Soal Menganalisis Kebahasaan Resensi Dua Karya yang Berbeda

soal menganalisis kebahasaan resensi dua karya yang berbeda

Soal Menganalisis Kebahasaan Resensi Dua Karya yang Berbeda – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 11, XI KD 3.17 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang menganalisis kebahasaan resensi dua karya yang berbeda.

Rangkuman Materi Menganalisis Kebahasaan Resensi Dua Karya yang Berbeda

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Resensi merupakan jenis teks yang berisi penilaian terhadap suatu buku.

Bacaan Lainnya

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis resensi, antara lain, identitas buku, ringkasan buku, kelebihan dan kelemahan buku, serta rekomendasi bagi pembaca.

Berbagai jenis karya sastra yang dapat dijadikan objek resensi, antara lain, novel/cerpen, film/drama, lagu, lukisan, dan berbagai buku ilmu pengetahuan.

Sebuah teks resensi yang baik harus ditulis dengan memperhatikan struktur sebagai berikut.

  • Judul resensi, yaitu kepala karangan yang menarik yang mencerminkan isi buku.
  • Identitas karya, yaitu informasi mengenai judul, penulis/pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.
  • Orientasi, yaitu pengantar tentang buku yang dieresensi yang menjelaskan ringkasan (sinopsis) atau pengelompokan buku beserta latar belakang pengarang.
  • Paparan argumen, yaitu terdiri atas analisis (paparan keberadaan unsur-unsur cerita) dan evaluasi (kelebihan dan kekurangan buku).
  • Rekomendasi, yaitu bagian penutup resensi yang berisi simpulan hasil resensi dan saran kepada pembaca.

Langkah-langkah menyusun resensi adalah sebagai berikut.

  • Pertimbangan terlebih dahulu buku apa yang akan diresensi (fiksi atau nonfiksi).
  • Mencatat data atau informasi buku yang akan diresensi.
  • Membaca sambil menuliskan poin-poin penting dalam buku.
  • Menuliskan isi resensi.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis resensi adalah sebagai berikut.

  • Membuat judul resensi buku.
  • Menulis informasi umum tentang buku yang diresensi.
  • Membuat ringkasan atau sinopsis buku secara garis besar.
  • Menonjolkan sisi lain dari buku yang diresensi.
  • Mengulas manfaat buku tersebut bagi pembaca.
  • Menuliskan kekurangan dan kelabihan yang ada pada buku tersebut.
  • Menilai dari segi kelengkapan karya, bahasa yang digunakan, PUEBI, dan sistematika resensi.
  • Layak atau tidaknya buku itu dibaca dan oang yang layak membacanya.
BACA JUGA:  Soal Unsur Kebahasaan Dalam Debat

Indikator penilaian terhadap buku yang akan dibua resensi terdiri atas struktur atau kerangka penulisan, isi pernyataan, aspek kebahasaan, dan aspek teknis.

Ragam bahasa dalam teks resensi adalah ragam bahasa jurnalistik yang bersifat efektif, komunikatif, ringan, enak dibaca, dan menarik.

Ciri-ciri atau kaidah kebahasaan dalam teks resensi adalah (a) menggunakan konjungsi penerang, (b) konjungsi temporal, (c) konjungsi penyebaban, (d) istilah-istilah teknis yang terkait dengan bidang atau bahasan dalam buku, (e) serta pernyataan-pernyataan berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks resensi.

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacalah resensi berikut dengan saksama!

Identitas buku

– Judul buku : Dear Nathan

– Penerbit : Best Media

– Tahun Terbit : Maret 2016

– Jumlah Halaman : 528 hlm

– Nomor Edisi : ISBN 978-602-6940-14-8

Novel Dear Nathan ini bergenre roman, yang mengisahkan suatu kisah di masa putih abu-abu pada saat ini. Di dalam kisah tersebut terkisah 2 insan yang memiliki kepribadian yang sangat berbeda bak langit dan bumi. Sebut saja Salma, gadis lugu yang sangat takut jika berbuat kesalahan itu pindah ke sekolah yang di dalamnya terdapat banyak sekali murid-murid yang berlatar belakang urakan.

Sungguh hal ini membuat Salma merasa tidak nyaman. Terlebih lagi pada hari pertama Salma pindah ke sekolah barunya dan ia sudah mendapatkan masalah karena telat datang ke sekolah barunya. Namun ada seorang laki-laki yang membantu Salma lolos dari hukuman keterlambatan pada saat itu, dia bernama Nathan cowok yang sangat terkenal dengan sifatnya yang sering membuat ulah disekolah.

Namun seiring berjalannya waktu Nathan merasa ada yang berbeda dalam dirinya, ia merasa bahwa Salma dapat memberikan hal yang positif untuknya dan selama berada dekat Salma, Nathan sering merasa ada perasaan yang aneh menyelimutinya.

Setelah banyak waktu yang ia habiskan bersama dengan Salma selama di sekolah Nathan banyak mengalami perubahan. Ia yang terkenal dengan sifatnya yang senang membuat olah setelah mengenal Salma ia menjadi pribadi yang lebih baik lagi, namun apakah Salma merasakan hal yang sama dengan apa yang Nathan rasakan? Nathan pun takut untuk menyatakan perasaan yang sesungguhnya kepada Salma karena selama ini Salma selalu bersikap jutek dan cuek terhadap Nathan.

BACA JUGA:  Soal Ikhtisar Buku Nonfiksi

Novel ini menceritakan kisah masa putih abu-abu yang sangat epik sekali karena kehadiran sosok Nathan yang berkarakter unik, penulis sengaja membuat Nathan sebagai cowok yang memiliki karakter yang agak sulit untuk ditebak, namun yang menjadi spesial dari Nathan ini meskipun ia banyak di cap tidak baik oleh orang-orang di sekolahnya, akan tetapi Nathan bukan tipikal cowok yang suka menyakiti perasaan cewe, hal itu terlihat dari sikap yang ia lakukan dan kata-kata yang ia lontarkan pada novel Dear Nathan tersebut. Dan penulis sangat cerdas karena membuat semua tokoh yang berperan dalam cerita Novel Dear Nathan ini memiliki karakter yang kuat.

Penggunaan kaidah literasi pada novel Dear Nathan ini tidak tersusun dengan baik. Para pembaca seringkali menemukan suatu diksi yang tidak pas dan kata-kata yang digunakan terbilang tidak baku dan efisien. Kekurangan ini sebenarnya dapat dimaklumi karena novel Dear Nathan ini diangkat dari Wattpad. Para pembaca merasa tidak cocok pada penggunaan bahasa yang digunakan oleh peran Nathan saat ia menggunakan kata saya-kamu, rasanya itu tidak sesuai dengan kepribadian Nathan yang berkarakter bad guy.

Jawabalah pertanyaan berikut!

1. Temukan kaidah kebahasaan resensi yang kalian baca!

Temukan kaidah kebahasaan resensi yang kalian baca!

2. Temukan kelebihan dan kekurangan resensi yang kalian baca!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Menemukan kaidah kebahasaan dalam resensi

Menemukan kaidah kebahasaan dalam resensi

2. Kelebihan dan kekurangan resensi novel Dear Nathan

Kelebihan dan kekurangan resensi novel Dear Nathan

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.