Soal Pelayanan Informasi Obat (PIO) – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan farmasi dan profesi apoteker, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi Pelayanan Informasi Obat (PIO).
*(Disertai Kunci Jawaban dan File Bisa di download di akhir soal)
Soal dan Kunci Jawaban Pelayanan Informasi Obat (PIO)
Untuk memudahkan anda dalam mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:
Pelayanan Informasi Obat (PIO) merupakan kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat, tidak bias, terkini dan komprehensif yang dilakukan oleh farmasis kepada dokter, farmasis, perawat, profesi kesehatan lainnya serta pasien dan pihak lain di luar Rumah Sakit.
Tujuan PIO adalah:
- Menyediakan informasi mengenai obat kepada pasien dan tenaga kesehatan di lingkungan Rumah Sakit dan pihak lain di luar Rumah Sakit.
- Menyediakan informasi untuk membuat kebijakan yang berhubungan dengan obat/sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai, terutama bagi Panitia Farmasi dan Terapi.
- Menunjang penggunaan obat yang rasional.
Kegiatan PIO meliputi:
- Menjawab pertanyaan,
- Menerbitkan buletin, leaflet,poster, newsletter,
- Menyediakan informasi bagi Panitia Farmasi dan Terapi sehubungan dengan penyusunan Formularium Rumah Sakit,
- Bersama dengan Tim Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) melakukan kegiatan penyuluhan bagi pasien rawat jalan dan rawat inap,
- Melakukan pendidikan berkelanjutan bagi tenaga kefarmasian dan tenaga kesehatan lainnya
- Melakukan penelitian
Pelayanan informasi obat oleh farmasis pada hakikatnya adalah aplikasi dari ilmu komunikasi. Untuk itu, metode yang dapat digunakan dalam pelayanan resep dokter adalah menggunakan 3 pertanyaan dasar yang disampaikan kepada pasien sebelum melakukan PIO.
- Apa yang telah dokter katakan tentang obat Anda?
- Apa yang dokter jelaskan tentang harapan setelah minum obat ini?
- Bagaimana penjelasan dokter tentang cara minum obat ini?
Pengajuan ketiga pertanyaan di atas dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi pemberian informasi yang tumpang tindih (menghemat waktu), mencegah pemberian informasi yang bertentangan dengan informasi yang telah disampaikan oleh dokter.
Soal Pilihan Ganda
Penting! Bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!
1) Yang bukan sasaran PIO adalah ….
A. Farmasis
B. Dokter
C. Sanitarian
D. Perawat
2) Pustaka utama yang digunakan sebagai sumber informasi obat adalah ….
A. Pustaka primer
B. Pustaka sekunder
C. Pustaka tersier
D. Pustaka quarter
3) Setelah terjadi interaksi antara penanya dan pemberi jawaban, maka kegiatan tersebut harus ….
A. Dibuang saja
B. Dibagikan ke pasien tersebut
C. Disebarluaskan
D. Didokumentasikan
4) Yang tidak termasuk kegiatan PIO adalah ….
A. Mendistribusikan obat yang akan digunakan pasien rawat inap
B. Menjawab pertanyaan
C. Menerbitkan buletin, leaflet, poster, newsletter
D. Menyediakan informasi bagi Panitia Farmasi dan Terapi sehubungan dengan penyusunan Formularium Rumah Sakit
5) Pelayanan informasi obat oleh farmasis pada hakikatnya adalah aplikasi dari ilmu ….
A. Etika
B. Komunikasi
C. Sosial
D. Manajemen
6) Yang bukan 3 pertanyaan dasar yang disampaikan kepada pasien sebelum melakukan PIO adalah ….
A. apa yang telah dokter katakan tentang obat Anda?
B. apa yang dokter jelaskan tentang harapan setelah minum obat ini?
C. bagaimana penjelasan dokter tentang cara minum obat ini?
D. apa dokter jelaskan tentang harga obat yang Anda akan beli
7) Sumber informasi obat yang termasuk kategori pustaka primer adalah ….
A. Medline yang berisi abstrak-abstrak tentang terapi obat
B. Laporan kasus
C. International Pharmaceutikal Abstract yang berisi abstrak penelitian kefarmasian
D. Poster, leaflet
8) Pelayanan informasi obat (PIO) dilatarbelakangi oleh ….
A. sumber informasi obat yang kurang
B. banyaknya jumlah obat yang ada di pasaran
C. Terbatasnya jumlah tenaga kesehatan di RS
D. harga obat terlalu mahal
9) Yang tidak termasuk ruang lingkup PIO adalah ….
A. pelayanan informasi obat untuk mendukung kegiatan panitia farmasi dan terapi
B. pelayanan informasi obat dalam bentuk publikasi
C. pelayanan informasi obat untuk edukasi
D. pelayanan informasi obat untuk fasilitas ruangan di RS
10) Kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat, tidak bias, terkini dan komprehensif yang dilakukan oleh farmasis disebut ….
A. PIO
B. EPO
C. PKMRS
D. MESO
Kunci Jawaban
1) C
2) A
3) D
4) A
5) B
6) D
7) B
8) B
9) D
10) A
Download Soal dan Jawaban Gratis
Jika menginginkan file soal, kami menyediakan untuk di unduh secara gratis, silahkan klik tombol unduh yang kami tampilkan di bawah ini, secara otomatis anda akan diarahkan ke halaman untuk mempersiapkan file (ikuti Petunjuknya)!
SIMAK JUGA!
Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan farmasi dan profesi apoteker yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar agar mendapatkan nilai yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!