Soal Arti Penting Proklamasi dan Pengakuan Kemerdekaan Indonesia Oleh Negara Lain

soal arti penting proklamasi dan pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh negara lain

Soal Arti Penting Proklamasi dan Pengakuan Kemerdekaan Indonesia Oleh Negara Lain – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 12, XII KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang arti penting proklamasi dan pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh negara lain.

Rangkuman Materi Arti Penting Proklamasi dan Pengakuan Kemerdekaan Indonesia Oleh Negara Lain

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bagi bangsa Indonesia proklamasi memberikan dorongan dan rangsangan bahwa sejak saat itu bangsa Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka dalam pergaulan dunia. Mempunyai hak dan kewajiban untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperoleh dan memperjuangkan tercapainya cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Bacaan Lainnya

Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri beserta tanah airnya dalam segala aspek kehidupan.

Kemerdekaan suatu negara tidak cukup hanya melalui perjuangan di level domestik saja, tetapi juga membutuhkan perjuangan di level internasional. Mendapatkan pengakuan dari Negara lain adalah salah satu perjuangan Indonesia di level Internasional untuk memulai eksistensinya. Pengakuan kedaulatan kepada suatu negara oleh negara lain menjadi salah satu syarat berdirinya sebuah Negara.

Untuk dapat benar-benar terbebas dari penjajah dan merdeka menjadi sebuah negara, Indonesia harus memenuhi dua unsur pembentuk negara, yaitu unsur konstitutif dan juga unsur deklaratif. Kalau kita lihat dari segi unsur konsitutif yang meliputi wilayah, rakyat, dan pemerintah yang berdaulat, Indonesia sudah memenuhinya. Akan tetapi, Indonesia paska proklamasi masih belum memenuhi unsur deklaratif, yaitu pengakuan dari negara-negara lainnya.

Pengakuan negara terhadap negara lain dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pengakuan secara de facto dan de Jure.

Pengakuan yang didapatkan Indonesia sebagai Negara berdaulat memiliki makna yang penting dalam eksistensi Indonesia di dunia.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

BACA JUGA:  Soal Perang Dunia I dan Perang Dunia II

1. Sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia berupaya menghimpun simpati negara-negara lain untuk memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Indonesia. Pengakuan kedaulatan dari negara-negara lain sangat diperlukan dan dianggap sangat penting bagi bangsa Indonesia karena….

A. dengan adanya pengakuan kedaulatan maka Indonesia akan mendapatkan bantuan ekonomi dari Belanda

B. dengan adanya pengakuan kedaulatan maka secara otomatis bangsa Indonesia dapat menjalin kerjasama dengan bangsa lain

C. pengakuan kedaulatan sangat penting untuk membentuk angkatan perang Indonesia

D. pengakuan kedaulatan diperlukan untuk menyelesaikan masalah Papua Barat

E. sebagai upaya untuk menjadi negara yang dikenal di dunia

2. Untuk berdiri sebagai negara yg berdaulat, Indonesia membutuhkan pengakuan dari bangsa-bangsa lain secara hukum atau de jure. Pengakuan yang diberikan kepada pihak yang diakui, hanya berdasarkan pada kenyataan saja bahwa pihak yang diakui itu telah ada adalah pengakuan…

A. de facto

B. de facto bersifat sementara

C. de jure bersifat tetap

D. de jure

E. de jure bersifat penuh

3. Pengakuan dalam bentuk yang tertinggi yang diberikan dengan perhitungan bahwa negara atau pemerintah baru itu secara formal telah memenuhi persyaratan yang ditentukan hukum internasional untuk ikut serta secara efektif dalam masyarakat internasional adalah pengakuan…

A. de facto

B. de facto bersifat sementara

C. de jure bersifat tetap

D. de jure

E. de jure bersifat penuh

4. Penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Indonesia gencar dilakukan sesaat setelah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 selesai dibacakan, hal ini sangat penting untuk dilakukan agar…

A. negara – negara di dunia mengetahui bahwa bangsa Indonesia telah lepas dari penjajahan.

B. menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia telah menjadi negara yang berdaulat.

C. mendapatkan pengakuan dari negara- negara di dunia sebagai negara yang merdeka.

D. negara didunia menghormati bangsa Indonesia sebagai negara yang baru merdeka

E. negara-negara di dunia dapat menjalin kerja sama Indonesia sebagai negara Merdeka

5. Memperoleh pengakuan negara merdeka oleh dunia internasional baik pengakuan secara de facto dan pengakuan de jure menjadi hal yang paling utama. Indonesia membutuhkan Pengakuan dari negara lain karena…

A. tanpa adanya pengakuan dari negara lain, Upaya memproklamasikan kemerdekaan menjadi sia- sia.

BACA JUGA:  Soal Sejarah Sebagai Kisah dan Seni

B. dengan adanya pengakuan kedaulatan negara lain, Indonesia dapat berkembang menjadi negara yang maju.

C. kerjasama dengan negara lain dapat kita lakukan jika banyak negara-negara yang mengakui kedaulatan Indonesia.

D. dengan adanya pengakuan kedaulatan dari negara lain, Indonesia dapat menunjukkan eksistensinya sebagai suatu bangsa.

E. salah satu syarat Sebuah negara dapat diakui dunia internasional sebagai negara yang berdaulat atau merdeka harus mendapat pengakuan negara lain.

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. B → Pembahasan: Sejak Undonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia berupaya menghimpun simpati negara-negara lain untuk memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Indonesia. Pengakuan kedaulatan dari negara-negara lain sangat diperlukan dan dianggap sangat penting bagi bangsa Indonesia karena dengan adanya pengakuan kedaulatan maka Indonesia akan mendapatkan bantuan ekonomi dari Belanda.
  2. A → Pembahasan: Untuk berdiri sebagai negara yg berdaulat, Indonesia membutuhkan pengakuan dari bangsa-bangsa lain secara hukum atau de jure. Pengakuan yang diberikan kepada pihak yang diakui, hanya berdasarkan pada kenyataan saja bahwa pihak yang diakui itu telah ada adalah pengakuan de facto.
  3. D → Pembahasan: Pengakuan dalam bentuk yang tertinggi yang diberikan dengan perhitungan bahwa negara atau pemerintah baru itu secara formal telah memenuhi persyaratan yang ditentukan hukum internasional untuk ikut serta secara efektif dalam masyarakat internasional adalah pengakuan de jure.
  4. C → Pembahasan: Penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Indonesia gencar dilakukan sesaat setelah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 selesai dibacakan, hal ini sangat penting untuk dilakukan agar mendapatkan pengakuan dari negara- negara di dunia sebagai negara yang merdeka.
  5. E → Pembahasan: Memperoleh pengakuan negara merdeka oleh dunia internasional baik pengakuan secara de facto dan pengakuan de jure menjadi hal yang paling utama. Indonesia membutuhkan Pengakuan dari negara lain karena salah satu syarat Sebuah negara dapat diakui dunia internasional sebagai negara yang berdaulat atau merdeka  harus mendapat pengakuan negara lain.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.