Soal Bauran Promosi

soal bauran promosi

Soal Bauran Promosi – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 12, XII KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Pastinya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang bauran promosi.

*(Disertai Kunci Jawaban dan File download di akhir soal)

Rangkuman Materi Bauran Promosi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Bauran promosi merupakan kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat-alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan. Tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan.

Manfaat periklanan adalah:

  • Memungkinkan penjual untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.
  • Memungkinkan penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk dan perusahaan.
  • Memungkinkan penjual untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui penguunaan cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.

Variabel dari promosi personal selling memungkinkan penjual untuk :

  • Mengadakan hubungan langsung dengan calon pembeli sehingga penjual lebih dapat mengamati karakteristik beserta kebutuhan pembeli.
  • Memperoleh tanggapan dari calon pembeli.

Publisitas memiliki beberapa kebaikan antara lain:

  • Lebih dapat dipercaya, sebab berupa suatu berita bukan iklan.
  • Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan.
  • Jauh lebih murah, karena tanpa biaya.
  • Dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisi lain yang menyolok.

Beberapa contoh metode promosi penjualan :

  • Pemberian contoh barang secara cuma-cuma, ini merupakan salah satu alat promosi penjualan yang dianggap paling mahal tapi juga paling efektif.
  • Kupon berhadiah, cara ini sangat efektif karena membuat orang mudah tertarik.
  • Rabat, merupakan pengurangan harga yang diberikan kepada pembeli.
  • Potongan harga langsung.
  • Peragaan, memamerkan barang-barang pada waktu tertentu, tempat dan situasi tertentu.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Memungkinkan penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk dan perusahaan.

2) Memungkinkan penjual untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui penguunaan cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.

3) Lebih dapat dipercaya, sebab berupa suatu berita bukan iklan.

4) Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan.

Yang termasuk manfaat iklan adalah …

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 1 dan 4.

d. 2 dan 3

e. 2 dan 4

2. Iklan yang berhasil adalah …

a. Iklan yang mampu menciptakan jargon baru pada masyarakat.

b. Iklan yang penayangannya atau pemuatannya ditunggu-tunggu audiens.

c. iklan televisi. Iklan yang berhasil adalah iklan yang disaksikan pemirsa dari awal sampai selesai.

d. Iklan yang secara penjualan maupun komunikasi memenuhi sasaran.

e. Iklan yang memiliki share of mind terbesar. Artinya, iklan yang paling kuat menempati memori audiens.

3. Promosi penjualan dapat merangsang pembelian segera. Karena itu, promosi penjualan paling tepat digunakan dalam situasi …

a. Konsumen masih ragu-ragu untuk membeli produk karena belum yakin akan kualitas produk.

b. Konsumen sudah siap membeli. Produk kita merupakan salah merek yang dipertimbangkan. Namun, konsumen belum mengambil keputusan dan masih ada dalam tahap mengevaluasi merek mana yang akan dibeli.

c. Kualitas produk rendah, sehingga konsumen tidak berniat membelinya. Niat membeli baru dapat dirangsang dengan menawarkan hadiah atau insentif.

d. Konsumen kecewa dengan produk, sehingga untuk mengimbanginya, diberikanlah hadiah atau insentif untuk mengurangi kekecewaan itu.

e. Kuantitas produk di kota banyak.

4. Penjualan personal memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan, mulai dari hubungan penjualan sampai hubungan persahabatan. Bagi perusahaan, hubungan persahabatan antara wiraniaga dengan pelanggan dapat …

a. Menguntungkan karena dengan demikian pelanggan akan selalu membeli produk dari perusahaan melalui wiraniaga itu.

b. Merugikan karena hubungan persahabatan itu dapat mencemari hubungan bisnis antara perusahaan dan pelanggan yang seharusnya terjadi tanpa hubungan personal.

c. Tidak ada hubungannya dengan perusahaan sebab hubungan persahabatan adalah hal berbeda dari hubungan bisnis antara perusahaan dan pelanggannya.

d. Dapat merugikan kalau pada akhirnya kesetiaan pelanggan terjadi pada wiraniaga secara pribadi bukan lagi dengan perusahaan.

e. Merugikan dan menguntungkan tergantung dari rekanan usahanya.

5. Ada beberapa trend yang membuat pemasaran langsung semakin banyak dipakai saat ini. Diantaranya adalah …

a. Waktu belanja yang semakin sempit bagi banyak rumah tangga di kota.

b. Tersedianya banyak pilihan tempat belanja modern.

c. Pendapatan masyarakat perkotaan yang semakin tinggi sehingga memiliki daya beli lebih tinggi.

d. Gaya hidup masyarakat yang semakin materialistis.

e. Masyarakat tidak suka dengan keramaian pasar.

Kunci Jawaban dan Pembahasan

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. a. 1 dan 2 → Pembahasan:

  • Memungkinkan penjual untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.
  • Memungkinkan penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk dan perusahaan.
  • Memungkinkan penjual untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui penguunaan cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.

2. e. Iklan yang memiliki share of mind terbesar. Artinya, iklan yang paling kuat menempati memori audiens. → Pembahasan: Karena iklan yang mudah diingat dan menarik itu yang biasanya di simpan dalam memori manusia.

3. a. Konsumen masih ragu-ragu untuk membeli produk karena belum yakin akan kualitas produk. → Pembahasan: Promosi penjualan dapat dilakukan dengan peragaan dan pertunjukan.

4. a. Menguntungkan karena dengan demikian pelanggan akan selalu membeli produk dari perusahaan melalui wiraniaga itu. → Pembahasan: Ketika persahabatan terjalin, maka terjadi saling mempercayai dalam wiraniaga.

5. b. Tersedianya banyak pilihan tempat belanja modern. → Pembahasan: Karena pemasaran langsung dapat dilakukan dengan offline dan online sehingga memiliki berbagai cara transaksi.

Download Soal dan Jawaban Gratis

Jika menginginkan file soal, kami menyediakan untuk di unduh secara gratis, silahkan klik tombol unduh yang kami tampilkan di bawah ini, secara otomatis anda akan diarahkan ke halaman untuk mempersiapkan file (ikuti Petunjuknya)!

KLIK UNDUH SOAL DAN JAWABAN

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *