Soal Konsepsi Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia

soal konsepsi wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia

Soal Konsepsi Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Pembelajaran PPKn, PKN Kelas X KD 3.7 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi konsepsi wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia.

Rangkuman Materi Konsepsi Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Wawasan Nusantara sebagai geopolitik Indonesia, adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonnesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dan tetap menghargai serta menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

Read More

Asas Wawasan Nusantara merupakan ketentuan atau kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan demi tetap taat dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama

Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini   kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

Wawasan Nusantara menjadi landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Secara etimologis kata geopolitik terbentuk dari dua kata yaitu geo yang berarti planet bumi dan politik yang berarti Segala sesuatu yang berhubungan dengan …

A. kekuasaan partai politik dalam menyelenggrakan pemerintahan

B. partai politik, kelompok kepentingan dan kekuasaan pemerintah

C. sejarah, ilmu sosial dan politik yang berkaitan dengan negara lain

D. wilayah negara dan batas-batas wilayah negara dengan negara lain

E. ketatanegaraan mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain.

2. Pada hakikat konsepsi wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia adalah…

A. Kesatuan dan keutuhan TNI dan POLRI sebagai pelindung masyarakat

B. Kesatuan rakyat dan pemerintah dalam mencapai tujuan bangsa dan negara

C. Kesatuan aspek politik dan sosial budaya yang mencerminkan keragaman bangsa

D. Keutuhan nusantara yang meliputi wilayah darat, laut dan udara dalam negara RI

E. Keutuhan nusantara yang menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional

3. “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial…

Pernyataan yang menggambarkan tujuan ekstern wawasan Nusantara adalah….

A. mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkarkan kualitas Pendidikan nasional

B. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dalam wilayah NKRI

C. memajukan kesejahteraan umum, khususnya masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat tradisonal

D. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

E. kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara dalam mencapai tujuan pembangunan

4. Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam rangka menentukan ….

A. arah dan tujuan negara dalam berhubungan dengan negara lain

B. kebijakan yang berkaitan dengan bidang politik dan sosial budaya

C. kebijakan yang berhubungan dengan penentuan politik luar negeri

D. yang berkaitan dengan hubungan anatara pemerintah pusat dan daerah

E. segala kebijakan, keputusan, bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah

5. Negara yang wilayahnya diapit oleh dua negara besar atau adikuasa sehingga terjadi pengaruh politik atas kebijakan kedua negara adikuasa itu disebut negara….

A Daratan

B Posibilitis

C Determinis

D Kepulauan

E Probabilitas

6. Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang bangsa, negara dan wilayah yang meliputi darat, laut dan udara sebagai satu kesatuan di berbagai kehidupan untuk mencapai tujuan nasional. 

Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pentingnya wawasan nusantara adalah dalam rangka ….

A. untuk memotivasi para penyelenggara negara dalam pelaksanaan pemerintahan

B. motivasi dan menjadi pedoman bagi pemerintah dalam membuat kebijakan negara

C. mewujudkan rasa nasionalisme/patriotisme agar pembagunan dapat berjalan lancar

D. mewujudkan persepsi yang sama bagi seluruh warga negara demi keutuhan bangsa dan negara

E. mengamankan kepentingan nasional dalam hubungan dan kerjasama antar bangsa bangsa di dunia

7. Pada hakikatnya wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Dengan demikian Fungsi wawasan nusantara adalah…

A. Mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

B. Pedoman dalam mewujudkan tujuan nasional sebagaimana terdapat dalam pembukaan UUD Negara RI tahun 1945

C. Pedoman untuk mengadakan hubungan antar bangsa berlandaskan persamaan kedudukan senagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.

D. Mewujudkaan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasonal daripada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.

E. Pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbatan bagi enyelenggara Negara di tingkat pusat dan daerah bagi seluruh rayat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

8. Azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa adanya kesuaian pembagian hasil dengan adil jerih payah dan kegiatan baik perorangan, golongan, kelompok maupun daerah adalah…

A. Keadilan

B. Kejujuran

C. Solidaritas

D. Kerja sama

E. Kesetiaan

9. Keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional pada dasarnya adalah ….

A. Asas wawasan nusantara

B. Fungsi wawasan nusantara

C. Hakikat wawasan nusantara

D. Pengertian wawasan nusantara

E. Pentingnya wawasan nusantara

10. Pada dasarnya bangsa Indonesia memandang diri dan lingkungannya yang serba seragam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan, dengan tujuan ….

A. mencapai tujuan nasional sebagaimana terdapat dalam pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 alinea ke 4

B. mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

C. menjalin hubungan antar bangsa berlandaskan persamaan kedudukan sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat

D. mewujudkaan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasonal

E. menentukan segala kebijakan, keputusan tindakan dan perbuatan bagi penyelenggara negara baik di tingkat pusat dan daerah

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. E → Pembahasan: Secara etimologis kata geopolitik terbentuk dari dua kata yaitu geo yang berarti planet bumi dan politik yang berarti Segala sesuatu yang berhubungan dengan Keutuhan nusantara yang menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan Nasional.

2. E → Pembahasan: Ada hakikat konsepsi wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia adalah Keutuhan nusantara yang menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.

3. D → Pembahasan:

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,…

Pernyataan yang menggambarkan tujuan ekstern  wawasan Nusantara adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

4. E → Pembahasan: Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam rangka menentukan segala kebijakan, keputusan, bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah.

5. C → Pembahasan: Negara kepulauan adalah Negara yang wilayahnya diapit oleh dua negara besar atau adikuasa sehingga terjadi pengaruh politik atas kebijakan kedua negara adikuasa itu.

6. B → Pembahasan: Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang bangsa, negara dan wilayah yang meliputi darat, laut dan udara sebagai satu kesatuan di berbagai kehidupan untuk mencapai tujuan nasional. Pentingnya wawasan nusantara adalah dalam rangka motivasi dan menjadi pedoman bagi pemerintah dalam membuat kebijakan negara.

7. E → Pembahasan: Pada hakikatnya wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Dengan demikian Fungsi wawasan nusantara adala Pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbatan bagi enyelenggara Negara di tingkat pusat dan daerah bagi seluruh rayat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

8. A → Pembahasan: Keadilan adalah Azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa adanya kesuaian pembagian hasil dengan adil jerih payah dan kegiatan baik perorangan, golongan, kelompok maupun daerah.

9. C → Pembahasan: Hakikat wawasan nusantara adalah, Keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.

10. B → Pembahasan: Pada dasarnya bangsa Indonesia memandang diri dan lingkungannya yang serba seragam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan, dengan tujuan mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

Demikian prediksi soal dan jawaban konsepsi wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia untuk UTS, UAS PKN Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *