Soal Definisi dan Teori Perubahan Sosial

soal definisi dan teori perubahan sosial

Soal Definisi dan Teori Perubahan Sosial – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 12, XII KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang definisi dan teori perubahan sosial.

Advertisements

Rangkuman Materi Definisi dan Teori Perubahan Sosial

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Unsur-unsur yang mengalami perubahan dalam masyarakat, biasanya mengenai nilai-nilai sosial, pola perilaku, organisasi, stratifikasi sosial, kebiasaan, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya
  • Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dapat mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti Pendidikan, ekonomi, hukum, sosial, teknologi, dan sebagainya. Terjadinya perubahan sosial dapat diketahui melalui ciri-ciri berikut ini.
  • Tidak ada masyarakat yang stagnan, karena setiap manusia mengalami perubahan-perubahan, baik terjadi secara lambat maupun cepat.
  • Perubahan yang terjadi di masyarakat tidak dapat diisolasikan di bidang kebendaan atau spiritual saja.
  • Perubahan sosial yang cepat biasanya mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang sifatnya sementara dalam proses penyesuaian diri.
  • Perubahan yang terjadi pada Lembaga sosial akan diikuti dengan perubahan pada lembaga lainnya.

Teori evolusi menjelaskan bahwa perubahan sosial terjadi secara lambat untuk waktu yang lama di dalam sistem masyarakat. Perubahan sosial dalam teori evolusi jarang menimbulkan konflik karena perubahannya berlangsung lambat dan cenderung tidak disadari.

Menurut Soerjono Soekanto terdapat tiga teori utama dalam evolusi: Teori siklus menyatakan bahwa perubahan sosial ini bagaikan roda yang sedang berputar, artinya perubahan zamam merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh manusia dan tidak dapat dikendalikan oleh siapapun.

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Jelaskan perubahan sosial menurut Kingsley Davis!
  2. Sebutkan perubahan struktur sosial menurut Haper!
  3. Sebutkan aspek yang mengalami perubahan dalam masyarakat!
  4. Jelaskan teori perubahan evolusi!
  5. Jelaskan teori perubahan siklus!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Perubahan sosial adalah proses perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

2. → Pembahasan:

Menurut Harper, perubahan tersebut mengandung beberapa perubahan struktur sosial sebagai berikut:

  • Perubahan dalam personal yang berhubungan dengan perubahan perubahan peran dan indovidu-individu baru dalam sejarah kehidupan manusia.
  • Perubahan dalam cara berhubungan antarbagian struktur sosial.
  • Perubahan dalam fungsi-fungsi struktur yang berkaitan dengan apa yang dilakukan masyarakat dan bagaimana melakukannya.

3. → Pembahasan:

Aspek yang mengalami perubahan dalam masyarakat adalah,

  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Sosial
  • Teknologi

4. → Pembahasan: Teori evolusi menjelaskan bahwa perubahan sosial terjadi secara lambat untuk waktu yang lama di dalam sistem masyarakat.

5. → Pembahasan: Teori siklus menyatakan bahwa perubahan sosial ini bagaikan roda yang sedang berputar, artinya perubahan zamam merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh manusia dan tidak dapat dikendalikan oleh siapapun.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *