Soal Hasil Interpretasi Terhadap Pandangan Pengarang Dalam Kehidupan Novel

soal hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang dalam kehidupan novel

Soal Hasil Interpretasi Terhadap Pandangan Pengarang dalam Kehidupan Novel – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 12, XII KD 3.8 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang dalam kehidupan novel.

Rangkuman Materi Hasil Interpretasi Terhadap Pandangan Pengarang dalam Kehidupan Novel

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sudut pandang dalam novel antara lain:

Bacaan Lainnya

a. Sudut pandang orang pertama

  • Sudut pandang orang pertama(tokoh utama)
  • Sudut pandang orang pertama(tokoh sampingan)

b. Sudut Pandang orang ketiga

  • Sudut pandang orang ketiga (serba tahu)
  • Sudut pandang orang ketiga (pengamat)

Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel yaitu:

  • Latar Belakang Tempat Tinggal
  • Latar Belakang Sosial dan Budaya
  • Latar Belakang Agama (Religi)
  • Latar Belakan Ekonomi
  • Latar Belakang Pendidikan

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Sudut pandang apakah yang dipakai oleh pengarang dalam novel Laskar Pelangi?

2. Tuliskan unsur-unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi!

3. Tuliskan pandangan pengarang terhadap pendidikan dalam novel Laskar Pelangi!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Sudut pandang pengarang dalam novel Laskar Pelangi, menggunakan orang pertama pelaku utama yakni“Aku”. Aku disini yang dimaksudadalah si Ikal. Ia adalah anak yang pandai walau berada di peringkat kedua setelah Lintang, murid terpandai dalam kelas mereka.

2. → Pembahasan:

Unsur Ekstrinsik dalam Novel Laskar Pelangi:

  • Latar Belakang Tempat Tinggal, Letak tempat tinggal pengarang yang jauh berada di kampung Gantung, Belitong Timur, Sumatera Selatan ternyata memang dijadikan latar belakang tempat bagi penulisan novel ini.
  • Latar Belakang Sosial dan Budaya, dalam novel ini banyak sekali mengandung unsur-unsur sosial dan budaya masyarakat yang bertempat di Belitong. Adanya perbedaan status antara kelompok buruh tambang dan kelompok pengusaha yang dibatasi oleh tembok tinggi merupakan latar belakang sosial dari novel ini.
  • Latar Belakang Agama (Religi), latar belakang agama atau religi si pengarang sangat terlihat seperti pantulan cermin dalam karya novel laskar pelangi ini. Nuansa keislamannya begitu padat. Dalam beberapa penggalan cerita, pengarang sering menyelipkan pelajaran-pelajaran seputar keislaman.
  • Latar Belakang Ekonomi, sebagai masyarakat Belitong mengabdikan dirinya terhadap perusahaan-perusahaan timah. Diceritakan dalam novel ini bahwa belitong adalah pulau yang kaya akan sumber daya alamnya. Akan tetapi, tidak semua masyarakat belitong dapat menikmati kekayaan alam itu.
  • Latar Belakang Pendidikan, begitu banyak cabang ilmu pengetahuan diselipkan yakni seperti sains (kimia,fisika, astronomi, biologi). Pengarang sangat gemar memasukkan istilah-istilah asing ilmu pengetahuan yang tercurah dalam novel ini.

3. → Pembahasan: Pengarang memandang pendidikandalam cerita novel Laskar Pelangiadalah hal yang sangat penting.Pendidikan dapat diperoleh olehsiapa saja, walaupun dengan fasilitasseadanya. Pendidikan akan berhasiljika disertai dengan tekad dansemangat yang kuat.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.