Soal Mengenal Sejumlah Tokoh Musik Kontemporer Indonesia

soal mengenal sejumlah tokoh musik kontemporer Indonesia

Soal Mengenal Sejumlah Tokoh Musik Kontemporer Indonesia – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 12, XII KD 3.3 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang mengenal sejumlah tokoh musik kontemporer Indonesia.

Rangkuman Materi Mengenal Sejumlah Tokoh Musik Kontemporer Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Slamet Abdul Sjukur dikenal sebagai komponis Indonesia, disebut sebagai salah seorang pinonir musik kontemporer Indonesia. Ia juga piawai mengkomposisikan bahan-bahan yang sederhana dan minim ke dalam sebuah musik, sehingga dirinya disebut sebagai komposer minimaks.

Bacaan Lainnya

Harry Roesli tak cuma dikenal sebagai musisi, ia juga seorang guru, seniman, dan pendidik musisi Bandung yang kemudian berkembang menjadi seniman berkualitas. Ia juga merupakan cucu seorang pujangga besar Indonesia, Marah Roesli yang terkenal akan romansa Siti Nurbaya-nya.

Djaduk Feriyanto adalah seorang aktor dan seniman musik Indonesia asal Yogyakarta. Seorang putra dari Bagong Kussudiardja, koreografer dan pelukis senior Indonesia. Selepas dari pendidikan di Tamansiswa, ia lanjutkan studinya di Institut Seni Indonesia (ISI) Jurusan Seni Rupa meski akhirnya tak selesai.

Dengan berbagai adat, ritual, dan upacara yang tak lepas dari berbagai kesenian setempat, bisa dikatakan bahwa masyarakat Bali pada dasarnya adalah seniman semua. Di tengah-tengah komunitas seperti itulah, I Nyoman Windha dilahirkan.

Aloysius Suwardi, dikenal sebagai musikus Indonesia asal Surakarta. Ia menggeluti bidang etnomusikologi, terutama karawitan. Ia telah banyak menghasilkan karya musik-musik tradisi yang banyak ditampilkan di dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA:  Soal Mempresentasikan Hasil Analisis Karya Musik Kontemporer

Royke merupakan seorang musisi yang secara khusus mengeksplorasi musik-musik kontemporer dengan media perkusi dan alat-alat musik akustik. Musik-musik Royke jauh dari nuansa futuristik. Ia tampilkan komposisi dengan kendang, drum akustik, seta petikan gitar dengan komposisi yang terkesan klasikal.

Secara khusus, musik kontemporer Jomped menampakkan komposisi musik dari proses kreatifnya dan proses pencariannya dalam mengeksplorasi media komputer. Musik yang terkesan tak lazim ini, lebih mengarah pada bentukan musik elektronis dengan dipadukan dengan efek cahaya yang menimbulkan nuansa futuristik.

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Slamet Abdul Sjukur dikenal sebagai komponis Indonesia, disebut sebagai salah seorang pinonir musik kontemporer Indonesia. Ia juga piawai mengkomposisikan bahan-bahan yang sederhana dan minim ke dalam sebuah musik, sehingga dirinya disebut sebagai …

2. Harry Roesli tak cuma dikenal sebagai musisi, ia juga seorang guru, seniman, dan pendidik musisi Bandung yang kemudian berkembang menjadi seniman berkualitas. Ia merupakan cucu seorang pujangga besar Indonesia yaitu …

3. Seorang aktor dan seniman musik Indonesia asal Yogyakarta. Iya juga putra dari Bagong Kussudiardja, koreografer dan pelukis senior Indonesia. Siapakah tokoh tersebut?

4. Aloysius Suwardi, dikenal sebagai musikus Indonesia asal Surakarta. Ia telah banyak menghasilkan karya musik-musik tradisi yang banyak ditampilkan di dalam maupun luar negeri. Ia menggeluti bidang…

5. Royke merupakan seorang musisi yang secara khusus mengeksplorasi musik-musik kontemporer dengan media perkusi dan alat-alat musik akustik. Musik-musik Royke jauh dari nuansa futuristik. Ia tampilkan komposisi dengan instrumen sederhana yaitu …

BACA JUGA:  Soal Menganalisis Karya Musik Kontemporer

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Komposer minimaks

Pembahasan: Slamet Abdul Sjukur dikenal sebagai komponis Indonesia, disebut sebagai salah seorang pinonir musik kontemporer Indonesia. Ia juga piawai mengkomposisikan bahan-bahan yang sederhana dan minim ke dalam sebuah musik, sehingga dirinya disebut sebagai komposer minimaks.

2. Marah Roesli

Pembahasan: Harry Roesli tak cuma dikenal sebagai musisi, ia juga seorang guru, seniman, dan pendidik musisi Bandung yang kemudian berkembang menjadi seniman berkualitas. Ia merupakan cucu seorang pujangga besar Indonesia yaitu Marah Roesli.

3. Djaduk Feriyanto

Pembahasan : Djaduk Feriyanto seorang aktor dan seniman musik Indonesia asal Yogyakarta. Iya juga putra dari Bagong Kussudiardja, koreografer dan pelukis senior Indonesia. 

4. Etnomusikologi, terutama karawitan.

Pembahasan : Aloysius Suwardi seorang musikolog bidang karawitan dikenal sebagai musikus Indonesia asal Surakarta. Ia telah banyak menghasilkan karya musik-musik tradisi yang banyak ditampilkan di dalam maupun luar negeri. 

5. Kendang, drum akustik, serta petikan gitar.

Pembahasan: Royke merupakan seorang musisi yang secara khusus mengeksplorasi musik-musik kontemporer dengan media perkusi dan alat-alat musik akustik. Musik-musik Royke jauh dari nuansa futuristik. Ia tampilkan komposisi dengan instrumen sederhana yaitu kendang, drum akustik, serta petikan gitar.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.