Soal Pengantar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

soal pengantar proklamasi kemerdekaan indonesia

Soal Pengantar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.12 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengantar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Advertisements

Rangkuman Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pada awal pendudukannya, Jepang bersikap baik dan ramah kepada rakyat Indonesia, Jepang yang manis dan ramah itu ternyata hanya palsu belaka.

Bacaan Lainnya

Kenyataannya sikap dan tindakan Jepang mulai keras, kejam, dan semena mena dan menguras habis sumber daya alam, akibatnya rakyat mengalami penderitaan yang lebih berat daripada zaman penjajahan Belanda. Kehidupan bangsa Indonesia yang mengalami penderitaan itu diakibatkan oleh kebijakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pendudukan Jepang.

Kebijakan di bidang sosial: adanya pemaksaan rakyat Indonesia untuk melakukan penghormatan kepada dewa matahari dengan cara membungkukan badan ke arah matahari terbit, Jepang membentuk pusat kebudayaan yang digunakan Jepang untuk mengawasi dan mengarahkan kegiatan para seniman agar karya-karyanya tidak menyimpang dari kepentingan Jepang.

Dalam bidang militer Jepang membentuk organisasi organisasi militer dan semi militer diantaranya heiho, peta, suishintai, seinendan, keibodan, fujinkai, hizbullah, seinentai, dan gakutotai. Dalam bidang pendidikan Jepang menerapkan pendikan yang masih berkembang sampai dengan sekarang yaitu pendidikan 12 tahun, selain untuk mendidik siswa Jepang juga membuat pelatihan bagi guru guru dengan tujuan menyamakan pandangan untuk mewujudkan tujuan Jepang dalam memenangkan perang Asia Timur Raya.

Namun sebagian besar kebijakan tersebut akhirnya mendapatkan perlawanan dari bangsa Indonesia ditambah lagi Jepang semakin terdesak dalam front peperangan akhirnya kekuatan Jepang semakin melemah, kondisi ini dimanfaatkan oleh Amerika Serikat dengan meluncurkan serangan pemboman terhadap kota industri Jepang yaitu Hirosima dan Nagasaki.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia, akhirnya Indonesia dapat memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Peristiwa Rengasdengklok terjadi setelah adanya perbedaan pendapat antara Soekarno dan Hatta dengan para golongan pemuda mengenai waktu pelaksanaan proklamas. maksud para pemuda menculik Sukarno dan Hatta yang diungsikan ke Rengasdengklok adalah …

A. para pemuda sudah tidak percaya pada kedua tokoh tersebut

B. agar kedua tokoh itu aman dari intervensi dan pengaruh Jepang

C. agar kedua tokoh itu tidak jadi memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

D. para pemuda ingin memerdekakan lndonesia tanpa peran kedua tokoh tersebut

E. agar kedua tokoh itu selamat dari serangan Belanda yang ingin berkuasa kembali

2. Kalimat pertama dari proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai pernyataan kebebasan berbunyi …

A. Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa

B. Dengan ini kami bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia

C. Kami bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia

D. Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia

E. Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak bangsa Indonesia

3. Berita proklamasi diterima secara tidak bersamaan di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini terjadi sebagai akibat dari… 

A. masyarakat sebagian besar masih buta aksara

B. para pemimpin Indonesia masih bersidang di PPKI

C. terhalang oleh pemerintahan Jepang yang ada di Indonesia

D. para pahlawan berusaha untuk mempertahankan kemerdekaan

E. keadaan geografis yang sulit serta belum majunya teknologi informasi

4. Kehadiran pemuda secara spontan di lapangan Ikada pada tanggal 17 Agustus 1945 menunjukan sikap….

A. sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara

B. keberanian untuk melakukan perlawanan terhadap pasukan Jepang

C. keingintahuan untuk menyaksikan para pemimpin bangsa Indonesia

D. kesadaran untuk memberi dukungan terhadap proklamasi kemerdekaa

E. keterpaksaan mengikuti himbauan Barisan Pelopor untuk mendengarkan proklamasi

5. Sesuai dengan keputusan sidang PPKI wilayah RI dibagi atas beberapa daerah propinsi dengan tujuan untuk …

A. mempersempit ruang gerak pemerintah

B. mempercepat proses jalannya pemerintahan

C. memberikan kebebasan pada para pemimpin

D. menghindari kekuatan besar dari pemerintah pusat

E. mempermudah pengawasan dan pembayaran pajak

6. Perhatikan informasi berikut!

1. Menetapkan 12 kementrian Negara

2. Menetapkan Undang-undang Dasar

3. Menetapkan presiden dan wakil presiden

4. Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR)

5. Pembentukan Komite Nasional

Ketetapan yang dihasilkan pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah …

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 2 dan 4

C. 1, 3 dan 4

D. 2, 3 dan 5

E. 3, 4 dan 5

7. Perhatikan informasi berikut!

1. Menetapkan 12 kementerian Negara

2. Membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI)

3. Menetapkan presiden dan wakil presiden

4. Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR)

5. Menetapkan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Ketetapan yang dihasilkan pada sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 adalah …

