Soal Pengaruh Budaya Hindu Budha di Indonesia

soal pengaruh budaya hindu budha di Indonesia

Soal Pengaruh Budaya Hindu Budha di Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang pengaruh budaya hindu budha di Indonesia.

Rangkuman Materi Pengaruh Budaya Hindu Budha di Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Masuknya budaya dari India baik yang bercorak Hindu maupun Budha tidak terlepas dari terjadi perubahan jalur lalu lintas pelayaran dagang antara India dengan Cina pada abad 1 yang semula pedagang pedagang baik dari India ke Cina maupun sebaliknya menggunakan jalan darat atau yang dikenal dengan jalan sutera (The Silk Road), beralih menggunakan jalur darat.

Bacaan Lainnya

Proses interaksi antara pedagang pedagang India dengan masyarakat di nusantara bersifat akulturasi yaitu bertemunya dua unsur kebudayaan yang dapat hidup saling berdampingan serta saling mengisi tanpa menghilangkan unsur unsur asli dari kedua kebudayaan tersebut. Terjadinya akulturasi antara kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan India adalah karena kebudayaan Hindu – Budha yang masuk ke Indonesia tidak diterima.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Masuknya budaya India ke Indonesia berjalan secara damai sehingga mampu memperkaya budaya bangsa Indonesia, serta berpengaruh di berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Satu diantara contoh pengaruh tersebut di bidang politik adalah …

A. berubahnya sistem pemerintahan kesukuan ke kerajaan

B. munculnya tradisi tulisan, seni bangunan, dan seni sastra

BACA JUGA:  Soal Peradaban Awal Masyarakat Indonesia

C. tumbuh dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha

D. berkembangnya sistem perdagangan dan pelayaran

E. munculnya stratifikasi dalam kehidupan masyarakat

2. Proses penyesuaian pengaruh kebudayaan India dengan kebudayaan Indonesia sangat ditentukan oleh kemampuan Local Genius bangsa Indonesia. Pernyataan yang menggambarkan adanya Local Genius tersebut adalah …

A. relief candi menggambarkan alam yang terdapat di India

B. candi di Indonesia memiliki kesamaan dengan candi yang terdapat di India

C. kitab Mahabharata dan Ramayana merupakan karya pujangga dari Indonesia

D. relief candi yang menggambarkan kisah pewayangan dari India

E. bangunan candi memiliki dasar yang berbentuk punden berundak

3. Perhatikan kondisi berikut :

1. mengenal sistim huruf

2. memilki kepandaian mengecor logam

3. menguasai tekhnik bercocok tanam padi

4. perkembangan sistem pemerintahan Kerajaan

5. perkembangna ajaran Hindu – Budha

Yang merupakan pengaruh masuknya budaya India bagi perkembangan budaya di Indonesia adalah pada nomor …

A. 1,3 dan 4

B. 1,3 dan 5

C. 1,4 dan 5

D. 1,2 dan 3

E. 3,4 dan 5

4. Menurut Brandes terdapat 10 unsur budaya asli bangsa Indonesia yang sudah ada sebelum adanya pengaruh India, ketika pengaruh agama dan budaya India di Indonesia berlangsung damai, tidak menghilangkan budaya asli bangsa justru menyuburkan. Satu diantara unsur budaya asli Indonesia tersebut terlihat pada seni wayang dibuktikan dengan …

A. cerita dalam pertunjukan wayang

B. adanya tokoh punakawan

C. penggunaan bahasa Sanskerta

D. kitab ramayana dan mahabharata

E. dewa-dewa di kahyangan

5. Seni pertunjukan wayang adalah salah satu unsur budaya asli Indonesia yang setelah masuknya budaya Hindu – Budha terjadi akulturasi. Wujud akulturasi budaya Indonesia dengan budaya Hindu – Budha dalam seni Pertunjukan wayang terdapat pada …

A. Peralatannya

B. Dalangnya

C. tempat pagelarannya

D. cerita dan tokohnya

E. waktu pertunjukannya

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. A → Pembahasan: Satu diantara pengaruh India di Nusantara dibidang politik adalah berubahnya sistem pemerintahan kesukuan ke kerajaan. Akibatnya perawisan kekuasaan juga berdasarkan keturunan (genealogi) bukan lagi karena kemampuan seperti zaman praaksara.
  2. E → Pembahasan: Adanya pengaruh India di Indonesia tidak serta merta menghilangkan jadi diri atau unsur budaya asli bangsa Indonesia justru semakin menyuburkan maka dari itu melahirkan local genius. Hal ini dapat dilihat dalam bangunan candi memiliki dasar yang berbentuk punden berundak.
  3. C → Pembahasan: Wujud akulturasi budaya India dengan budaya Indonesia terlihat pada bidang bidang seni bangun yang merupakan perpaduan Stupa dengan penden berundak undak, seni pertunjukan wayang , seni rupa , sistem pemerintahan kerajaan , system huruf, system kepercayaan Hindu Budha.
  4. B → Pembahasan: Menurut Brandes terdapat 10 unsur budaya asli bangsa Indonesia yang sudah ada sebelum adanya pengaruh India, yaitu bersawah, pelayaran, seni gamelan, batik, membuat barang dari logam, aturan metrik, barter, astronomi, susunan masyarakat yang teratur dan wayang yang dibuktikan dengan adanya tokoh punakawan yang tidak ditemukan di cerita Mahabharata India.
  5. D → Pembahasan: Wayang adalah salah satu unsur budaya asli Indonesia, sebelum datangnya budaya India ceritanya adalah cerita asli Indonesia dengan tokoh tokoh pewayangan yang sudah sangat dikenal masyarakat seperti Semar, Petruk, Gareng dan lain lain, Tokoh tokoh tersebut adalah hasil kreasi dari local genius masyarakat Indonesia dan dibuat untuk menambah rasa local dalam cerita pewayangan. Sedangkan setelah masuknya budaya dari India ceritanya mengambil cerita India seperti Ramayana dan Mahabrata dengan tokoh Rama, Shinta, Gatotkaca, Bima, Basudewa dan lain lain.
BACA JUGA:  Soal Ciri-Ciri Historiografi Tradisional

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.