Soal Komponen Evaluasi Hasil Usaha

soal komponen evaluasi hasil usaha

Soal Komponen Evaluasi Hasil Usaha – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.10 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang komponen evaluasi hasil usaha.

Rangkuman Materi Komponen Evaluasi Hasil Usaha

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Evaluasi adalah proses yang dilakukan ketika kesimpulan telah didapatkan, namun ada hal-hal yang dianggap kurang sesuai dengan arah pencapaian tujuan, seperti pada proses-proses yang terkait dengan produksi barang/jasa atau pada sumber daya manusia pendukung proses produksi serta yang terlibat pada proses usaha.

Bacaan Lainnya

Hal-hal yang perlu dievaluasi dalam sebuah pelaksanaan usaha yaitu posisi keseluruhan usaha, posisi usaha, langkah perbaikan atau pengembangan setelah hasil usaha didapatkan, pikirkan target selanjutnya dalam pengembangan usaha.

Hasil evaluasi usaha yang baik memuat beberapa hal berikut: penetapan strategi dan arah usaha, pelaku usaha mampu mempekerjakan tim, mampu menilai situasi dan lingkungan usaha, mampu melakukan pengaturan dalam pembagian kerja, pendistribusian, serta arus kerja sesuai perencanaan, dan mampu mendelegasikan tugas dan kewajiban dalam mengelola usaha

Benchmarking adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran tingkat kinerja (performance) serta pengembangan suatu praktek yang terbaik bagi perusahaan.

Benchmarking bermanfaat untuk pengukuran dan pemahaman terhadap kinerja pelaku usaha sendiri, serta kinerja sumber daya pendukung lain, membuat usaha yang dijalankan menjadi lebih baik di masa mendatang dan sebagai introspeksi bagi pelaku usaha demi meningkatkan kualitas pribadi.

Alat-alat yang dapat digunakan untuk mengevaluasi usaha sebagai berikut: daftar pertanyaan untuk menganalisis masalah, laporan kinerja organisasi, menyusun flow chart, inspeksi langsung, melakukan interaksi intensif dengan unit-unit, mengadakan benchmarking dengan pihak luar untuk berbagi pengalaman, melakukan analisis terhadap bentuk-bentuk kerja sama, lingkungan dan analisis sosial.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Mengapa dalam pelaksanaan, evaluasi hasil usaha merupakan tahapan yang penting?

2. Hal apa yang perlu dievaluasi dalam sebuah pelaku usaha?

3. Hal-hal apa yang seharusnya termuat dalam hasil evaluasi pelaksanaan usaha?

4. Apa yang dimaksud dengan benchmarking?

5. Apa tujuan evaluasi kegiatan usaha?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Evaluasi hasil usaha merupakan tahapan yang penting karena merupakan proses penilaian dari usaha pencapaian tujuan. Ketika nilai yang diberikan baik berarti pelaksanaan usaha sudah berada pada jalur yang benar, namun bila penilaian yang diberikan tidak cukup baik evaluasi dilakukan untuk perubahan ke arah yang lebih baik.

2. → Pembahasan: Hal yang perlu dievaluasi dalam sebuah pelaku usaha yaitu posisi keseluruhan usaha, posisi usaha, langkah perbaikan atau pengembangan setelah hasil usaha didapatkan, pikirkan target selanjutnya dalam pengembangan usaha.

3. → Pembahasan: Hasil evaluasi usaha yang baik memuat beberapa hal berikut: penetapan strategi dan arah usaha, pelaku usaha mampu mempekerjakan tim, mampu menilai situasi dan lingkungan usaha, mampu melakukan pengaturan dalam pembagian kerja, pendistribusian, serta arus kerja sesuai perencanaan, dan mampu mendelegasikan tugas dan kewajiban dalam mengelola usaha

4. → Pembahasan: Benchmarking adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran tingkat kinerja (performance) serta pengembangan suatu praktek yang terbaik bagi perusahaan.

5. → Pembahasan: Tujuan evaluasi kegiatan usaha untuk mengetahui posisi usaha yang dilakukan dan perubahan sejak awal usaha dan menghimpun strategi yang tepat dalam menentukan target usaha selanjutnya.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.