Soal Tahapan Perkembangan Demokrasi di Indonesia

soal tahapan perkembangan demokrasi di indonesia

Soal Tahapan Perkembangan Demokrasi di Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.9 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang tahapan perkembangan demokrasi di Indonesia.

Rangkuman Materi Tahapan Perkembangan Demokrasi di Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pelaksanaan demokrasi di Indonesia mengalami sejarah yang panjang. Semenjak Indonesia merdeka, demokrasi dipilih sebagai sistem yang diperuntukkan bagi pengelolaan negara dan pemerintahan. Perkembangan demokrasi di Indonesia diawali paada periode Demokrasi Liberal, periode Demokrasi Terpimpin dan periode Demokrasi di Orde baru, serta periode demokrasi di era Reformasi.

Bacaan Lainnya

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Pada tahun 1955 diadakan pemilu untuk pertama kalinya dan dimenangkan oleh PNI dengan suara terbanyak. Siapakah perdana menteri kabinet pada tahun tersebut yang berhasil melaksanakan pemilu …

A. Juanda

B. Burhanudin Harahap

C. M. Natsir

D. Ali Sastroamijoyo

E. Sutan Sjahrir

2. Salah satu ciri dari demokrasi parlementer adalah seringkali terjadinya perubahan kabinet, mengapa hal ini dapat terjadi …

A. banyaknya kepentingan partai yang dibawa masuk ke dalam birokrasi parlemen

B. para anggota kabinet banyak yang belum menguasai cara kerja di parlemen

BACA JUGA:  Soal Interpretasi Ekspalanasi dan Penulisan Sejarah Historigrafi

C. adanya perbedaan cara berpikir yang terjadi antara Soekarno dan Moh. Hatta

D. jarang terjadi kata mufakat antara anggota dalam sidang kabinet

E. peran Sukarno yang hanya sebatas kepala negara

3. Setelah berkeinginan untuk menerapkan pemikirannya dalam demokrasi di Indonesia, Sukarno selaku presiden ingin mengembalikan UUD 1945 sebagai dasar hukum Negara pada saat itu. Tokoh militer yang mendukung dan berperan dalam mengusung kembalinya UUD tersebut adalah … 

A. Jendral Soedirman

B. Abdul Haris Nasution

C. Bambang Soepeno

D. Soeharto

E. Muldoko

4. Pada tanggal 19 Desember 1961, Presiden Sukarno mengumumkan komando konfrontasi secara militer dengan sebutan Trikora. Alasan  presiden mengeluarkan komando Trikora tersebut …

A. mengembalikan Irian Jaya ke dalam NKRI

B. menyerang pihak Belanda dengan kekuatan militer

C. untuk mendapatkan simpati dari Negara blok timur

D. kegagalan mengusir Belanda sepenuhnya di Indonesia

E. supaya bisa meluaskan arena NKRI

5. Salah satu dari enam agenda reformasi adalah …

A. Bubarkan PKI

B. Pembubaran DPR-MPR

C. Pemberlakuan Undang Undang Darurat Militer

D. Pemberantasan Korupsi, Kolusi, Nepotisme

E. Pembangunan lima tahun

6. Presiden Soeharto mengucapkan pidato pengunduran diri sebagai presiden pada tanggal…

A. 12 Mei 1998

B. 21 Mei 1998

C. 1 Januari 1997

D. 30 September 1965

E. 5 Juli 1959

7. Manakah agenda reformasi dibidang politik militer…

A. Penguatan badan pertahanan Nasional

B. Menaikkan anggaran pertahanan

C. Pemisahan peran TNI dan Polisi

D. Menghapus Dwi Fungsi ABRI

E. Memperbanyak senjata keamaan nasional

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan: Program kerja Kabinet Burhanuddin Harahap, hasil yang paling menonjol adalah ketika mampu menyelenggarakan pemilihan umum untuk yang pertama kalinya di Indonesia. Pemilihan Umum pertama yang diselenggarakan di Indonesia dilaksanakan pada tanggal 29 September 1955, untuk memilih anggota DPR, dan pada tanggal 15 Desember 1955 untuk memilih anggota konstituante.

BACA JUGA:  Soal Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia

2. A → Pembahasan: Penyebab utama sering terjadinya pergantian kabinet dalam masa demokrasi parlementer adalah perselisihan antara partai politik, kekuatan partai politik hampir berimbang dalam parlemen yang memiliki kekuatan sama.

3. B → Pembahasan: Terdapat tiga kekuatan besar pada masa demokrasi terpimpin, yaitu militer, partai politik sekuler nasional dan partai politik keagamanan yang saling memperebutkan pengaruhnya kepada presiden.

4. A → Pembahasan: latar belakang dikeluarkannya trikora karena Belanda tetap tidak mau menyerahkan Irian barat dan malah memperkuatnya.

5. D → Pembahasan: Enam agenda reformasi ; Pengadilan terhadap Soeharto dan pengikutnya, amandemen UUD 1945, otonomi Daerah, menghapus Dwifungsi ABRI, menghapuskan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, dan menegakkan Supremasi Hukum.

6. B → Pembahasan: Presiden Soeharto didampingi wakilnya, BJ Habibie, membacakan pidato pengunduran dirinya sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998. Soeharto yang telah menjadi presiden Indonesia selama 32 tahun mundur setelah runtuhnya dukungan untuk dirinya.

7. D → Pembahasan: Pengadilan terhadap Soeharto dan pengikutnya, amandemen UUD 1945, otonomi Daerah, menghapus Dwifungsi ABRI, menghapuskan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, dan menegakkan Supremasi Hukum.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.