Soal Analisis Unsur Buku Fiksi

soal analisis unsur buku fiksi

Soal Analisis Unsur Buku Fiksi – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, X KD 3.18 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang analisis unsur buku fiksi.

Rangkuman Materi Analisis Unsur Buku Fiksi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Buku fiksi merupakan buku yang dihasilkan dari hasil imajinasi penulisnya yang umumnya berupa karya sastra seperti novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, bahkan naskah drama.

Bacaan Lainnya

Unsur ekstrinsik buku fiksi, yaitu: bagian sampul buku, rincian subbab buku, judul subbab, tema cerita, dan bahasa yang digunakan. Adapun, unsur intrinsik buku fiksi, yaitu: tema, alur, latar tokoh, penokohan, sudut pandang, penceritaan, dan suasana.

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Cermati resensi novel Dear Nathan berikut!

Dear Nathan

Penulis novel : Erisca Febriani

Penyunting buku : Maskur Priatna

Pemeriksa Aksara : Rahmia Mn.

Desain Sampul & Penata Isi : Rumah Desain

ISBN : 9786026940148

jumlah halaman : 520 halaman

Diterbitkan pertamakali tahun : 2016 oleh Best Media

Finished (cetakan ke-3) 27 Juni 2016

Buku ini mengisahkan perihal percintaan dan persahabatan di masa SMA. Buku novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Salma dan seorang pria bernama Nathan. Buku novel ini terdiri dari 31 bab yang memiliki alur cerita dan tema setiap babnya berbeda-beda. Penulis sukses membuat seorang tokoh yang bisa membuat pembaca terbuai. Bagaimana sang tokoh ini bertingkah, bersikap, kenakalannya, dan paling utama cara dia bisa bersama Salma, semuanya sungguh menarik. Pengarang bisa membuat suasana ceritanya menjadi penuh dengan semangat yang membuat pembacanya penasaran cerita di bab selanjutnya. Dear Natahan merupakan jenis buku fiksi dikarenakan karakter yang ada merupakan karakter buatan.

BACA JUGA:  Soal Kebahasaan Teks Eksplanasi

Keunggulan Buku Novel Dear Nathan

Meskipun tema dari buku ini sudah mainstream atau banyak penulis novel yang membuat cerita dengan rema serupa, akan tetapi karakter Nathan yang menjadi unggulan dalam novel ini. Pada intinya penulis berhasil membaut karakter yang kuat. Tak hanya tokoh utama, tokoh pendukung yang jumlahnya banyak , penulis piawai memberikan karakter khas di setiap karaketer pendukungn dengan ciri khas anak SMAnya. Jalan cerita yang di sajikan juga masuk akal. Konflik yang di ceritakan bisa disampaikan dengan bagus, dan penyelesaian konfliknya pun apik. Banyak sekali amanat yang bisa diambil dari buku novel ini. Mengenai kasih sayang, pengorbanan, persahabatan, dan arti memaafkan dan mau menerima realitas kehidupan.

Kelemahan Buku Novel Dear Nathan

Penggunaan bahasa yang baku dalam percakapan diantara dua orang tokoh tidak menggambarkan bahwa mereka merupakan pasangan anak yang masih muda, dan lebih terasa kaku. Cara penulis membaut narasinya terasa berlebihan. Terkadang, pemilihan katanya tidak pas. Narasinya juga sering memutar ke sana kemari. Buku dengan tebal 528 halaman ini memberikan kesan malas untuk membaca buku ini untuk pertama kali. Akan tetapi, buku ini bagus untuk kamu para remaja untuk menjalani masa mudanya.

Nilai yang Terkandung Dalam Buku Novel Dear Nathan

Nilai yang ingin disampaikan dalam novel ini adalah mengenai kesetiaan diantara dua orang kekasih. Mengajarkan agar kita selalu berjuang dan selalu setia kepada sesuatau yang kita anggap baik untuk masa depan kita.

Jawablah berdasarkan resensi Dear Nathan.

1. Sebutkan identitas novel resensi tersebut?

BACA JUGA:  Soal Unsur Kebahasaan Teks Resensi

2. Menurutmu, permasalahan apa yang diungkapkan dalam resensi tersebut?

3. Jelaskan perwatakan tokoh utamanya!

4. Menurutmu, apa daya tarik novel tersebut untuk dibaca?

5. Menurutmu, akankah permasalahan yang dihadapi tokoh utama terjadi juga di kehidupan nyata?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Dear Nathan

Penulis novel : Erisca Febriani

Penyunting buku : Maskur Priatna

Pemeriksa Aksara : Rahmia Mn.

Desain Sampul & Penata Isi : Rumah Desain

ISBN : 9786026940148

jumlah halaman : 520 halaman

Diterbitkan pertamakali tahun : 2016 oleh Best Media

Finished (cetakan ke-3) 27 Juni 2016

2. → Pembahasan: Percintaan dalam kehidupn Nathan. Tapi ada juga masalah yang besar yang memang sudah lama dihadapinya, yaitu masalah keluarga yang sangat berat, hingga Nathan merasa berat menanggungnya. Kehilangan orang yang sangat disayanginya, merasa ditinggalkan oleh ayahnya, dan masih banyak lagi masalah-masalah yang ada dalam otak Nathan.

3. → Pembahasan: Nathan merupakan anak remaja yang masih SMA. Dia memiliki sifat nakal yang sebenarnya sebagai pusat perhatian. Di balik nakalnya Nathan, ia sebenarnya sangat perhatian dan perasa. Kenakalannya mulai berangsur menghilang ketika ia mulai jatuh cinta dengan Salma Alvira.

4. → Pembahasan: Cerita yang tepat dan sesuai untuk usia remaja, khususnya anak SMA. Kisah Nathan dengan Salma Alvira membuat kisah dalam novel itu mengajak pembaca meresapi kisah anak remaja. Tambahan lagi, novel ini menceritakan kenyataan kehidupan yang dekat dengan peserta didik.

5. → Pembahasan: Sangat memungkinkan terjadi dalam kehidupan nyata. Novel ini sebagai pencerminan anak-anak SMA remaja saat ini.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

Rate this post

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.