Soal Tenaga Geologi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan

soal tenaga geologi dan pengaruhnya terhadap kehidupan

Soal Tenaga Geologi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal geografi kelas 10, X KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang tenaga geologi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.

Advertisements

Rangkuman Materi Tenaga Geologi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Tenaga geologi adalah tenaga yang mempengaruhi terbentuknya muka bumi baik yang berasal dari dalam maupun luar bumi. Tenaga geologi terbagi menjadi dua, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.
  • Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Sedangkan tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi.
  • Secara umum proses endogen dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu, tektonisme, vulkanisme, dan Seisme (gempa bumi). Ketiga tenaga tersebut sebenarnya merupakan rangkaian proses alamiah yang saling berhubungan satu sama lain.
  • Gempa adalah Gerakan bebatuan menyebabkan getaran yang disebut gelombang seismik. Gelombang seismik bergerak sangat cepat ke segala arah dari pusat gempa.
  • Tenaga eksogen merupakan tenaga pembentuk muka Bumi yang berlawanan dengan tenaga endogen. Tenaga ini berasal dari luar bumi dan bekerja di permukaan
  • Bumi ini berasal dari unsur atmosfer, hidrosfer, dan biosfer. Tenaga eksogen terdiri atas; Pelapukan, Pengikisan (erosi), Masswasting, dan Sedimentasi.

Soal Uraian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Read More

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Tuliskan uraian konsep tenaga geologi dengan jelas!
  2. Jelaskan pengaruh gerak Epirogenitik negatif terhadap perubahan bentuk muka bumi!
  3. Jelaskan perbedaan antara Antiklinal dan Sinklinal
  4. Sebutkan 4 manfaat dari adanya gunung api!
  5. Jelaskan bagaimanakah gempa bumi itu bisa memicu terjadinya Tsunami!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Tenaga geologi adalah tenaga yang mempengaruhi terbentuknya muka bumi baik yang berasal dari dalam maupun luar bumi. Secara umum tenaga geologi terbagi menjadi dua, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Sedangkan tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi. tenaga endogen adalah tenaga awal yang membentuk relief permukaan bumi daratan dan lautan, dapat berupa tektonisme, vulkanisme, dan seisme (gempabumi).  Sedangkan Tenaga eksogen dapat dikatakan sebagai tenaga yang mengubah bentuk permukaan bumi yang sebelumnya telah dibentuk oleh tenaga endogen. Tenaga eksogen bekerja di atas permukaan bumi, berupa pelapukan, erosi, masswasting, dan sedimentasi.

2. → Pembahasan: Epirogenitik negatif, yaitu gerak naiknya daratan sehingga kelihatannya permukaan air yang turun. Hal ini mengakibatkan beberapa pulau mengalami kenaikan sehingga ketinggian daratannya bertambah. Bertambahnya ketinggian suatu tempat akan mengakibatkan suhu udara di tempat tersebut makin tinggi. Jenis tanaman yang tumbuh akan menyesuaikan dengan tinggi tempat itu. Contoh: naiknya Pulau Buton dan Pulau Timor.

3. → Pembahasan: Antiklinal adalah hasil proses pelipatan batuan berupa puncak lipatan atau gelombang lipatan. Sedangkan Sinklinal adalah hasil proses pelipatan batuan berupa lembah. Apabila terbentuk beberapa puncak lipatan disebut antiklinorium dan beberapa lembah lipatan disebut sinklinorium.

4. → Pembahasan:

Manfaat Gunung api diantaranya ialah:

  • Sebagai sumber energi, sebab sumber panas dari gunung berapi dapat dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).
  • Sebagai sumber mineral dan bahan galian.
  • Sebagai obyek wisata dan olahraga.
  • Sebagai daerah pertanian yang subur.
  • Sebagai daerah hujan orografis.
  • Sebagai sumber plasma nutfah.

5. → Pembahasan: Gempa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya tsunami. Akan tetapi, tidak semua gempa menyebabkan tsunami. Gerakan vertikal pada kerak Bumi dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang ada di atasnya. Pada akhirnya menyebabkan terjadinya aliran energy air laut, yang ketika sampai di pantai akan menjadi gelombang besar yang disebut tsunami.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Geografi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *