Soal Ide dan Peluang Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Nabati

soal ide dan peluang usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati

Soal Ide dan Peluang Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Nabati – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang ide dan peluang usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati.

Rangkuman Materi Ide dan Peluang Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Nabati

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk sumber daya bahan nabatinya. Jumlahnya yang banyak dan beragam, serta melimpah saat musim panen tiba, mendorong peluang usaha untuk pengolahan makanan awetan dari bahan nabati.

Bacaan Lainnya

Dalam menentukan ide untuk usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati perlu mempertimbangkan keahlian, kesukaan atau minat, ketersediaan bahan baku yang ada di sekitarnya, serta peluang yang ada. Selain itu, proses penggalian ide untuk menentukan usaha makanan awetan dari bahan nabati perlu memperhatikan kebutuhan pasar akan produk yang akan dibuat agar produk dapat diterima pasar.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Apa yang dimaksud dengan makanan awetan dari bahan nabati?
  2. Mengapa usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati perlu dilakukan?
  3. Jelaskan kriteria peluang usaha!
  4. Malang merupakan daerah wisata yang terkenal akan hasil perkebunan berupa apel. Beberapa jenis apel malang mempunyai rasa yang masam sehingga kalah bersaing dengan apel impor, padahal setiap kali musim panen jumlah apel sangat melimpah . Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ide usaha apa yang dapat kalian kembangkan?
  5. Jelaskan alasan kalian mengembangkan usaha pengolahan produk pada nomor 3.
BACA JUGA:  Soal Tahapan-Tahapan Produksi

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. Makanan awetan dari bahan nabati adalah makanan yang dibuat dari sumber daya alam nabati, yang sudah melalui proses pengolahan yang tepat sesuai dan dikemas dengan baik, baik menggunakan pengawet maupun tidak sehingga mempunyai umur simpan yang lebih panjang.
  2. Usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati perlu dilakukan untuk memberikan nilai tambah pada produk makanan tersebut. Selain itu, usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati dapat mengatasi menurunnya harga jual bahan nabati saat musim panen tiba karena jumlahnya melimpah sedangkan permintaan tetap.
  3. Suatu peluang usaha yang baik mampu memenuhi beberapa kriteria berikut ini: Permintaan yang nyata, yaitu merespon kebutuhan yang tidak dipenuhi atau mensyaratkan pelanggan yang  mempunyai kemampuan untuk membeli dan bisa memilih  Pengembalian investasi, yaitu memberikan hasil dalam janga waktu cepat, lama, dan tepat waktu. Kompetitif, yaitu dapat mengimbangi atau lebih baik. Atau sama dari sudut pandang pelanggan dibandingkan dengan produk atau jasa yang tersedia. Mencapai tujuan, yaitu memenuhi tujuan dan aspirasi dari orang atau organisasi yang mengambil risiko. Ketersediaan sumber daya dan ketrampilan yang terjangkau dari segi sumber daya, kompetensi, dan persyaratan hukum.
  4. Ide yang dapat dikembangkan adalah dengan membuat usaha pengolahan awetan makanan dengan menggunakan bahan baku apel, di antaranya adalah kripik apel, sirop apel, minuman sari apel, selai apel, kue kering apel, dan aneka produk awetan makanan dengan bahan dasar apel. (Ide dapat beraneka macam, sesuai pengembangan kalian masing-masing).
  5. Produk awetan makanan dengan bahan dasar apel dapat dijadikan sebagai produk oleh-oleh karena Kota Malang merupakan salah satu kota destinasi tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik bahkan mancanegara.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban tentang ide dan peluang usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.