Soal Analisis Unsur Buku Nonfiksi

soal analisis unsur buku nonfiksi

Soal Analisis Unsur Buku Nonfiksi – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, X KD 3.18 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang analisis unsur buku nonfiksi.

Rangkuman Materi Analisis Unsur Buku Nonfiksi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Buku nonfiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Dalam buku nonfiksi, membutuhkan pengamatan dan data dalam pembuatannya sehingga dapat dipertanggungjawabkan isinya. Dasar penulisannya adalah fakta yang dapat diidentikkan dengan karya ilmiah.

Bacaan Lainnya

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Cermati resensi novel Tips dan Trik jao Main Rubrik berikut!

Tips dan Trik jao Main Rubrik 

Tips dan Trik jao Main Rubrik 

Judul Buku : Tips & Trik Jago Main Rubik

Penulis Buku : Wicaksono Hadi

Penerbit Buku : Gradien Mediatama

Cetakan : 1, 2009

Tebal Buku : 184 halaman

Sinopsis Tips & Trik Jago Main Rubik

Rubik merupakan permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang mempunyai enam warna yang berbeda pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Erno Rubik.

Profesor Erno Rubik adalah seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan waktu yang tidak lama, rubik menciptakan sensasi Internasional. Setiap orang ingin memilikinya dan memainkannya.

Demam ini menjalar baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia mempunyai konsep yang serhana, elegan, namun secara mengejutkan sangat sulit untuk diselesaikan.

BACA JUGA:  Soal Ragam Informasi sebagai Bahan Teks Editorial

Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan permainan rubik. Diantaranya adalah United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), American Rubik’s Cube Championship (November 1981), Canada Rubik’s Cube Championship (Maret 1982).

Puncaknya adalah pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik’s Cube World Championship di Budapest, dimana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh permainan rubik.

Kejuaraan tersebut dimenangkan oleh pelajar Vietnam yang baru berumur 16 tahun dengan catatan waktu hanya 22,95 detik. Suatu prestasi yang luar biasa sekali. Ketertarikan publik pada permainan rubik mulai memudar menjelang tahun 1990-an. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikan tapi tak kunjung berhasil. Sebagian orang lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik pada saat itu.

Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual, menjadikannya sebagai permainan puzzle terlaris di Dunia sepanjang masa.

Dengan kemunculan internet, rubik akhirnya bangkit. Pada tahun 2000-an, petunjuk untuk dapat menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik pun kembali melanda untuk kedua kalinya.

Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua yang diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong pemainnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

Kelebihan Buku

Buku ini mempunyai banyak gambar yang menarik, penjelasannya lebih terperinci dan jelas, serta terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.

BACA JUGA:  Soal Informasi, Baik Fakta maupun Opini dalam Sebuah Artikel

Kekurangan Buku

Masih terdapat beberapa kata yang sulit dimengerti dan tidak terindeks pada bagian indeks.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan resensi tersebut!

1. Sebutkan identitas buku tersebut?

2. Apa yang diungkapkan dalam resensi tersebut?

3. Menurutmu, apa manfaat informasi yang diberikan pada buku tersebut!

4. Apakah kamu tertarik dengan buku tersebut, jelaskan?

5. Bagaimana penggunaan bahasa yang digunakan peresensi?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Tips dan Trik jao Main Rubrik

Judul Buku : Tips & Trik Jago Main Rubik

Penulis Buku : Wicaksono Hadi

Penerbit Buku : Gradien Mediatama

Cetakan : 1, 2009

Tebal Buku : 184 halaman

Sinopsis Tips & Trik Jago Main Rubik

2. → Pembahasan: Tentang permainan rubrik yang disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa. Selain itu, disampaikan juga penemu permainan rubrik serta perkembangan permainan rubrik dari sejak awal ditemukan sampai saat ini. Manfaat permainan ini juga disampaikan oleh peresensinya.

3. → Pembahasan: Bervariasi, disesuaikan dengan kegemaran peserta didik.

4. → Pembahasan: Bervariasi, disesuaikan dengan minat peserta didik.

5. → Pembahasan: Bagus dan cukup dipahami oleh pembaca peresensi. Selain itu juga lengkap informasi yang diberikan sehingga pembaca dapat memutuskan untuk membaca buku tersebut atau tidak.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.