Soal Pemasaran

soal pemasaran

Soal Pemasaran – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pemasaran.

Rangkuman Materi Pemasaran

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  1. Pemasaran berfungsi untuk mengenalkan atau menentuka produk secara tepat, agar hasil yang diharapkan sesuai dengan target atau tujuan yang telah direncanakan.
  2. Terdapat beberapa jenis pemasaran, semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sangat ditentukan oleh kondisi usaha yang kamu miliki.
  3. Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah usaha, semakin baik strategi marketing pada usaha, semakin cepat usaha yang dijalankan berkembang.
  4. Jika strategi marketing Anda bagus tanpa dibarengi pembukuan yang terstruktur maka bisnis Anda akan berantakan. Untuk melakukan proses pembukuan yang baik dibutuhkan pencatatan transaksi yang teratur agar menghasilkan laporan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Apakah yang dimaksud dengan pemasaran?

2. Ada berapa jenis-jenis pemasaran? Jelaskan dengan bahasamu sendiri.

3. Bagaimana menentukan jenis pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan?

4. Apakah semua jenis pemasaran bisa dilakukan secara bersamaan?

BACA JUGA:  Soal Ciri-Ciri Historiografi Tradisional

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

2. Ada 4 jenis pemasaran, yaitu

  • Branding, merupakan bentuk pemasaran yang memiliki fungsi sebagai iklan jangka panjang. Branding sangat membantu untuk membuat produk atau layanan menjadi lebih menarik dan terkenal, contoh logo, slogan, dll.
  • Iklan siaran, contohnya iklan melalui radio atau televisi
  • Pemasaran dengan menggunakan multi-level marketing adalah bentuk penjualan langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya.
  • Internet atau online

Internet menjadi salah satu media pemasaran yang paling diminati. Hampir semua orang pasti menggunakan internet, sehingga pasarnya sangat luas. Pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai cara seperti menggunaan email, website atau iklan.

3. Menentukan jenis pemasaran perlu diperhatikan sasaran pasar yang akan dituju.

4. Semua jenis pemasaran bisa dilakukan secara bersamaan, satu contoh pemasaran produk minuman sari buah diiklankan di televisi, dibranding dengan logo dan kemasan yang menarik sehingga semua orang tau, diiklankan juga secara online.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.