Soal Konsep Ketenagakerjaan

soal konsep ketenagakerjaan

Soal Konsep Ketenagakerjaan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal ekonomi kelas 11, XI KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang konsep ketenagakerjaan.

Rangkuman Materi Konsep Ketenagakerjaan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.
  • Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat.
  • Terdapat bermacam-macam tenaga kerja dilihat dari sifat, kualitas, fungsi pokok dalam perusahaan maupun hubungan dengan produk.
  • Pasar tenaga kerja adalah Suatu pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli tenaga kerja, dimana penjual tenaga kerja adalah pencari kerja dan penawar tenaga kerja adalah perusahaan atau instasi yang mencari tenaga kerja.
  • Angkatan kerja adalah penduduk dalam usia kerja (15 tahun ke atas), baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja.
  • Semakin tinggi dependency ratio, semakin besar tanggungan penduduk produktif
  • Kesempatan kerja memiliki dua pengertian, yaitu: 1) Dalam arti sempit, kesempatan kerja adalah banyak sedikitnya tenaga kerja yang mempunyai kesempatan untuk bekerja. 2) Dalam arti luas, kesempatan kerja adalah banyak sedikitnya faktor-faktor produksi yang mungkin dapat ikut dalam proses produksi.
  • Penduduk dapat dilihat dari dua sisi yakni penduduk usia kerja dan di luar usia kerja.
  • Penduduk usia kerja terbagi lagi atas angkatan kerja dan bukan angkatan kerja
  • Penduduk di luar usia kerja terdiri dari penduduk di bawah dan di atas usia kerja.
  • Penduduk usia kerja yang bukan angkatan kerja misalnya anak sekolah dan ibu rumah tangga
  • Penduduk usia kerja yang merupakan angkatan kerja adalah mereka yang bekerja tapi juga yang sementara mencari pekerjaan/menganggur.
  • Bagi penduduk yang bekerjapun terdiri dari mereka yang bekerja penuh dan mereka yang setengah menganggur baik itu setengah menganggur menurut ukuran pendapatan, menurut produktivitas maupun menurut pendidikan dan jenis pekerjaan.
BACA JUGA:  Soal Model Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Pemerintah /swasta menetapkan aturan sebelum perekrutan tenaga kerja,selama pekerjaan dilakukan bahkan  sesudah pekerjaan selesai dikerjakan (pensiun). Ini merupakan ruang lingkup ….

A. tenaga kerja

B. angkatan kerja

C. ketenagakerjaan

D. kesempatan kerja

E. bukan angkatan kerja

2. Bapak Unu setiap hari mengerjakan tugas rutinnya di SMA Harapan Jaya dengan membersihkan lingkungan sekolah dan menata taman sekolah. Bapak Unu termasuk jenis tenaga kerja ….

A. ahli

B. terampil

C. terdidik

D. terlatih

E. tidak terdidik dan tidak terlatih

3. Pak Riko adalah direktur perusahaan terbesar di kotanya. Pada masa pandemi covid 19 perusahaannya nyaris ditutup, untuk mencegahnya Pak Riko selalu berkonsultasi dengan ibu Meylan yang adalah konsultan perusahaan tersebut. Menurut sifatnya Pak Riko dan ibu Meylan tergolong tenaga kerja ….

BACA JUGA:  Soal Konsep Badan Usaha

A. rohaniah

B. jasmaniah

C. terdidik

D. terlatih

E. ahli

4. Keadaan yang menggambarkan tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja disebut ….

A. tenaga kerja

B. angkatan kerja

C. pencari kerja

D. kesempatan kerja

E. waktu efektif kerja

5. Penduduk usia produktif/usia kerja 15 tahun ke atas yang bekerja, punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja dan pengangguran merupakan ….

A. pengangguran

B. angkatan kerja

C. bukan angkatan kerja

D. tenaga kerja langsung

E. tenaga kerja tidak langsung

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. C → Pembahasan: Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.
  2. E → Pembahasan: Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan/pelatihan tertentu untuk melakukan perkerjaannya. Contohnya: tukang sapu, buruh dll.
  3. A → Pembahasan: Tenaga kerja rohaniah merupakan tenaga kerja yang dalam pekerjaannya lebih banyak menggunakan proses pemikiran, gagasan, ide, dsb. Contoh: direktur, konsultan dan manajer.
  4. D → Pembahasan: Kesempatan kerja merupakan suatu keadaan yang mengambarkan tersedianya lapangan kerja yang siap diisi oleh para pencari kerja.
  5. B → Pembahasan: Angkatan kerja adalah penduduk dalam usia kerja (15 tahun ke atas), baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul ekonomi Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.