Soal Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha

soal sumber daya yang dibutuhkan dan administrasi usaha

Soal Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang sumber daya yang dibutuhkan dan administrasi usaha.

Rangkuman Materi Sumber Daya yang Dibutuhkan dan Administrasi Usaha

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sumber daya yang dibutuhkan untuk usaha dikenal dengan istilah 6M, yaitu Man, Money, material, Machine, Methode, dan Mareket. Semua sumber daya saling berkaitan, oleh karena itu perlu dikaji apakah sumber daya yang paling potensial dimiliki oleh perusahaan. Hal ini bisa menjadi focus kegiatan usaha agar kegiatan perusahaan dapat berjalan maksimal.

Bacaan Lainnya

Semua hal yang terdapat atau terjadi pada perusahaan harus dibuat pencatatannya, sebagai alat untuk mengatur, mengawasi, dan mengevaluasi jalannya usaha.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Apakah yang dimaksud dengan sumber daya dalam sebuah kegiatan usaha?
  2. Sebutkan sumber daya apa saja yang diperlukan untuk melakukan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati!
  3. Bila salah satu sumber daya tidak tersedia, apakah masih memungkinkan bagi seseorang atau kelompok untuk memulai sebuah usaha? Berikan penjelasanmu.
  4. Apakah peranan analisis sumber daya dalam sebuah perencanaan usaha?
  5. Apakah pencatatan dalam kegiatan penjualan diperlukan pencatatan? Berikan penjelasanmu.
BACA JUGA:  Soal Teori Model Konsep Asuhan Kebidanan

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. Sumber daya dalam sebuah usaha adalah segala hal yang diperlukan dalam suatu kegiatan usaha.
  2. Sumber daya yang dibutuhkan mencakup 6 M, yaitu man (manusia), money (uang atau modal), material (bahan baku), machine (mesin), methode (metode), dan market (pasar)
  3. Jika salah satu sumber daya tidak tersedia, maka sebuah usaha masih dapat berjalan akan tetapi mungkin tidak akan dapat berjalan maksimal, meskipun demikian, tergantung pula jenis sumber daya apa yang tidak tersedia, jika yang tidak tersedia itu adalah market atau pasar yang akan dituju, makan usaha tentunya tidak akan berjalan karena tidak ada yang akan membeli produk. Contoh lain jika material (bahan baku) tidak tersedia, maka harus mengganti bahan baku lain atau mencari bahan baku dari tempat lain sehingga menambah biaya produksi.
  4. Analisis nalisis sumber daya dalam sebuah perencanaan usaha sangat perlu dilakukan agar suatu usaha dapat berjalan dengan baik dan makin berkembang.
  5. Semua hal yang terdapat atau terjadi pada perusahaan harus dibuat pencatatannya, sebagai alat untuk mengatur, mengawasi, dan mengevaluasi jalannya usaha.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.