Soal Ancaman Dibidang IPOLEKSOSBUD

soal ancaman dibidang IPOLEKSOSBUD

Soal Ancaman Dibidang IPOLEKSOSBUD – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Pembelajaran PPKn, PKN Kelas X KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi ancaman dibidang IPOLEKSOSBUD.

Rangkuman Materi Ancaman Dibidang I IPOLEKSOSBUD

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Bacaan Lainnya

Ancaman dibidang idiologi berangkat dari pertentangan ideologi dunia yaitu komunisme dan liberalism. Untuk itu Kita patut mewaspadainya, dan menolak serta melarang paham komunis di Indonesia.

Ancaman bidang politik dilakukan oleh suatu negara dengan melakukan tekanan politik terhadap negara lain.

Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. Hal tersebut tentu saja selain menjadi keuntungan, juga menjadi ancaman bagi kedaulatan ekonomi suatu negara.

Ancaman berdimensi sosial budaya yangberumber dari dalam dan patut diwaspadai adalah berkaitan dengan isu-isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketidakadilan. Isu tersebut menjadi titik pangkal timbulnya permasalahan, seperti separatisme, terorisme, kekerasan, dan bencana akibat perbuatan manusia. Isu tersebut akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, nasionalisme

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan pernyataan ancaman berikut!

1) kegiatan imigrasi gelap/ ilegal

2) agresi terhadap negara lain

3) blokade terhadap wilayah pantai NKRI

4) wabah penyakit menular yang cepat dan meluas

5) penangkapan ikan di laut secara illegal

6) pemberontakan dengan menggunakan senjata

Berdasarkan tabel diatas, yang merupakan ancaman terhadap negara yang bersifat non militer terdapat pada nomor….

A. 1), 3), dan 5)

B. 1), 4), dan 5)

C. 2), 4), dan 5)

D. 3), 5), dan 6)

E. 4), 5), dan 6)

2. Ancaman yang berdimensi politik yang bersumber dari dalam negeri dalam bentuk pola perjuangan tidak bersenjata dan sering ditempuh untuk menarik simpati masyarakat adalah …

A. memobilisasi masyarakat untuk mendatangi kantor pemerintahan

B. menggalang kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah

C. pengerahan massa untuk menolak hasil pilkada yang dianggap tidak netral

D. menolak salah satu pasangan calon pemenang pemilu yang ditetapkan KPU

E. menggalang dukungan masyarakat untuk mendukung salah satu pasangan calon

3. Perhatikan beberapa kasus ancaman berikut!

(1) Penggunaan kekuatan pengerahan massa untuk menumbangkan pemerintahan

(2) Munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengkonsumsi barang luar negeri

(3) Timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat adanya persaingan bebas 

(4) Semakin terdesaknya barang lokal karena kalah bersaing dengan barang luar negeri

(5) Perekonomian negara dikuasai pihak asing, seiring semakin mudahnya orang asing menanamkan modalnya di Indonesia

Berdasarkan uraian tersebut diatas, yang merupakan kasus ancaman terhadap negara di bidang ekonomi ditandai oleh nomor ….

A. (1), (2) dan (3)

B. (1), (3) dan (5)

C. (2), (3) dan (4)

D. (2), (3) dan (5)

E. (3), (4) dan (5)

4. Selain ancaman dalam bidang militer, sebagai bangsa yang majemuk kita harus mewaspadai adanya ancaman di bidang ekonomi dalam arti negara beserta aparatur negara bersifat dominan dan mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara, yang dikenal dengan …

A. Sistem etatisme,

B. Sistem monopoli

C. Sistem oligopoly

D. Sistem markantilisme

E. Sistem Free fight liberalism,

5. Secara legal formal pencurian ikan oleh kapal asing di perairan Indonesia dapat dikategorikan kejahatan luar biasa. Sebagaimana tercantum dalam Konvensi Hukum Laut PBB Tahun 1982, yang menyatakan  masuknya kapal ikan asing secara ilegal di laut teritorial Indonesia dapat dikategorikan membahayakan kedamaian, ketertiban, atau keamanan nasional (Pasal 19). Serta menurut UU No 45/2009 tentang Perikanan yang menyebutkan, aksi pencurian ikan tergolong tindak pidana. 

Berdasarkan artikel di atas, ilegal fishing merupakan salah satu ancaman terhadap…

A. Patriotisme

B. Kedaulatan Negara

C. Ketentraman Negara

D. Keamanan Indonesia

E. Pertahanan Indonesia

6. Dibawah ini merupakan pengaruh negatif globalisasi sosial budaya yang dapat menjadi ancaman kedaulatan Indonesia khususnya dalam bidang sosial budaya, yaitu …

A. Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar

B. sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang

C. cepat atau lambat perekonomian negara kita akan dikuasai oleh pihak asing

D. memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, dan kesetiakawanan social

7. timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat persaingan bebas. Ancaman dari luar timbul sebagai akibat dari pengaruh negatif globalisasi, diantaranya yaitu Gaya hidup dimana kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi dan membuat manusia suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat dinamakan …

A. liberalisme

B. hedonisme

C. westernisasi

D. konsumerisme

E. indivudualisme

BACA JUGA:  Soal Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari Masa ke Masa

8. Saat ini banyak terjadi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) dikalangan generasi muda merupakan salah satu dampak negatif yang di timbulkan dari perkembangan Ipteks. Penyalahgunaan narkoba merupakan pola hidup hedonis atau glamor yang merupakan gaya  hidup yang melanda kaum muda saat ini. Penyalah gunaan narkoba dan hedonis merupakan salah satu ancaman terhadap negara yang harus dihilangkan karena mengancam kelangsungan hidup bangsa. 

