Soal Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia

soal mewaspadai ancaman terhadap integrasi bangsa Indonesia

Soal Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Pembelajaran PPKn, PKN Kelas X KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi mewaspadai ancaman terhadap integrasi bangsa Indonesia.

Rangkuman Materi Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Bangsa Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Ancaman militer pada dasarnya ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa

Bacaan Lainnya

Ancaman militer dapat berupa agresi/invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan ancaman keamanan laut dan udara.

Ancaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor- faktor yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Ancaman non-militer diantaranya dapat berdimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Ancaman militer pada dasarnya ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu contoh ancaman dmiliter bagi bangsa Indonesia adalah …

A. embargo ekonomi akibat persaingan dan perdagangan bebas

B. gerakan sparatis yang brupaya memisahkan diri dengan NKRI

C. naiknya nilai tukar rupiah dan inflasi terhadap kebutuhan pokok

D. illegal fishing atau pencurian ikan oleh nelayan negara tetangga

E. perang dagang antar negara yang berdampak pada ekonomi nasional

2. Posisi negara Indonesia dimana dilewati garis khatulistiwa,diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika ditinjau dari aspek kebudayaan dunia, Indonesia terletak diantara …

A. Idiologi komunisme diutara dan liberalism di selatan

B. kebuadayaan timur diutara dan kebudayaan barat di selatan

C. system ekonomi sosialis diutara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan

D. daerah berpendudu kpadat diutara dan daerah berpenduduk jarang di selatan

E. demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan

3. Gangguan keamanan di laut dan udara yang mengganggu stabilitas keamanan wilayah nasional Indonesia. merupakan salah satu bentuk ancaman …

A. militer

B. ekonomi

C. non militer

D. polik negara

E. sosial politik

4. Indonesia adalah negara kesatuan dengan batas batas wilayahnya ditentukan berdasarkan letak geografis territorial baik di darat maupun lautan. Berdasarkan hal tersebut perbatasan wilayah Indonesia disebelah utara Pulau Kalimantan berbatasan dengan negara ….

A. India

B. Thailand

C. Malaysia

D. Singapura

E. Australia

5. Posisi negara Indonesia dimana dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika ditinjau dari aspek Ideologi, dimana Ideologi Pancasila berada diantara …

A. Idiologi komunisme diutara dan liberalism di selatan

B. kebuadayaan timur diutara dan kebudayaan barat di selatan

C. daerah berpenduduk padat diutaradan daerah berpenduduk jarang di selatan.

D. system ekonomi sosialis diutara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan

E. demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan

6. Dibawah ini yang merupan ancaman dibidang non militer yang berdampak nbagi bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi adalah …

A. Agresi militer dan invasi militer oleh negara lain

B. pelanggaran batas wilayah negara oleh negara tetangga

C. pemberontakan bersenjata oleh kelompok sparatis terorganisir

D. sabotase, spionase, aksi teror bersenjata oleh pasukan negara lain

E. perang dagang antar negara yang berdampak pada ekonomi nasional

7. Posisi negara Indonesia dimana dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika ditinjau dari aspek demokrasi, dimana demokrasi Pancasila berada diantara …

A. kebuadayaantimurdiutaradankebudayaan barat di selatan

B. sistemekonomisosialisdiutaradan sistem ekonomi kapitalis di selatan

BACA JUGA:  Soal Pemilihan Kata dalam Bahasa Indonesia

C. daerahberpendudukpadatdiutaradan daerah berpenduduk jarang di selatan.

D. demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan

E. sistem pertahanan continental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan dan timur

8. Ancaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor-faktor yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu bentuk ancaman tersebut adalah ….

A. infasi dan agresi oleh negara lain

B. embargo udara dan pertahanan

C. illegal fishing oleh negara tetangga

D. penyusupan intelegen ke negara lain

E. koalisi untuk menyerang negara lain

9. Keberagaman yang ada pada masyarakat Kita merupakan potensi yang terbukti dapat menjadi perekat bagi bangsa Indonesia. Keberagaman yang tidak dikelola dengan baik menimbulkan ancaman bangi bangsa Indonesia. Salah bentuk ancaman masyarakat yang akan berdampak bagi persatuan dan kesatuan adalah ….

A. berkembangnya berita bohong atau hoax disekitar Kita

B. penagkapan bandar narkoba yang merusak generasi muda

C. rencana infasi bangsa asing yang membuat cemas masyarakat

D. penangkapan oknum koruptor yang telah merugikan keuangan negara

E. ditemukannya vaksin antivirus yang akan menghapuskan sebuah Pandemi

10. Pentingnya kita mewaspadai adanya ancaman disekitar lingkungan masyarakat adalah dalam rangka ….

A. menumbuhkan rasa peduli dimasyarakat demi tercapainya kepuasan diri

B. mencapai tujuan nasiobnal yang diamanatkan dalam UUD NRI Tahun 1945

C. menjaga persatuan dan keutuhan serta keharmonisan yang ada dimasyarakat

D. meningkatkan kesadaran warga negara dalam membantu program pemerintah

E. menunjukan bahwa kita adalah generasi muda yang handal dan patut dibanggakan

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. B → Pembahasan: Ancaman militer pada dasarnya ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu contoh ancaman dmiliter bagi bangsa Indonesia adalahgerakan sparatis yang brupaya memisahkan diri dengan NKRI.
  2. B → Pembahasan: Posisi negara Indonesia dimana dilewati gariskhatulistiwa,diapitolehduabenua dan dua samudera, jika ditinjau dari aspek kebudayaan dunia, Indonesia terletak diantara kebuadayaantimurdiutaradankebudayaan barat di selatan.
  3. A → Pembahasan: Gangguan keamanan di laut dan udara yang mengganggu stabilitas keamanan wilayah nasional Indonesia. merupakan salah satu bentuk ancaman militer.
  4. C → Pembahasan: Indonesia adalah negara kesatuan dengan batas batas wilayahnya ditentukan berdasarkan letak geografis territorial baik di darat maupun lautan. Berdasarkan hal tersebut perbatasan wilayah Indonesia disebelah utara Pulau Kalimantan berbatasan dengan negara Malaysia.
  5. A → Pembahasan: Posisi negara Indonesia dimana dilewati garis khatulistiwa,diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika ditinjau dari aspek Ideologi, dimana Ideologi Pancasila berada diantara idiologi komunisme diutara dan liberalism di selatan.
  6. E → Pembahasan: Ancaman dibidang non militer yang berdampak nbagi bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi adalah perang dagang antar negara yang berdampak pada ekonomi nasional.
  7. D → Pembahasan: Posisi negara Indonesia dimana dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika ditinjau dari aspek demokrasi, dimana demokrasi Pancasila berada diantara demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan.
  8. C → Pembahasan: Ancaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor- faktor yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Salah satu bentuk ancaman tersebut adalah illegal fishing oleh negara tetangga.
  9. A → Pembahasan: Keberagaman yang ada pada masyarakat Kita merupakan potensi yang terbukti dapat menjadi perekat bagi bangsa Indonesia. Keberagaman yang tidak dikelola dengan baik menimbulkan ancaman bangi bangsa Indonesia. Salah bentuk ancaman masyarakat yang akan berdampak bagi persatuan dan kesatuan adalah berkembangnya berita bohong atau hoax disekitar kita.
  10. C → Pembahasan: Pentingnya kita mewaspadai adanya ancaman disekitar lingkungan masyarakat adalah dalam rangka menjaga persatuan dan keutuhan serta keharmonisan yang ada dimasyarakat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS PKN Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.