Soal Mendemonstrasikan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek

soal mendemonstrasikan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek

Soal Mendemonstrasikan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 11, XI KD 3.7 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang mendemonstrasikan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek.

Rangkuman Materi Mendemonstrasikan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam cerpen merupakan hal yang menarik karena sebenatnya cerita pendek banyak dibaca untuk sekadar mencari hiburan atau karena tertarik kepada kehidupan yang diceritakan atau justru tertarik pada cara pengarang memaparkan nilai kehidupan tersebut.

Bacaan Lainnya

Nilai-nilai kehidupan adalah norma yang berlaku di masyarakat yang berkaitan dengan baik atau tidak sehingga yang baik akan layak dijadikan panutan dan yang tidak baik layak dihindarkan.

BACA JUGA:  Soal Mengidentifikasi Nilai-nilai Kehidupan yang Terkandung dalam Cerita Pendek

Mendemonstrasikan nilai-nilai kehidupan adalah kegiatan menyampaikan kepada khalayak agar nilai-nilai kehidupan yang ada pada cerita pendek menjadi lebih bermakna. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memaparkan mind map atau ilustrasi atau gambar terhadap penemuan nilai kehidupan yang ada dalam cerita pendek.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Cermatilan kutipan cerpen berikut!

Pernahkah kau merasakan sesuatu yang biasa hadir mengisi hari-harimu, tiba-tiba lenyap begitu saja. Hari-harimu pasti berubah jadi pucat pasi tanpa gairah. Saat kau hendak mengembalikan sesuatu yang hilang itu dengan sekuat daya, namun tak kunjung tergapai. Kau pasti jadi kecewa seraya menengadahkan tangan penuh harap lewat kalimat doa yang tak putus-putusnya.

Bukankah kau jadi kehilangan kehangatan karena tak ada helai-helai sinar ultraviolet yang membuat senyumnya begitu ranum selama ini. Matahari bagimu tentu tak sekadar benda langit yang memburaikan kemilau cahaya tetapi sudah menjadi sebuah peristiwa yang menyatu dengan ragamu.

BACA JUGA:  Soal Pengetahuan dan Rekomendasi dalam Teks Eksposisi

Bayangkanlah bila matahari tak terbit lagi. Tidak hanya kau tapi jutaan orang kebingungan dan menebar tanya sambil merangkak hati-hati mencari liang langit, tempat matahari menyembul secara perkasa dan penuh cahaya.(Cerpen “Matahari Tak Terbit Pagi Ini”, Fakhrunnas M.A Jabar)

Deskripsikan nilai kehidupan yang ada pada penggalan cerita pendek tersebut dalam sebuah naskah drama sederhana kemudian perankan!

Kunci Jawaban

Rubrik/ Pedoman Penskoran mendemonstrasikan nilai-nilai.

Rubrik/ Pedoman Penskoran mendemonstrasikan nilai-nilai.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.