Soal Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan Penawaran

soal hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran

Soal Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Penyebab kelangkaan seperti perbedaan letak geografis sehingga sumber daya yang tidak merata, pertumbuhan penduduk lebih cepat dibanding pertumbuhan barang produksi, keterbatasan kemampuan produksi barang dan perkembangan teknologi yang tidak sama perlu diatasi dengan cepat demi terciptanya kemakmuran yang merata untuk persatuan bangsa.

Kelangkaan dapat kita atasi dengan melakukan kegiatan kewirausahaan yaitu menciptakan berbagai inovasi sesuai jiwa kreativitas kita.

Sebagai manusia kreatif yang memiliki jiwa wirausaha kita hendaklah mampu melihat kondisi sekeliling untuk menciptakan aktivitas ekonomi. Setelah barang produksi kita hasilkan, langkah selanjutnya ialah melakukan kegiatan distribusi.

Kegiatan distribusi dengan sarana pasar menjadi solusi untuk penyebaran hasil produksi yang melimpah dan kemudahan konsumen mendapatkan barang yang sulit didapat.

Jika konsumen telah mendapatkan kebutuhannya, permintaan-penawaran dapat terus berlangsung dan tercipta pasar yang aktif dan memiliki keberlangsungan maka dapat dikatakan masyarakat telah sejahtera sehingga nilai-nilai persatuan akan dapat berkembang dengan baik.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

BACA JUGA:  Soal Neonatus dengan Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

1. Sebutkan 4 penyebab kelangkaan!

2. Bagaimana mengatasi kelangkaan pada suatu daerah!

3. Sebutkan 3 peran pasar dalam kegiatan distribusi!

4. Sebutkan peran pasar bagi pembangunan suatu daerah!

5. Jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia!

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Empat penyebab kelangkaan:

  • Perbedaan letak geografis sehingga sumber daya alam tersebuar tidak merata. Perbedaan secara geografis ini berpengaruh pada kekayaan sumber daya masing-masing daerah.
  • Pertumbuhan penduduk lebih cepat dibanding pertumbuhan barang produksi sehingga menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan dengan persediaan barang dan jasa.
  • Keterbatasan kemampuan produksi barang.
  • Perkembangan teknologi yang tidak sama.

2. → Pembahasan:Mengatasi kelangkaan pada suatu daerah dapat dilakukan dengan kegiatan distribusi, dengan pasar sebagai sarana kegiatan permintaan dan penawaran untuk dapat mencukupi kebutuhan hidup masyakat.

3. → Pembahasan:

Peranan pasar dalam kegiatan distribusi antara lain:

  • Mempermudah konsumen memperoleh barang konsumsi.
  • Membentuk terciptanya harga yang stabil.
  • Keuntungan untuk produsen akan stabil karena adanya distribusi barang/jasa.

4. → Pembahasan: Peran pasar bagi pembanguan suatu daerah ialah dengan adanya pasar yang selalu dikunjungi banyak orang maka dapat menambah pendapatan daerah dan pembangunan dapat dilakukan.

5. → Pembahasan: Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia ialah kelangkaan dapat diatasi dengan pendistribusian barang dari tempat yang memiliki hasil produksi melimpah ke tempat yang kekurangan hasil produksi, sesuai dengan permintaan daerah tersebut. Hasil distribusi membuat tercukupinya kebutuhan masyarakat yang kemudian dapat mensejahterakan dan memakmurkan masyarakat sehingga tercipta persatuan bangsa.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.