Soal Mengidentifikasi Nilai-nilai Kehidupan yang Terkandung dalam Cerita Pendek

soal mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek

Soal Mengidentifikasi Nilai-nilai Kehidupan yang Terkandung dalam Cerita Pendek – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 11, XI KD 3.7 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek.

Rangkuman Materi Mengidentifikasi Nilai-nilai Kehidupan yang Terkandung dalam Cerita Pendek

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Cerita pendek adalah karya prosa yang berupa gagasan, pikiran dan pengalaman dalam rangkaian peristiwa yang terjalin menjadi satu yang di dalamnya terjadi konflik antartokoh atau dalam diri tokoh itu sendiri dalam latar dan alur.

Bacaan Lainnya

Peristiwa dalam cerita berwujud hubungan antartokoh, tempat, dan waktu yang membentuk satu kesatuan. Nilai-nilai cerita pendek, meliputi nilai sosial, budaya, keagamaan/ religi, moral, estetika/ keindahan dan pendidikan/edukasi dan lain-lain.

Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek dilakukan dengan menentukan nilai-nilai kehidupan karena pada dasarnya cerita pendek banyak memuat nilai-nilai yang bisa diaktualisasikan dalam kehidupan nyata atau dapat dijadikan pembelajaran.

Pembelajaran dalam cerpen dilakukan dengan mengambil amanat yang berisi nilai-nilai kehidupan.

BACA JUGA:  Soal Ringkasan Novel

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Cermatilah kutipan  teks berikut!

Kutipan cerpen

“Kalau ada, mengapa biarkan dirimu melarat, hingga anak cucumu teraniaya semua? Sedang harta bendamu kau biarkan orang lain mengambilnya untuk anak cucu mereka. Dan engkau lebih suka berkelahi antara kamu sendiri, saling menipu, saling memeras. Aku beri engkau negeri yang kaya raya, tapi kau malas. Kau lebih suka beribadat saja, karena beribadat tidak mengeluarkan peluh, tidak membanting tulang. Sedang aku menyuruh engkau semuanya beramal di samping beribadat. Bagaimana engkau bisa beramal kalau engkau miskin? Engkau kira aku ini suka pujian, mabuk disembah saja, hingga kerjamu lain tidak me muji-muji dan menyembah-Ku saja. Tidak. Kamu semua mesti masuk neraka! Hai malaikat, halaulah mereka ini kembali ke neraka. Letakkan di keraknya.”

Semuanya jadi pucat pasi tak berani berkata apa-apa lagi. Tahulah mereka sekarang apa jalan yang diridai Allah di dunia.  Tetapi Haji Saleh ingin juga kepastian, apakah yang dikerjakannya di dunia ini salah atau benar. Tetapi ia tak berani bertanya kepada Tuhan, ia bertanya saja pada malaikat yang menggiring mereka itu.

“Salahkah menurut pendapatmu, kalau kami menyembah Tuhan di dunia?” tanya Haji Saleh.

BACA JUGA:  Soal Konstruksi Teks Negosiasi

“Tidak. Kesalahan engkau, karena engkau terlalu mementingkan dirimu sendiri. Kau takut masuk neraka, karena itu kau taat bersembahyang. Tapi engkau melupakan kehidupan kaummu sendiri, melupakan kehidupan anak istrimu sendiri, hingga mereka itu kucar-kacir selamanya.. Itulah kesalahanmu yang terbesar, terlalu egoistis.

Padahal engkau di dunia berkaum, bersaudara semuanya, tapi engkau tak mempedulikan mereka sedikit pun.”

Demikian cerita Ajo Sidi yang kudengar dari Kakek. Cerita yang memurungkan Kakek. Dan besoknya, ketika aku mau turun rumah pagi-pagi, istriku berkata apa aku tak pergi menjenguk.

“Siapa yang meninggal?” tanyaku kaget. “Kakek.”

“Kakek?”

“Ya. Tadi subuh Kakek kedapatan mati di suraunya dalam keadaan yang ngeri sekali.

(Cerpen “Robohnya Surau Kami”, AA Navis)

1. Berdasarkan kutipan tersebut isilah tabel berikut!

Berdasarkan kutipan tersebut isilah tabel

g2 Berdasarkan kutipan tersebut isilah tabel

2. Setelah mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang ada pada cerpen tersebut bagaimana aktualisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan!

Setelah mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang ada pada cerpen tersebut bagaimana aktualisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan!

Kunci Jawaban

1. Berdasarkan kutipan tersebut isilah tabel berikut!

1. Berdasarkan kutipan tersebut isilah tabel berikut!

2. Setelah mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang ada pada cerpen tersebut bagaimana aktualisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan!

Setelah mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang ada pada cerpen tersebut bagaimana aktualisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan!

g6 Setelah mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang ada pada cerpen tersebut bagaimana aktualisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan!

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.