Soal Pengaruh Perang Dunia I dan Lahirnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB)

soal pengaruh perang dunia I dan lahirnya liga bangsa-bangsa (LBB)

Soal Pengaruh Perang Dunia I dan Lahirnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengaruh perang dunia I dan lahirnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB).

Rangkuman Materi Pengaruh Perang Dunia I dan Lahirnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB)

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Perang Dunia I berakhir pada 11 November 1918 dan ditandai adanya penandatanganan perjanjian Versailles di Perancis pada 20 Januari 1919.
  • Perang Dunia I mengakibatkan kemunduran Eropa di segala bidang, kehancuran 4 kekaisaran besar dunia, berkembangnya ideologi komunisme, berkembangnya fasisme, lahirnya konflik di Palestina.
  • Pengaruh Perang Dunia I bagi dunia antara lain adalah munculnya Liga Bangsa-Bangsa yang bertugas menjaga perdamaian dunia.
  • Pengaruh Perang Dunia I bagi bangsa Indonesia cukup besar, khususnya dalam menguatkan usaha pergerakan nasional terkait dengan butir kesepuluh dari doktrin Wilson tentang hak untuk menentukan nasib sendiri (Right of Self-Determination).
BACA JUGA:  Soal Sejarah Sebagai Kisah dan Seni

Soal Essai

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Perang Dunia I diakhiri dengan pengajuan gencatan senjata yang diajukan oleh Jerman kepada Amerika Serikat, sebutkan minimal 5 dari 14 syarat/tuntutan yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat, yang kemudian dikenal dengan doktrin Wilson!
  2. Pengaruh Perang Dunia I antara lain adalah menyebabkan munculnya kekuatan Fasisme dalam politik dunia, jelaskanlah apa hubungan dari berakhirnya Perang Dunia I dengan kemunculan Fasisme!
  3. Salah satu dampak terjadinya Perang Dunia I adalah hancurnya 4 kekaisaran tua di Eropa, jelaskanlah mengapa 4 kekaisaran tersebut dapat hancur sebagai akibat dari Perang Dunia I!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. → Pembahasan: Doktrin Wilson terdiri dari 14 tuntutan.
  2. → Pembahasan: Berakhirnya Perang Dunia I ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian Versailles pada tahun 1919, yang merupakan perjanjian sangat merugikan bagi Pihak Jerman, dengan dibatasinya jumlah Angkatan Perang, didirikannya Republik Weimar, dilucuti daerah dan wilayahnya, serta diharuskan membayar kerugian dan ganti rugi perang kepada pihak sekutu (pemenang PD I) semua itu menjadi alasan dan bahan bakar bagi beberapa politikus Jerman untuk membakar dan menggelorakan kebangkitan dari Bangsa Jerman, rasa direndahkan pada Perjanjian Versailles dijadikan sebuah seruan untuk kemudian para politikus tersebut mengambil alih pemerintahan di Jerman dan berupaya membawa Jerman Kembali merebut harga dirinya yang dirasa sudah diinjak-injak pada Perjanjian Versailles.
  3. → Pembahasan: Kekaisaran Jerman, Austria-Hongaria dan Turki Usmani, runtuh akibat kekalahannya di Perang Dunia I, yang menyebabkan pemerintahan kekaisarannya harus berubah, serta adanya pergolakan dalam negeri (Turki Usmani) untuk kemudian merubah system pemerintahan bentuk negara secara total sehingga berbentuk Republik. Sedangkan Russia, mengalami kudeta berdarah yang mengambil alih kekuasaan secara paksa dari kekaisaran pada saat Perang Dunia I masih berlangsung.
BACA JUGA:  Soal Perkembangan Teknologi Luar Angkasa dan Persenjataan

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.