Soal Biaya Produksi, Harga Jual, dan Penghitungan Laba Rugi

soal biaya produksi, harga jual, dan penghitungan laba rugi

Soal Biaya Produksi, Harga Jual, dan Penghitungan Laba Rugi – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 12, XII KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Pastinya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang biaya produksi, harga jual, dan penghitungan laba rugi.

Rangkuman Materi Biaya Produksi, Harga Jual, dan Penghitungan Laba Rugi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Untuk menentukan harga jual produk, ada beberapa komponen biaya, yaitu biaya tetap (fixed cost) dan biaya tidak tetap/biaya variabel (variable cost).

Bacaan Lainnya

Biaya tetap (fixed cost) merupakan biaya yang tidak bergantung pada volume produksi.Biaya tetap di antaranya meliputi: tenaga kerja, listrik/air, gas, serta penyusutan alat.

Sedangkan biaya tidak tetap/ variabel (variable cost) merupakan biaya yang jumlahnya tergantung dari volume produksi. Biaya variabel atau biaya tidak tetap contohnya adalah bahan baku dan kemasan produk.

Harga pokok produksi merupakan semua biaya yang muncul dalam rangka menghasilkan suatu produk hingga produk tersebut siap dijual. Agar suatu usaha tidak mengalami kerugian, maka dalam menentukan harga jual tidak boleh di bawah harga pokok produksi.Komponen lain yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan harga jual adalah pelanggan atau customer, pesaing usaha sejenis, serta saluran distribusi.

Pendapatan bersih atau biaya disebut sebagi laba merupakan jumlah penerimaan uang yang didapatkan setelah dikurangi total biaya. Jika jumlah penerimaan uang hasil penjualan lebih kecil dari total biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk, maka akan mengalami kerugian (rugi).

BACA JUGA:  Soal Norma dan Praktik Budaya Pernikahan Dini di Indonesia

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Analisislah perbedaan antara biaya tetap dan biaya tidak tetap! Berikan pula masing-masing contohnya!

2. Nota pembelian alat untuk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi, yaitu Telur Asin Asap adalah Rp 1.200.000,00. Jika diasumsikan alat tersebut dapat dipakai dalam kurun waktu 4 tahun, berapakah biaya penyusutan alatnya per bulan? Jawablah lengkap dengan penjelasannya.

3. Seorang wirausahawan muda memproduksi telur asin asap dengan biaya variabel sebesar Rp. 3.500.000,00, dan biaya tetap nya adalah Rp 1.500.000,00. Jika total penjualan telur asin asap tersebut mencapai 250 butir telur. Berapakah harga pokok produksi untuk 1 butir telur asin asap tersebut?

4. Diketahui harga pokok produksi untuk pembuatan 1 buah lumpia Semarang adalah Rp 8.000,00. Jika kalian ingin mendapatkan keuntungan sebesar 25% dari harga produksi, berapakah harga jual setiap 1 buah lumpianya?

5. Harga jual untuk 1 kemasan gethuk keju adalah Rp 10.000,00. Jika kalian mampu menjual gethuk keju 100 kemasan per bulan, biaya tetap yang kalian keluarkan adalah Rp 300.000,00, biaya variabel Rp 500.000,00. Apakah kalian memperoleh keuntungan dari usaha yang kalian jalankan? Jelaskan!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Biaya tetap (fixed cost) merupakan biaya yang tidak bergantung pada volume produksi.Biaya tetap di antaranya meliputi: tenaga kerja, listrik/air, gas, serta penyusutan alat.Sedangkan biaya tidak tetap/ variabel (variable cost) merupakan biaya yang jumlahnya tergantung dari volume produksi. Biaya variabel atau biaya tidak tetap contohnya adalah bahan baku dan kemasan produk.

g2 3

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

3.7/5 – (4 votes)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.