan anggota bawah. Sebagian dari kerangka axial, yaitu tulang sakrum dan tulang koksigeus, yang letaknya terjepit antara dua tulang koxae, turut membentuk gelang ini. Dua tulang koxa itu bersendi satu dengan lainnya di tempat simfisis pubis. Kerangka anggota atas dikaitkan pada kerangka badan dengan perantaraan gelang bahu, yang terdiri atas klavikula dan skapula.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Skelet atau kerangka adalah rangkaian tulang yang mendukung dan melindungi beberapa organ lunak. Manakah contoh organ lunak yang dilindungi oleh kerangka?

A. Otak

B. Hidung

C. Mulut

D. Pantat

2) Kolumna vertebralis atau rangkaian tulang belakang adalah sebuah struktur lentur yang merupakan salah satu kerangka sumbu. Berapakah banyak ruas yang membentuknya?

A. 24 ruas

B. 33 ruas

C. 7 ruas

D. 5 ruas

3) Gelang panggul dibentuk oleh beberapa tulang dan menghubungkan bagian-bagian dari tubuh. Bagian manakah yang dihubungkan?

A. Antara badan dan anggota bawah.

B. Antara anggota atas dan bawah

C. Antara abdomen dan pelvis

D. Antara torax dan abdomen

4) Gelang panggul juga sebagian dari kerangka axial. Manakah bagian dari gelang panggul sebagai kerangka axila?

A. Tulang sakrum dan tulang koksigeus

B. tulang koxae

C. Tulang ilium

D. Tulang pubis

5) Kerangka anggota atas dikaitkan pada kerangka badan dengan perantaraan gelang bahu, yang terdiri atas klavikula dan skapula. Berapakah banyak tulang yang membentuk anggota gerak atas?

A. 20 tulang

B. 25 tulang

C. 28 tulang

D. 30 tulang

6) Tulang dari extremitas bawah atau anggota gerak bawah dikaitkan kepada batang tubuh dengan perantaraan gelang panggul. Berapakah banyak tulang yang membentuk anggota gerak bawah?

A. 21 tulang

B. 24 tulang

C. 30 tulang

D. 31 tulang

7) Kolumna vertebralis atau rangkaian tulang belakang adalah sebuah struktur lentur yang dibentuk oleh 33 ruas tulang. Berapa ruaskah vertebralis servikal?

A. Tujuh

B. Lima

C. Empat

D. Tiga

8) Kalkaneus atau tulang tumit adalah tulang terbesar dari tapak kaki. Tulang itu ada di sebelah belakang dan membentuk tumit. Apakah fungsi penting dari tumit?

A. Mengalihkan berat badan di atas tanah ke belakang.

B. Memberi bentuk yang indah pada kaki

C. Memperkuat tegaknya badan berdiri

D. Membuat kaki mudah bergerak.

9) Gerakan rotasi adalah di mana satu tulang bergerak mengitari tulang lain atau di dalam tulang lain seperti pada sendi putar. Manakah contoh sendi putar?

A. Sendi siku

B. Sendi bahu

C. Sendi lutut

D. Sendi vertebralis

10) Metakarpal membentuk kerangka tapak tangan dan berbentuk tulang pipa, begitu pula falanx berbentuk tulang pipa. Apakah yang dimaksud dengan falanx?

A. tulang jari kaki

B. tulang jari tangan

C. tulang telapak kaki

D. tulang telapak tangan

Kunci Jawaban

1) A. Otak

2) B. 33 ruas

3) A. Antara badan dan anggota bawah

4) A. Tulang sacrum dan koksigeus

5) D. 30 tulang

6) D. 31 tulang

7) A. Tujuh ruas

8) A. Mengalihkan berat badan di atas tanah

9) B. Sendi bahu

10) B. jari tangan

SIMAK JUGA!

Demikian kumpulan prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan yang bisa kami sajikan, jangan lupa untuk menyimak soal-soal lainnya. Bidan Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *