Magister Terapan Kesehatan Poltekkes Semarang

Magister Terapan Kesehatan Poltekkes Semarang

Poltekkes.id –  Dimuat di laman https://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id dan http://www.poltekkes-smg.ac.id tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang (Sipenmaru Poltekkes Semarang) Tahun Akademik 2020/2021.

Sipenmaru Program Pascasarjana

Poltekkes Kemenkes Semarang merupakan perguruan tinggi yang fokus pada pendidikan tenaga kesehatan jalur vokasi, untuk yang pertama kali di Indonesia menyelenggarakan Program Pascasarjana/Magister Terapan Kesehatan meliputi :

  1. Program Studi Magister Terapan Kebidanan
  2. Program Studi Magister Keperawatan
  3. Program Studi Magister Imaging Diagnostik
  4. Program Studi Magister Terapis Gigi dan Mulut

Dasar penyelenggaraan program ini adalah Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 520/E/O/2014 tanggal 16 Oktober 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program-program Studi pada Politeknik Kesehatan Semarang di Semarang dan No. 33/KPT/I/2015 tanggal 22 September tentang izin Penyelenggaraan Program Studi Terapis Gigi dan Mulut pada Politeknik Kesehatan Semarang di Semarang.

Bacaan Lainnya

ssasas 1

Tujuan Program Magister Terapan Kesehatan

Tujuan Program Magister Terapan Kesehatan adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan jenjang magister di bidang pendidikan tenaga kesehatan, pelayanan kesehatan, peneliti terapan, manajer maupun konselor bidang kesehatan.

Program pendidikan Magister Terapan Kesehatan diselenggarakan selama 2 tahun (4 semester) dengan beban sks sebanyak 36 sks meliputi pembelajaran teori, praktik, klinik dan residensi.

Selain pendidikan, mahasiswa menyelenggarakan/ mengikuti Kegiatan Nasional/Internasional Conference Bidang Kesehatan, serta mengikuti klinik manuskrip/Publikasi Jurnal Internasional. Penyelenggaraan program mengacu pada Permenriset & Dikti Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Metode Perkuliahan Magister Terapan Kesehatan

Metode Perkuliahan menggunakan teknik SPICES (Student Centered, Problem Based, Integrated, Community Based, Elective, Systematic), oleh dosen dengan kualifikasi Doktor di bi- dangnya. Proses perkuliahan tutorial discussion dan/atau mini lecture.

Baca Juga: Profil Kesehatan Indonesia

Pendekatan perkuliahan tersebut diharapkan mampu menghasilkan tenaga Magister Terapan Kesehatan yang kompeten dan mampu melakukan inovasi di bidang manajemen keilmuan, keterampilan praktik layanaan kesehatan maupun pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan terapan.

Jadwal Seleksi

Jalur Seleksi Penelusuran Minat dan Prestasi adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru berdasarkan seleksi prestasi akademik dan minat yang tinggi, mengikuti pendidikan Program Pascasarjana di Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Seleksi ini dilaksanakan melalui tahapan yaitu:

  • Tahap I : Seleksi Nilai Akademik dan Prestasi
  • Tahap II : Verifikasi Berkas, Wawancara, Psikotes dan Uji Kesehatan (Thorax, HbSAg)

Persyaratan Umum

Untuk syarat umum, ada dua yang harus dilakukan oleh calon pendaftar jalur ini, antara lain:

Persyaratan Akademik

  1. Pada saat mendaftar, peserta adalah mahasiswa semester VIII ( Diploma IV Terapan/Sarjana Terapan Kesehatan) dan semester X (Program Profesi) Tahun Akademik 2019/2020 sesuai program studi yang dipilih.
  2. Nilai IPS minimal 3,00 pada semester I sampai dengan semester VII (Program Studi Diploma IV Terapan/Sarjana Terapan Kesehatan) dan semester I sampai dengan IX (Program Profesi).
  3. Peserta yang telah diterima Seleksi Jalur PMDP, tetapi dinyatakan tidak lulus dari Satuan Pendidikannya dan tidak lulus verifikasi berkas dinyatakan gugur.

Persyaratan Administrasi

  • Membayar biaya pendaftaran seleksi sebesar Rp. 750.000 ke BNI Virtual Account.
  • Rekomendasi dari Ketua Program Studi
  • KHS Program Studi D IV Terapan/ Sarjana Terapan Kesehatan: Semester I sampai dengan semester VII dan Program Profesi Ners : semester I sampai dengan semester IX yang dilegalisir oleh Ketua Program Studi.
  • Bagi pendaftar yang IPS semester VII (bagi D IV/S1) atau IX (bagi Profesi) belum terbit dapat mengisi IPS semester I – VI (bagi D IV) atau semester I – VIII (bagi Profesi) dengan melampirkan surat keterangan dari institusi (dibawa saat Seleksi Tahap II)
  • Sertifikat pemenang kejuaraan bidang Akademik/ Non Akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota (bila ada) yang dilegalisir.
  • Prodi terakreditasi
  • Mengisi Formulir Surat pernyataan (Terlampir diprint out Sistem Sipenmaru): a. Bersungguh-sungguh berminat mengikuti pendidikan program studi yang dipilih b. Dinyatakan gugur bila tidak lulus dari Satuan Pendidikan dan tidak lulus verifikasi berkas c. Akan mentaati semua peraturan dan tata tertib yang berlaku di Politeknik Kesehatan Semarang.

Persyaratan Khusus

Untuk syarat khususnya, wajib berbadan sehat, tidak buta warna serta memiliki performance baik.

Pilihan Program Studi

Berikut adalah program studi magister terapan kesehatan yang dapat anda pilih:

No.Program Studi
1Magister Terapan Keperawatan
2Magister Terapan Kebidanan
3Magister Terapan Imaging Diagnostik
4Magister Terapan Kesehatan Terapis Gigi dan Mulut

Jadwal Seleksi

Berikut adalah jadwal penting seleksi sipenmaru program pascasarjana magister terapan kesehatan. Harap untuk dicatat baik-baik.

No.RincianTanggal
1.Pendaftaran online27 Januari – 21 Februari 2020
2.Seleksi Tahap I (Prestasi Akademik/Nilai Rapor
dan Prestasi pendukung)
24 – 27 Februari 2020
3.Seleksi Tahap I (Prestasi Akademik/Nilai Rapor
dan Prestasi pendukung)
28 Februari 2020
4.Seleksi Tahap II (Pemeriksaan Kesehatan dan
Verifikasi Berkas)
13 Maret 2020
5.Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II19 Maret 2020
6.Registrasi Keuangan19 – 27 Maret 2020
7.Registrasi Administrasi30 Maret – 3 April 2020
8.Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru27 – 30 Juli 2020
9.Awal Tahun Akademik Baru 2020/20213 Agustus 2020

Catatan: Jadwal bersifat tentatif, bila ada perubahan akan diumumkan melalui website: sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id.

Tata Cara dan Mekanisme Pendaftaran

  1. Peserta melakukan pendaftaran secara on-line melalui website sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id
  2. Siapkan IPS semester 1 – 7, file foto ukuran < 300KB dll
  3. Pendaftar klik tombol Pendaftaran, pilih PMDP Pascasarjana dan melengkapi seluruh data yang diminta oleh aplikasi pendaftaran.
  4. Membuat kata sandi yang digunakan setiap kali akan masuk (log in) ke dalam aplikasi Sipenmaru.
  5. Mengunduh dan mencetak Kartu Booking yang memuat Kode Booking, pilihan program studi, BNI Virtual Account (kode pembayaran) dan jumlah biaya pendaftaran yang harus dibayarkan.
  6. Peserta masih bisa melakukan edit pendaftaran selama belum dilakukan pembayaran Biaya Pendaftaran.
  7. Pendaftar melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan BNI Virtual Account melalui teller/ATM/sms banking/internet banking/mobile banking/OVO. Selengkapnya bisa dilihat pada Panduan Tata Cara Pembayaran BNI Virtual Account.
  8. Pendaftar akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa “Pembayaran Berhasil”.
  9. Pendaftar Login Pendaftaran dengan memasukkan Kode Booking dan Kata Sandi untuk mengunduh dan mencetak berkas pendaftaran.
  10. Berkas tidak perlu dikirimkan.
  11. Panitia akan melakukan seleksi nilai KHS dan prestasi yang telah diinputkan ke dalam sistem. k. Menunggu pengumuman Hasil Seleksi Tahap I di website : sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id.
BACA JUGA:  Link Resmi PMDP Poltekkes Kemenkes 2022

Kelengkapan Berkas Pendaftaran

Kelengkapan berkas pendaftaran yang wajib dibawa pada saat Seleksi Psikotes, Wawancara dan Verifikasi Berkas adalah sebagai berikut :

  1. Formulir Pendaftaran *
  2. Formulir Rekomendasi Akademik *
  3. Kartu peserta Sipenmaru Jalur PMDP Pasca Sarjana *
  4. Foto Copy Kartu Hasil Studi (KHS) semester I s.d VII ( bagi mahasiswa Diploma IV Terapan/ Sarjana Terapan Kesehatan) dan semester I s.d IX (bagi mahasiswa Program Profesi) yang dilegalisir oleh Ketua Program Studi.
  5. Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan Diploma III (Legalisir), bagi mahasiswa Transfer dari Diploma III ke Diploma IV, serta KHS semester VII (dilegalisir)
  6. Foto copy sertifikat pemenang kejuaraan bidang Akademik/ Non Akademik/ Lainnya minimal tingkat kabupaten/kota (bila ada) yang dilegalisir
  7. Surat pernyataan (bermaterai Rp. 6.000,-) bahwa yang bersangkutan * : 1) Bersungguh-sungguh berminat memasuki program studi yang dipilih dan akan mentaati tata tertib yang berlaku di Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. 2) Dinyatakan gugur bila tidak lulus dari Diploma IV/Sarjana Terapan Kesehatan/ Program Profesi dan data peserta tidak sesuai dengan data sebenarnya pada waktu dilakukan verifikasi berkas (Seleksi Tahap II).
  8. Surat Kesanggupan Membayar Biaya Pendidikan oleh Orang Tua/Suami (Bagi yang belum bekerja) i. Semua berkas masing-masing peserta dimasukkan ke dalam stofmap dengan warna :
No.JurusanWarna Stofmap
1.Magister Terapan Terapis Gigi dan MulutBiru
2.Magister Terapan Imaging Diagnostik KuningKuning
3.Magister Terapan KebidananHijau
4.Magister Terapan KeperawatanMerah

Pada halaman depan stofmap ditempelkan form check list persyaratan. Kemudian semua berkas pendaftaran tersebut dibawa pada saat Psikotes dan Wawancara. (Seleksi Tahap II) *) Berkas dapat diperoleh saat unduh berkas pendaftaran pada website : sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id.

