Soal Permasalahan Usaha dan Solusinya

soal permasalahan usaha dan solusinya

Soal Permasalahan Usaha Dan Solusinya  – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.10 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang permasalahan usaha dan solusinya.

Rangkuman Materi Permasalahan Usaha Dan Solusinya

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Kendala yang sering dihadapi oleh pelaku usaha sebagai berikut: kendala memenuhi kebutuhan sumber daya manusia, minat pasar, siklus penjualan dalam suatu periode dan perencanaan modal.
  • Solusi mengatasi kendala yaitu menciptakan iklim usaha yang kondusif, menyokong bantuan permodalan dengan skema kredit yang tidak memberatkan pelaku usaha, memberi jaminan atas perlindungan usaha, membantu pengembangan kemitraan, membuat aneka ragam pelatihan bersubsidi, membentuk lembaga khusus yang bertanggung jawab mengkoordinasikan semua kegiatan, membantu pengembangan strategi promosi dan membantu pengembangan sarana dan prasarana.
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan usaha sebagai berikut Strategic flexibility, Strategic Leadership, The entrepreneurial competitive advantages, Human Capital, Entrepreneurial Cooperation and Globalization, dan Entrepreneurial culture.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Sebutkan kendala apa saja yang biasa dihadapi oleh seorang pelaku usaha!

2. Apa saja faktor internal yang mendorong permasalahan pada pelaksanaan usaha kecil menengah?

3. Mengapa akses informasi yang terbatas menjadi salah satu sebab terjadi permasalahan dalam pelaksanaan usaha kecil dan menengah?

BACA JUGA:  Soal Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial

4. Bagaimana bentuk solusi yang ditawarkan oleh pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan usaha kecil dan menengah?

5. Sebutkan media pemasaran yang bisa diterapkan dalam memasarkan produk!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Kendala yang sering dihadapi oleh pelaku usaha sebagai berikut: kendala memenuhi kebutuhan sumber daya manusia, minat pasar, siklus penjualan dalam suatu periode dan perencanaan modal.

2. → Pembahasan:

Faktor Internal yang mendorong permasalahan pada pelaksanaan usaha kecil menengah:

  • Permodalan kurang dan akses pembiayaan yang terbatas
  • kualitas sumber daya manusia yang rendah
  • jaringan usaha yang lemah
  • mentalitas pelaku usaha kecil dan menengah
  • kurang transparasi

3. → Pembahasan: Akses informasi yang terbatas menjadi salah satu sebab terjadi permasalahan dalam pelaksanaan usaha kecil dan menengah karena memberikan pengaruh terhadap kompetisi dari produk atau jasa dalam hal kualitas, tidak mampu menembus pasar ekspor, tidak memiliki jalur di pasar internasional sehingga hanya beredar di pasar domestik.

4. → Pembahasan: Solusi yang ditawarkan oleh pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan usaha kecil dan menengah yaitu melalui kredit bersubsidi serta bantuan teknis.

5. → Pembahasan: Media pemasaran yang bisa diterapkan dalam memasarkan produk diantaranya: Mouth to Mouth, Media Cetak, Media Elektronik, iklan luar ruang, social media, Pertemuan Rutin, Pameran/Bazar, dan Telemarketing.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.