Soal Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan

soal menyusun laporan dari hasil membaca buku pengayaan

Soal Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 11, XI KD 3.7 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang menyusun laporan dari hasil membaca buku pengayaan.

Rangkuman Materi Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kemampuan membaca harus dibarengi dengan kemampuan mengidentifikasi tiap-tiap bacaan yang dibacanya.

Bacaan Lainnya

Identifikasi pokok-pokok informasi sebagai tolok ukur kemampuan membaca. Kemampuan tersebut dijadikan dasar untuk menyusun laporan kegiatan membaca.

Langkah-langkah menyusun laporan adalah:

  • Membaca buku atau mendengar naskah yang dibacakan/ direkam.
  • Tentukan pokok-pokok buku
  • Menulis laporan dalam bentuk tabel atau rangkuman
  • Membaca kembali rangkuman yang telah dibuat

Laporan kegiatan membaca akan berguna bagi pembaca dalam membantu mengingat informasi penting pada buku yang dibacanya.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Judul Buku : Terampil Budidaya Anggrek

Pengarang : Istiati

Tahun Terbit : 2008

Penerbit : Sahabat

Jumlah Halaman : 58 halaman

Kota Penerbit : Klaten-Jawa Tengah

Anggrek merupakan tanaman hias yang hidup menempel pada media atau tanaman lain. Anggrek sudah dikenal sejak 200 tahun yang lalu dan sekitar 50 tahun terakhir anggrek mulai dibudidayakan secara luas di Indonesia.

Tujuan pembudidayaan tanaman anggrek adalah sebagai tanaman hias karena bunga anggrek memiliki keindahan dan bau yang khas. Selain itu, anggrek juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran obat-obatan, bahan minyak wangi, dan bahan minyak rambut.Ada beberapa jenis tumbuhan anggrek yang terdapat di Indonesia anatara lain Vanda Tricolor terdapat di Jawa Barat dan di Kaliurang, Vanda Hookeriana, berwarna ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatra, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis), anggrek Phapiopedilun praestans yang berasal dari Jawa Tengah.

BACA JUGA:  Soal Esensi Kegiatan Debat

Tanaman anggrek dapat tumbuh karena beberapa faktor pendukung. Pertama iklim, anggrek dapat tumbuh pada suhu minimum 12.70C. kedua media tanam, pada umumnya media yang digunakan untuk penanaman anggrek biasanya menggunakan arang kayu, serabut kelapa, dan batu bata. Ketiga ketinggian tempat, ketinggian tempat yang cocokuntuk budidaya tanaman anggrek dibedakan menjadi 3 macam, yaitu pertama anggrek panas (ketinggian 0-600m dpl) dengan suhu udara 26-30 derajat C pada siang hari, dan 21 derajat C pada malam hari. Kedua, anggrek sedang (ketinggian 150-1500 m dpl) dengan suhu udara antara 15-21 derajat C pada malam hari, dan 21 derajat C pada siang hari. Ketiga, anggrek dingin (ketinggian lebih dari 1500 m dpl) dengan suhu udara 14-21 derajat C disiang hari, dan 9-15 derajat C pada malam hari.

Dalam usaha pembudidayaan anggrek perlu diperhatikan pemihan bibit yang baik. Bibit yang unggul, baik, dan sehat memiliki beberapa ciri, yaitu bentuk batang kuat, pertumbuhan pesat, daun subur, bungan lebat. bibit anggrek berasl dari biji yang disemaikan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan tanaman anggrek yaitu penyulaman, penyiangan, pemupukan, dan pengairan.

Unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman anggrek dalam jumlah banyak meliputi C, H, O, N, S, P, K,Ca, Mg. Untuk unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit meliputi Cu, Zn ,Mo, Mn, V, Sc, B, Si. Penyakit dan hama yang sering menyerang tanaman anggrek antara lain tungau, semut, belalang, penyakit busuk akar, penyakit layu, penyakit bercak bercincin. Tanaman anggrek mulai berbunga pada umur 1-2 bulan. Untuk panen bunga anggrek perlu diperhatikan, pemotongan dilakukan pada jarak 2 cm dari pangkal tangkai bunga dengan menggunakan alat potong yang bersih.

BACA JUGA:  Soal Kebahasaan Teks Eksplanasi

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Jelaskan informasi yang diperoleh dari buku Terampil Budidaya Anggrek.

2. Tulislah pokok-pokok informasi dalam buku Terampil Budidaya Anggrek.

3. Tulislah laporan membaca buku tersebut!

Kunci Jawaban

1. → Pembahasan: Simpulan yang diperoleh dari buku Terampil Budidaya Anggrek adalah tanaman anggrek memiliki karakteristik tersendiri dilihat dari cara budidaya, pemeliharaan maupun kebutuhan unsur-unsur untuk pertumbuhan tanaman.

2. → Pembahasan: Pokok-pokok informasi dalam buku Terampil Budidaya Anggrek adalah sejarah anggrek, tujuan budidaya, faktor pendukung, pemilihan bibit dan kebutuhan unsur hara.

3. → Pembahasan: Anggrek merupakan tanaman yang sudah lama dibudidayakan oleh banyak orang. Tanaman anggrek dibudidayakan karena keindahannya dank arena digunakan sebagai obat dan minyak wangi. Agar budidaya berhasil perlu diperhatikan, pemilihan bibit yang baik dan kebutuhan unsur yang diperlukannya.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.