Soal Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

soal kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia

Soal Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Sebagai makhluk hidup, manusia memiliki kebutuhan yaitu barang dan jasa yang menuntut adanya pemenuhan. Tidak terpenuhinya kebutuhan dapat berdampak negatif pada kelangsungan hidup atau pada kebahagiaan yang dirasakan manusia.

Manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, jumlahnya bahkan semakin beragam dan meningkat akibat perkembangan zaman dan modernisasi. Meskipun kebutuhan manusia tidak terbatas, alat pemenuhan kebutuhan sangat terbatas. Banyak manusia membutuhkan barang dan jasa tersebut sehingga menyebabkan terjadinya kelangkaan.

Suatu barang dan jasa dapat dikatakan langka apabila seseorang mengalami kesulitan untuk mendapatkannya.

Masalah ekonomi muncul karena semua manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, sementara barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan tersebut berjumlah terbatas. Untuk dapat mengatasi fenomena kelangkaan manusia melakukan berbagai aktivitas ekonomi yang kemudian dikaji dalam ilmu ekonomi.

Ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat dikatakan tercapai apabila manusia dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkannya.

Untuk mencapai kemakmuran, manusia harus berusaha melakukan tindakan-tindakan ekonomi yaitu pengorbanan, baik berupa tenaga, waktu maupun materi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

BACA JUGA:  Soal Mengidentifikasi Informasi Teks Cerita Sejarah

Kemakmuran atau ketercukupan sumber daya dan terpenuhinya kebutuhan harus kita syukuri. Caranya adalah dengan menjaga dan memanfaatkannya secara bijaksana segala sumber daya yang ada sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Silahkan menjawab pertanyaan uraian berikut sebagai latihan!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi!

2. Jelaskan yang dimaksud dengan konsep kelangkaan!

3. Jelaskan salah satu manfaat mempelajari ilmu ekonomi dalam kaitannya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia!

4. Jelaskan dengan bahasa Ananda sendiri, dalam kondisi bagaimanakah seseorang dapat dikatakan makmur atau sejahtera!

5. Jelaskan mengapa kelangkaan dapat dikatakan sebagai masalah ekonomi!

Jawaban Latihan

1. → Pembahasan: Manusia dikatakan sebagai makhluk ekonomi karena manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan untuk dapat mencapai kesejahteraan/kemakmuran.

2. → Pembahasan: Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan (barang/jasa).

3. → Pembahasan: Ilmu ekonomi mempelajari tingkah laku manusia/memberikan aturan dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.

4. → Pembahasan: Seseorang dapat dikatakan makmur apabila kebutuhannya sudah terpenuhi.

5. → Pembahasan: Kelangkaan merupakan kesenjangan antara kebutuhan yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas, hal ini dapat menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia yang bisa berdampak negatif terhadap kelangsungan hidup manusia bila kebutuhan tersebut terus menerus tidak dapat terpenuhi.  Kelangkaan ini merupakan masalah ekonomi karena berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk SMP kelas 7 yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.