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 2 dan 4

C. 1, 3 dan 4

D. 2, 4 dan 5

E. 3, 4 dan 5

8. Berbagai lembaga kemudian dibentuk untuk melengkapi dan melancarkan jalannya pemerintahan Republik Indonesia. Salah satunya adalah KNIP. Tujuan khusus pembentukan KNIP oleh PPKI adalah … 

A. lembaga yang membentuk UUD

B. lembaga yang ditujukan untuk mempertahankan Negara

C. badan yang membantu dalam menjaga keamanan umum

D. badan yang membantu presiden dalam menjalankan tugasnya

E. sebagai Dewan pertimbangan presiden

9. Manakah pernyataan di bawah ini yang merupakan peran Sukarni pada peristiwa proklamasi Indonesia!

A. Mengajukan ide teks proklamasi harus ditanda tangani oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia

B. Mendengar informasi kekalahan Jepang

C. Mengetik teks proklamasi yang disusun oleh Soekarno, Hatta dan Ahmad Subarjo

D. Memberikan jaminan kemerdekaan dilaksanakan paling lambat tanggal 17 Agustus 1945 pukul 12.00 WIB

E. Bertugas membawa Soekarno Hatta ke Rengasdengklok supaya tidak terpengaruh pemerintahan Jepang.

10. Perhatikan data-data berikut!

1. sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia

2. Indonesia sejajar dengan bangsa besar lainnya

3. jembatan emas menuju cita-cita nasional

4. puncak pergerakan nasional Indonesia

5. lahirnya negara Indonesia yang sejahtera

Dari penyataan tersebut diatas adalah arti penting dari proklamasi bangsa Indonesia, seperti yang ditunjukkan oleh nomer …

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 3 dan 4

C. 2, 3 dan 4

D. 2, 4 dan 5

E. 3, 4 dan 5

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan: Golongan muda yang diwakili Darwis dan Wikana menghadap Soekarno dan Hatta untuk menyampaikan keputusan pertemuan. Namun, Soekarno dan Hatta menolak. Mereka mengatakan bahwa proklamasi kemerdekaan tidak bisa dilakukan secara gegabah dan harus menunggu Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang telah dibentuk. Karena tidak adanya titik temu membuat golongan muda kembali melakukan rapat di Asrama Baperpi (Kebun Binatang Cikini) hari itu juga. Hasilnya, mereka sepakat untuk menjauhkan Soekarno dan Hatta agar tak mendapat pengaruh Jepang.

2. D → Pembahasan: Kalimat pertama pada naskah teks proklamasi yaitu “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia” dikutip Achmad Soebardjo dari rumusan sidang BPUPKI (Dokuritsu Junbi Chosakai).

3. E → Pembahasan: Karena kakeadaan geografis yang sulit terutama diluar Jawa serta belum majunya teknologi informasi maka penyebaran berita proklamasi dilakukan secara bertahap dan dengan melalaui beberapa cara seperti melalui siaran radio, media cetak, dan sarana sarana lain.

4. D → Pembahasan: Kehadiran pemuda secara spontan di lapangan Ikada pada tanggal 17 Agustus 1945 menunjukan sikap kesadaran diri untuk memberi dukungan terhadap proklamasi kemerdekaan.

5. B → Pembahasan: Sesuai dengan keputusan sidang PPKI wilayah RI dibagi atas beberapa daerah propinsi dengan tujuan untuk mempercepat proses jalannya pemerintahan. Provinsi yang ada ketika itu yaitu : Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Maluku, Sulawesi, Kalimantan.

6. D → Pembahasan:

Hasil idang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

  • Menetapkan Undang-undang Dasar
  • Menetapkan presiden dan wakil presiden
  • Pembentukan Komite Nasional

7. D → Pembahasan:

Hasil sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945

  • Membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI)
  • Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR)
  • Menetapkan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

8. A → Pembahasan: Tugas pertama KNIP adalah membantu tugas kepresidanan. Namun, kemudian diperluas tidak hanya sebagai penasehat presiden, tetapi juga mempunyai kewenangan legislative, dengan tugas khusus KNIP sebelum DPR/MPR terbentuk diserahi ke kuasaan legislatif untuk membuat undang-undang dan ikut menetapkan Garis-Garis Besar Halunan Negara (GBHN).

9. A → Pembahasan: Setelah konsep teks proklamasi ditunjukan kepada yang hadir timbulah masalah mengenai siapa yang akan menandatanganinya. Ir Sukrano menyarankan pada peserta rapat agar bersama sama menandatangani naskah proklamasi selaku wakil wakil bangsa Indonesia. Namun, usulan tersebut ditentang golongan muda. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani naska proklamasi adalah Sukarno – Hatta atas nama bangsa Indonesia. Usul tersebut disetujui hadirin dan akhirnya atas usulan Sukarni tersebut teks proklamasi ditandatangani oleh Sukarna Hatta atas nama bangsa Indonesia.

10. D → Pembahasan:

Arti penting proklamasi:

  • Indonesia sejajar dengan bangsa besar lainnya
  • puncak pergerakan nasional Indonesia
  • lahirnya negara Indonesia yang sejahtera

Demikian prediksi soal dan jawaban terkait pengantar proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *