Sosialisasi SIMAMA Poltekkes Kemenkes 2020

Sosialiasi SIMAMA Poltekkes Kemenkes

Poltekkes.id – Memasuki musim penerimaan mahasiswa baru, secara khusus seluruh kampus Poltekkes mulai menerapkan penerimaan maba dengan sistem baru, yang disebut SIMAMA atau diartikan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama.

Sistem tersebut digalakkan melalui event temu media tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama (SI MAMA) di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan bersama Kepala Badan PPSDMK, Prof.dr.H. Abdul Kadir, Sp,THT,-KL(K),Phd,MARS, bertempat di ruang Naranta lantai dasar Blok C gedung Dr. Adhyatma,MPH (13/2/20).

Baca Juga: Kebijakan Kesehatan di Tingkat Nasional

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini berlangsung dengan sangat baik, di ikuti dengan beberapa penjelasan tentang sosialisasi singkat, prosesi penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2020, tujuan, jadwal dan mekanisme pendaftarannya.

ssasas 1

Tujuan Sipenmaru

Tujuan pelaksanaan Sipenmaru bersama ini adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi dan terstandar secara nasional sehingga akan menghasilkan lulusan dan tenaga kesehatan yang unggul, kompeten, profesional dan berdaya saing sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan kesehatan.

Jumlah Poltekkes Kemenkes saat ini berjumlah 38 institusi yang terdiri dari 480 program studi yang tersebar dari Aceh sampai dengan Papua, dengan jumlah mahasiswa semua jenjang saat ini sebanyak 93.605 orang, jumlah kelulusan dari semua jenjang sebanyak 28.798 orang (Data 2019). Pembinaan teknis Poltekkes dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan SDM Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan.

BACA JUGA:  SIMAMA Poltekkes Semarang

Mekanisme SIMAMA Poltekkes

SI-MAMA dilaksanakan dengan pendaftaran melalui aplikasi online SIMAMA yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun berada. Calon Mahasiswa dapat memilih program studi yang diminati di seluruh Poltekkes di Indonesia.

BACA JUGA:  SIPENMARU Poltekkes Surakarta

Pelaksanaan Tes dilakukan serentak, pemeriksaan hasil test dilakukan secara terpusat oleh Panitia Nasional, sehingga diharapkan asas obyektif, fairness dan transparansi dapat terpenuhi.

Jadwal Pelaksanaan

Pelaksanaan SI-MAMA diawali dengan dibukanya pendaftaran pada tanggal 14 Februari 2020 sampai dengan 13 April 2020, jadwal pelaksanaan Ujian tulis pada tanggal 22 April 2020 kemudian pengumuman pada tanggal 4 Mei 2020 secara serentak. Pelaksanaan uji kesehatan disesuaikan dengan jadwal Poltekkes masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel tentang >>> Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama (SIMAMA) Poltekkes 2020 <<< dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke akun sosial mediamu.

4.7/5 – (6 votes)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.