Soal Bahan dan Alat Pengolahan Makanan Fungsional

soal bahan dan alat pengolahan makanan fungsional

Soal Bahan dan Alat Pengolahan Makanan Fungsional – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 12, XII KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Pastinya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang bahan dan alat pengolahan makanan fungsional.

Rangkuman Materi Bahan dan Alat Pengolahan Makanan Fungsional

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Makanan fungsional adalah makanan yang secara alamiah maupun telah melalui proses, mengandung satu atau lebih senyawa yang berdasarkan kajian-kajian ilmiah dianggap mempunyai fungsi fisiologis tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahan untuk pengolahan makanan fungsional ada dua jenis, yaitu dari bahan pangan nabati seperti sayuran dan buah, serta bahan pangan hewani, seperti telur, susu, dan daging. Setiap jenis bahan mempunyai karakteristik masing-masing.

Bacaan Lainnya

Alat pengolahan makanan fungsional pada umumnya sama seperti alat pengolahan makanan yang lain. Penggunaan jenis bahan peralatan harus tepat dan sesuai dengan karakteristik bahan makanan yang dimasak sehingga tidak menghilangkan fungsi makanan fungsional yang diolah.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Sebutkan dan jelaskan macam-macam bahan makanan fungsional!

2. Jelaskan perbedaan karakteristik antara bahan nabati dan bahan hewani!

BACA JUGA:  Soal Kebahasaan Teks Prosedur

3. Jelaskan perbedaan karakteristik peralatan pengolahan makanan yang menggunakan bahan alumunium dan stenlesstel!

4. Mengapa dalam pemilihan jenis peralatan untuk mengolah makanan harus disesuaikan dengan karakteristik bahan makanan yang akan diolah? Jelaskan, jika perlu lengkapi dengan contoh.

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Bahan makanan fungsional ada 2 macam, yaitu bahan nabati dan bahan hewani. Bahan nabati berasal dari tumbuhan, contohnya sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian. Bahan hewani berasal dari hewan, contohnya ikan, daging ayam, daging sapi, susu, dan telur.

2. → Pembahasan:

Perbedaan karakteristik antara bahan nabati dan hewani

Perbedaan karakteristik antara bahan nabati dan hewani

3. → Pembahasan: Alumunium bersifat ringan, mudah dibentuk, cepat panas, sebagai konduktor yang baik untuk panas dan listrik. Tidak tahan larutan yang bersifat asam atau alkali. Sedangkan Alat dari stainless steel bersifat kuat, menarik, dan mudah dibersihkan, tidak berkarat, tahan asam atau basa.

4. → Pembahasan: Pemilihan jenis peralatan mengolah makanan harus disesuaikan dengan karakteristik bahan makanan yang akan diolah agar tidak merusak makanan sehingga fungsi atau manfaat dari bahan makanan tidak hilang. Contoh: saat membuat minuman kunyit asam, tidak direbus dengan alat yang berbahan alumunium, karena alumunium tidak tahan terhadap asam.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.