Penyalahgunaan narkoba dan pola hidup hedonis merupakan salah satu ancaman terhadap negara terutama dibidang….

A. ideologi

B. politik

C. ekonomi

D. sosial budaya

E. Pertahanan keamanan

9. Di era Milenial saat ini banyak munculnya sifat hedonisme, yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi. Hal ini membuat manusia suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya tersebut, meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Seperti mabuk-mabukan, seks bebas, foya-foya dan sebagainya. Kondisi tersebut merupakan salah satu ancaman terhadap Negara Indonesia yaitu dalam aspek ….

A Ideologi

B Politik

C Ekonomi

D Sosial Budaya

E Pertahanan keamanan

10. Apabila dicermati adanya beberapa fenomena peristiwa pada kehidupan masyarakat yang terjadi di berbagai daerah pada akhir-akhir ini, baik berupa perkelahian massal antar kelompok kepentingan akibat pemekaran wilayah, berebut lahan kehidupan, selisih paham antar pemuda/ pelajar termasuk mahakalian dan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa ….

A. rasa persatuan dan kesatuan yang terjalin semakin baik diantara lapisan masyarakat yang ada

B. sikap saling menghargai dan mau menang sendiri sudah mulai terkikis dari kehidupan sehari-hari

C. pemahaman terhadap nilai-nilai kebhinekaaan dalam bentuk wawasan kebangsaan sudah menurun

D. masyarakat semakin memahami nilai – nilai Pancasila dan kebhinekaan dalam kehidupan sehari – hari.

E. masyarakat lebih mementingkan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi dan golongan

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan: Ancaman terhadap negara yang bersifat non militer kegiatan imigrasi gelap/ ilegal, wabah penyakit menular yang cepat dan meluas dan penangkapan ikan di laut secara illegal.

2. B → Pembahasan: Ancaman yang berdimensi politik yang bersumber dari dalam negeri dalam bentuk pola perjuangan tidak bersenjata dan sering ditempuh untuk menarik simpati masyaraka adalah menggalang kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah.

3. E → Pembahasan:

Kasus ancaman terhadap negara di bidang ekonomi antara lain yaitu:

  • Timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat adanya persaingan bebas
  • Semakin terdesaknya barang lokal karena kalah bersaing dengan barang luar negeri
  • Perekonomian negara dikuasai pihak asing, seiring semakin mudahnya orang asing menanamkan modalnya di Indonesia

4. A → Pembahasan: Ancaman dalam bidang militer, sebagai bangsa yang majemuk kita harus mewaspadai adanya ancaman di bidang ekonomi dalam arti negara beserta aparatur negara bersifat dominan dan mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara, yang dikenal dengan sistem etatisme.

5. B → Pembahasan: Secara legal formal pencurian ikan oleh kapal asing di perairan Indonesia dapat dikategorikan kejahatan luar biasa. Sebagaimana tercantum dalam Konvensi Hukum Laut PBB Tahun 1982, yang menyatakan masuknya kapal ikan asing secara ilegal di laut teritorial Indonesia dapat dikategorikan membahayakan kedamaian, ketertiban, atau keamanan nasional (Pasal 19). Serta menurut UU No 45/2009 tentang Perikanan yang menyebutkan, aksi pencurian ikan tergolong tindak pidana. ilegal fishing merupakan salah satu ancaman terhadap kedaulatan negara.

6. D → Pembahasan: Pengaruh negatif globalisasi sosial budaya yang dapat menjadi ancaman kedaulatan Indonesia khususnya dalam bidang sosial budaya, yaitu memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, dan kesetiakawanan sosial.

7. B → Pembahasan: Hedonisme adalah timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat persaingan bebas. Ancaman dari luar timbul sebagai akibat dari pengaruh negatif globalisasi, diantaranya yaitu Gaya hidup dimana kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi dan membuat manusia suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat dinamakan hedonism.

8. D → Pembahasan: Dalam bidang sosial budaya, penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) dikalangan generasi muda merupakan salah satu dampak negatif yang di timbulkan dari perkembangan Ipteks. Penyalahgunaan narkoba merupakan pola hidup hedonis atau glamor yang merupakan gaya hidup yang melanda kaum muda saat ini. Penyalah gunaan narkoba dan hedonis merupakan salah satu ancaman terhadap negara yang harus dihilangkan karena mengancam kelangsungan hidup bangsa.

9. D → Pembahasan: Hedonisme, yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi. Hal ini membuat manusia suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya tersebut, meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Seperti mabuk-mabukan, seks bebas, foya-foya dan sebagainya. Kondisi tersebut merupakan salah satu ancaman terhadap Negara Indonesia. Hedonisme adalah ancaman dalam bidang sosial budaya.

10. C → Pembahasan: Pemahaman terhadap nilai-nilai kebhinekaaan dalam bentuk wawasan kebangsaan sudah menurun. Ini dapat dicermati adanya beberapa fenomena peristiwa pada kehidupan masyarakat yang terjadi di berbagai daerah pada akhir-akhir ini, baik berupa perkelahian massal antar kelompok kepentingan akibat pemekaran wilayah, berebut lahan kehidupan, selisih paham antar pemuda /pelajar termasuk mahakalian dan lainnya.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS PKN Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.