Soal Kegiatan Ekonomi Produksi, Distribusi dan Konsumsi

soal kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi

Soal Kegiatan Ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Kegiatan Ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Aktivitas kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari kegiatan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dinamakan sebagai kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan produksi ialah kegiatan menghasilkan atau manambah nilai guna barang/jasa, kegiatan distribusi ialah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen kepada konsumen; dan kegiatan konsumsi ialah kegiatan menggunakan atau menghabiskan nilai barang dan jasa yang dihasilkan produsen.

Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen, orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor dan orang yang melakukan kegiatan konsumsi di sebut konsumen.

Kegiatan produksi dipengaruhi oleh keberadaan 4 macam faktor produksi 4 macam yaitu faktor alam dan faktor tenaga kerja sebagai faktor produksi asli, dan faktor modal dan kewirausahaan sebagai faktor produksi turunan.

Praktek kegiatan distribusi dilakukan dengan tiga cara yaitu distribusi langsung, semi langsung dan tidak langsung. Sementara itu kegiatan konsumsi dilakukan oleh tiga skala rumah tangga yaitu rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan dan rumah tangga negara.

BACA JUGA:  Soal Pemikiran Yang Melandasi Revolusi Rusia dan Indonesia

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Jelaskan pengertian produksi!

2. Jelaskan pengertian distribusi!

3. Jelaskan pengertian konsumsi!

4. Ceritakan menurut pemahaman Ananda mengenai nasi sebagai makanan pokok yang setiap hari kita nikmati sebagai konsumen, bagaimanakah produksi dan distribusinya?

5. Ceritakan mengenai kegiatan produksi yang pernah kalian lihat/lakukan! Apakah tujuan dari kegiatan produksi tersebut?

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Pembahasan: Produksi ialah kegiatan menghasilkan suatu barang/jasa,namun dapatpula diartikan dengan suatu kegiatan menambah nilai guna suatu barang.

2.→ Pembahasan: Distribusi ialah kegiatan untuk menyalurkan barang/jasa dari produsen kepada konsumen, atau usaha untuk menambah nilai guna barang.

3.→ Pembahasan: Konsumsi ialah kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan barang/ jasa.

4.→ Pembahasan: Nasi yang setiap hari saya konsumsi diperoleh dengan cara di masak oleh ibu. Sebelumnya ibu membeli beras di warung dekat rumah. Warung mendapatkan beras dari agen, warung dan agen disebut distributor karena menyalurkan beras dari produsen (petani) ke tangan konsumen.

5.→ Pembahasan: Kegiatan produksi yang pernah saya lakukan ialah mengolah sayur bayam menjadi lauk. Kegiatan ini bertujuan untuk konsumsi keluarga saya.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.