Biaya Pendidikan

Besaran biaya pendidikan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia PMK No. 30/PMK.05/2019 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Poltekkes Kemenkes Semarang pada Kementerian Kesehatan yang dapat diunduh di website www.sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id.

Alur Tata Cara Pendaftaran

Silahkan simak secara seksama terkait alur tata cara pendaftaran sipenmaru Poltekkes Semarang Program pascasarjana di bawah ini:

  1. Peserta masuk di website http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id. Pilih menu Pendaftaran, kemudian pilih pendaftaran Jalur PMDP Pascasarjana.
  2. Buat kata sandi (catatlah kata sandi tersebut)
  3. Kemudian mengisikan biodata lengkap yang dibutuhkan oleh system
  4. Memilih program studi pada kolom “Penjurusan Program Studi”.
  5. Memasukkan Nilai IPK dari Semester I s.d Semester VII (D IV/ S.Tr), Semester I s.d IX (Program Profesi)
  6. Kirim Data yang telah diinputkan – Cetak Kartu Booking yang memuat BNI Virtual Account
  7. Selanjutnya, Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan BNI Virtual Account melalui teller/ATM/sms banking/internet banking/mobile banking/OVO. Biaya pendaftaran yang dibayarkan sebesar : Rp 750.000,-.
  8. Berikutnya, peserta kembali mengakses website : http://sipenmaru.poltekkessmg.ac.id
  9. Login Calon Mahasiswa dengan memasukkan Kode Booking dan Kata Sandi
  10. Unduh dan cetak Kartu Pendaftaran dan kelengkapan berkas pendaftaran.
  11. Seleksi Tahap I (Nilai Akademik dan Prestasi) telah selesai dan Anda tinggal menunggu pengumuman untuk tahap I ini.
  12. Setelah anda dipastikan lulus di tahap I, kemudian  melanjutkan ke seleksi Tahap II, dengan rangkaian agenda meliputi, Verifikasi Berkas, Pemeriksaan Kesehatan, Psikotest dan Wawancara.
  13. Lulus tahap II, langkah selanjutnya melakukan Registrasi Administrasi/Keuangan Registrasi Akademik.
  14. Selesai

Ketentuan Tambahan

  1. Berkas pendaftaran peserta seleksi Program Pascasarjana Magister Terapan Kesehatan menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali.
  2. Semua biaya yang telah dibayarkan ke Politeknik Kesehatan Semarang tidak dapat ditarik kembali
  3. Keputusan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Semarang Program Pascasarjana Magister Terapan Kesehatan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Peluang Kerja

Pasti banyak yang bertanya tentang peluang kerja atau prospek kerja bagi lulusan s2 Magister Terapan Kesehatan. Berikut perikiraan peluangnya:

No.JurusanLahan Kerja/Profesi bagi Lulusan
1.Magister Terapan Terapis Gigi dan MulutTerapis Gigi di Rumah Sakit/ Puskesmas/ Klinik negeri maupun swasta, Institusi Pendidikan, Lembaga Pengembangan, Peneliti Kesehatan, LSM bidang Kesehatan.
2.Magister Terapan Imaging DiagnostikRadiografer di Rumah Sakit / Puskesmas/ Klinik negeri maupun swasta, Institusi Pendidikan, Lembaga Pengembangan, Peneliti Kesehatan, LSM bidang Kesehatan, Institusi Pengelola dan Pemanfaatan Radiasi (Batan, Bapeten, BPFK, Aplicant Alat Kesehatan, Vendor Alat Kesehatan).
3.Magister Terapan KebidananBidan di Rumah Sakit/ Puskesmas/ Klinik negeri maupun swasta, Institusi Pendidikan, Lembaga Pengembangan, Peneliti Kesehatan, LSM bidang Kesehatan.
4.Magister Terapan KeperawatanPerawat di Rumah Sakit Negeri maupun swasta, Institusi Pendidikan, Lembaga Pengembangan, Peneliti Kesehatan, LSM bidang Kesehatan.

Penutup

Demikian artikel tentang sipenmaru Poltekkes Semarang Program Pascasarjana untuk jalur PMDP. Untuk lebih jelasnya, silahkan akses website sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id dan lihat FAQ (Frequently Ask Question), atau melalui telepon: 024 – 7460274 (ext. 102 dan 302). Apabila ada Hal-hal yang belum jelas, silahkan tulis pada kolom komentar.

 

4.4/5 – (8 votes)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar