Soal Pengungkapan Kembali Yang Dapat Diteladani Dalam Teks Biografi

soal pengungkapan kembali yang dapat diteladani dalam teks biografi

Soal Pengungkapan Kembali Yang Dapat Diteladani Dalam Teks Biografi – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, X KD 3.14 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengungkapan kembali yang dapat diteladani dalam teks biografi.

Rangkuman Materi Pengungkapan Kembali Yang Dapat Diteladani Dalam Teks Biografi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kepribadian unggul biasanya mampu mengantarkan seseorang mencapai keberhasilan dalam kehidupannya.Salah satu kebermanfaatan teks biografi adalah pendengar atau pembaca dapat meneladani karakter unggul tokoh dalam biografi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Cermati teks biografi berikut!

Tere Liye Muda Terkenal

Tere Liye Muda Terkenal

Tere Liye merupakan nama pena seorang penulis tanah air yang produktif dan berbakat. Nama pena Tere Liye sendiri diambil dari bahasa India dan memiliki arti untukmu. Sebelum nama pena Tere Liye terkenal, ia menggunakan nama pena Darwis dan sampai sekarang, masyarakat umum bisa berkomunikasi dengan Tere Liye melalui facebook dengan nama „Darwis Tere Liye”. Banyak penulis biografi singkatnya yang menyimpulkan nama aslinya adalah Darwis.

Meskipun Tere Liye bisa di anggap salah satu penulis yang telah banyak menelurkan karya-karya best seller. Tapi biodata atau biografi Tere Liye yang bisa ditemukan sangat sedikit bahkan hampir tidak ada informasi mengenai kehidupan serta keluarganya. Bahkan di halaman belakang novel-novelnya pun tidak ada biografi singkat penulisnya.

BACA JUGA:  Soal Isi Laporan Hasil Observasi

Berbeda dari penulis-penulis yang lain, Tere Liye memang sepertinya tidak ingin dipublikasikan ke umum terkait kehidupan pribadinya. Mungkin itu cara yang ia pilih, hanya berusaha memberikan karya terbaik dengan tulus dan sederhana.  Tere Liye lahir dan tumbuh dewasa di pedalaman Sumatera Selatan.Ia lahir pada tanggal 21 mei 1979. Tere Liye menikah dengan Riski Amelia dan dikarunia seorang putra bernama Abdullah Pasai dan seorang puteri bernama Faizah Azkia.Ia berasal dari keluarga sederhana yang orang tuanya berprofesi sebagai petani biasa. Anak ke enam dari tujuh bersaudara ini sampai saat ini telah menghasilkan 30 karya. Bahkan beberapa di antaranya telah di angkat ke layar lebar.

Tere Liye meyelesaikan masa pendidikan dasar sampai SMP di SDN 2 dan SMN 2 Kikim Timur, Sumatera Selatan. Kemudian melanjutkan ke SMUN 9 Bandar Lampung. Setelah selesai di Bandar lampung, ia meneruskan ke Universitas Indonesia dengan mengambil fakultas Ekonomi. Beliau bekerja sebagai akuntan di salah satu perusahaan.(penulis yang dua profesi)

Karya-Karya Tere Liye Berikut adalah karya Tere yang sudah diterbitkan:

  1. Hafalan Shalat Delisa (Penerbit Republika, 2005)
  2. Moga Bunda Disayang Allah (Penerbit Republika, 2005)
  3. Mimpi-Mimpi Si Patah Hati (Penerbit AddPrint, 2005)
  4. The Gogons Series: James & Incridible Incodents (Gramedia Pustaka Umum, 2006)
  5. Cintaku Antara Jakarta dan Kualal Lumpur (Penerbit AddPrint, 2006). Dan masih banyak lagi sederet karyanya best seller.
BACA JUGA:  Soal Ringkasan Novel

Novel terbaru yang diterbitkan tahun 2020 berjudul Selena diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Karya Tere Liye biasanya mengetengahkan seputar pengetahuan, moral dan Agama Islam. Penyampaiannya yang unik serta sederhana menjadi nilai tambah bagi tiap novelnya. Justru karena kesederhanaannya, tiap kita membaca lembaran demi lembaran novelnya, kita serasa melihat di depan mata apa yang Tere Liye sedang sampaikan. Uniknya kita tidak akan merasa sedang di gurui meskipun dari tulisan-tulisannya itu tersimpan pesan moral, sosial dan pendidikan agama Islam yang penting. Kesederhanaanlah yang mampu membuka hati, dan kalau hati kita sudah terbuka maka akan sangat mudah setiap pesan-pesan positif itu sampai.

Jawablah pertanyaan berikut!

Tuliskan kepribadian unggul yang perlu diteladani dan jelaskan cara meneladainya dari tokoh biogarfi tersebut!

Tuliskan kepribadian unggul yang perlu diteladani dan jelaskan cara meneladainya dari tokoh biogarfi tersebut!

Jawaban

Kepribadian unggul yang perlu diteladani dan jelaskan cara meneladainya dari tokoh biogarfi tersebut!

Kepribadian unggul yang perlu diteladani dan jelaskan cara meneladainya dari tokoh biogarfi tersebut!

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.