Soal Kehidupan Masa Praaksara

soal kehidupan masa praaksara

Soal Kehidupan Masa Praaksara – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang kehidupan masa praaksara.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Kehidupan Masa Praaksara

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Masa Praaksara atau dikenal juga dengan nama nirleka, merupakan masa dimana masyarakat manusia tidak memiliki tulisan sebagai alat komunikasi. Masa setelah manusia mengenal tulisan hingga sekarang disebut dengan masa sejarah.

Setiap bangsa di dunia dan juga di Indonesia memiliki waktu yang berbeda-beda ketika mengalami masa pra aksara dan masa sejarah.

Bangsa Mesir dan Mesopotamia memasuki masa sejarah sekitar 3.000 tahun Sebelum Masehi; Masyarakat Indonesia dari Kerajaan Kutai Kalimantan Timur mulai mengenal tulisan sekitar abad ke-5 atau tahun 400 Masehi; sementara masyarakat yang hidup di kepulauan Papua Indonesia baru memasuki masa sejarah sekitar tahun 1900 an.

Aksara tulis dapat tercipta dari kemampuan masyarakat suatu bangsa itu sendiri tetapi juga dapat merupakan hasil belajar dari bangsa lain.

Kehidupan manusia pada masa praaksara dapat dipelajari ilmu arkeologi melalui peninggalan-peninggalan yang ditinggalkan oleh manusia pra aksara yang berupa artefak atau alat atau perkakas yang digunakan manusia praaksara dan fosil sebagai sisa tubuh manusia pra akasara maupun makhluk hidup yang telah membatu menopang kehidupan manusia pada pra aksara.

Artefak dan fosil peninggalan masa lalu kebanyakan terkubur di dalam tanah. Untuk kapan tepatnya temuan tersebut ditinggalkan digunakanlah ilmu Geologi sebagai lmu yang mempelajari segala apa yang terkandung dalam bumi secara keseluruhan, komposisi, struktur, proses pembentukan dan perubahan bumi dari waktu ke waktu.

Melalui bantuan ilmu Geologi didapatkan empat pembabakan zaman di muka bumi ini yaitu Arkaikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

BACA JUGA:  Soal Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

1. Apa yang dimaksud dengan kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong?

2. Jelaskan pembagian masa praaksara berdasarkan periodisasi Geologis !

3. Jelaskan pembagian masa praaksara berdasarkan periodisasi Arkeologis !

4. Apa yang membedakan tradisi Megalitik dengan zaman-zaman batu sebelumnya?

5. Apa yang dimaksud dengan zaman logam?

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Pembahasan:

Kebudayaan Pacitan menghasilkan alat alat yang terbuat dari batu yang ada di daerah Pacitan, Jawa Timur yang ditemukan oleh Von Koeningswald. Alat alat tersebut banyak memiliki kegunaan diantaranya sebagai alat untuk menggali tanah dan umbi umbian.

Kebudayaan Ngandong adalah kebudayaan yang menghasilkan pekakas yang dapat digunakan untuk berburu dan mengumpulkan makanan. Kebudayaan Ngandong muncul pada zaman Paleolitikum atau zaman batu tua.

2.→ Pembahasan: Ada empat zaman menurut pembabakan geologi yaitu zaman Arkaikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum atau Kenozoikum. Zaman neozoikum terbagi dalam dua bagian, yaitu zaman tertier dan kwartier. Pada zaman kwartier inilah mulai ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan manusia.

3.→ Pembahasan: Berdasarkan penelitian arkeologis terhadap benda-benda tinggalan manusia praaksara, masa pra aksara dibedakan menjadi dua, yaitu zaman batu dan zaman logam. Zaman batu terbagi atas zaman Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum, dan Megalithikum. Zaman logam di Indonesia hanya mengenal dua zaman yaitu zaman perunggu dan besi.

4.→ Pembahasan: Ciri utama manusia yang hidup di zaman Megalithikum adalah mereka mampu membuat bangunan-bangunan besar dari batu. Banyak ahli berpendapat bahwa pendirian bangunan-bangunan besar dari batu berkaitan dengan kepercayaan manusia pada zaman itu kepada kekekuatan-kekuatan magis dan non fisik. Adapun temuan benda hasil tradisi megalitik adalah sarkofagus, kubur batu, punden berundak, arca, menhir, dan dolmen.

5.→ Pembahasan: Zaman logam merupakan zaman dimana manusia sudah dapat memanfaatkan kandungan mineral di alam berupa logam. Kemampuan manusia membuat alat dari logam menunjukkan bahwa kebudayaan manusia sudah berkembang menjadi lebih maju dan, khususnya apabila dibandingkan dengan kebudayaan di zaman batu.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.