Soal Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia

soal perkembangan musik kontemporer di Indonesia

Soal Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 12, XII KD 3.3 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang perkembangan musik kontemporer di Indonesia.

Rangkuman Materi Perkembangan Musik Kontemporer di Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Perkembangan musik kontemporer di Indonesia baru mulai dirasakan sejak digelarnya acara Pekan Komponis Muda tahun 1979 di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Bacaan Lainnya

Nama-nama seperti Aloysius Suwardi, Harry Roesli, Ben Pasaribu, Tony Prabowo, Yusbar Jailani, I Nyoman Windha, Otto Sidarta, dan masih banyak yang belum disebutkan, merupakan komponis kontemporer yang ciri-ciri karyanya nyaris mustahil dikategorikan secara konvensional.

Yogyakarta, secara konsisten selama belasan tahun mereka berhasil menggelar acara Yogyakarta Gamelan Festival tingkat Internasional yang di dalamnya banyak sekali karya-karya musik kontemporer dipentaskan.

Tahun 2007 dan 2008, Kota Solo telah menggelar acara SIEM (Solo International Ethnic Music).

BACA JUGA:  Soal Menganalisis Karya Musik Kontemporer

Di Bali, aktivitas berkesenian berideologi “kontemporer” sebenarnya telah berlangsung sejak awal abad ke-20 dengan lahirnya seni kekebyaran di Bali Utara. Namun wacana tentang musik kontemporer mulai mengemuka serangkaian dengan Pekan Komponis Muda I yang digelar di Jakarta pada 1979.

Tahun 1990, satu garapan musik kontemporer dengan media ungkap yang berbeda, hasil kolaborasi antara dua seniman, I Wayan Dibia dan Keith Terry, yaitu “Body Tjak“.  Karya ini merupakan seni pertunjukan multikultural yang memadukan unsur-unsur seni budaya Barat (Amerika) dan Timur (Bali, Indonesia).

Kehidupan dan perkembangan musik kontemporer yang diawali event-event gelar seni baik lokal maupun mancanegara akhirnya masuk juga ke ranah akademik.

Mahasiswa jurusan karawitan ISI Denpasar telah banyak menggarap karya musik kontemporer sebagai materi ujian akhir. Hingga tahun 2009, penggarapan musik kontemporer masih mendominasi pilihan materi ujian akhir mahasiswa jurusan karawitan.

Soal Pilihan Isian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Perkembangan musik kontemporer di Indonesia baru mulai dirasakan sejak digelarnya acara Pekan Komponis Muda tahun 1979 di …

BACA JUGA:  Soal Dasar-Dasar Analisa Musik

2. Yogyakarta, secara konsisten selama belasan tahun mereka berhasil menggelar acara tingkat Internasional yang di dalamnya banyak sekali karya-karya musik kontemporer dipentaskan. Apa nama acara tersebut?

3. Perkembangan musik kontemporer didaerah-daerah semakin semarak. Pada tahun 2007 dan 2008, Kota Solo telah menggelar acara …

4. Di Bali, aktivitas berkesenian berideologi “kontemporer” sebenarnya telah berlangsung sejak awal abad ke-20 dengan lahirnya seni kekebyaran di daerah…

5. Tahun 1990, satu garapan musik kontemporer dengan media ungkap yang berbeda, hasil kolaborasi antara dua seniman, I Wayan Dibia dan Keith Terry, yaitu “Body Tjak“. Karya ini merupakan seni pertunjukan multikultural yang memadukan unsur-unsur seni budaya …

Kunci Jawaban

1. Taman Ismail Marzuki Jakarta

2. Yogyakarta Gamelan Festival

3. SIEM (Solo International Ethnic Music).

4. Bali Utara

5. Barat (Amerika) dan Timur (Bali, Indonesia).

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.