Soal Pengaruh Perang Dunia II dan Lahirnya PBB

soal pengaruh perang dunia II dan lahirnya PBB

Soal Pengaruh Perang Dunia II Dan Lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengaruh perang dunia ii dan lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Rangkuman Materi Pengaruh Perang Dunia II Dan Lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengaruh Perang Dunia II bagi dunia antara lain adalah hancurnya kekuatan-kekuatan besar dunia di kawasan Eropa Barat, kemerdekaan dari negara-negara jajahan Eropa khususnya di kawasan Asia dan Afrika, berkembangnya teknologi secara pesat, lahirnya PBB dan dimulainya era perang dingin.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Soal Cara Berpikir Diakronik

PBB merupakan organisasi internasional yang didirikan pada 26 Juni 1945 melalui Piagam San Fransisco dan ditandatangain oleh 50 negara anggota asli PBB dengan 5 negara pendiri yang memiliki hak Veto.

Hak Veto adalah hak istimewa yang dimiliki negara pendiri PBB untuk menganulir atau membatalkan segala keputusan, resolusi, atau usulan apapun yang dihasilkan dalam organisasi PBB.

Pengaruh Perang Dunia II bagi Indonesia adalah, munculnya periode pendudukan Jepang yang memberikan kesempatan bagi kaum pergerakan nasional dan pendiri Bangsa Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Soal Essai

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan satu jawaban yang paling benar!

  1. Sebutkanlah 3 (tiga) negara-negara Eropa Barat yang mengalami kehancuran paling besar akibat Perang Dunia II!
  2. Sebutkan 5 (lima) negara pemenang Perang Dunia II yang menjadi anggota pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa!
  3. Mengapa Perang Dunia II dikatakan berdampak pada munculnya kemerdekaan-kemerdekaan bagi bangsa-bangsa di kawasan Asia-Afrika yang sebelumnya dijajah oleh bangsa-bangsa Eropa!
  4. Mengapa ketegangan muncul diantara dua kekuatan besar, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet, selepas mereka memenangkan Perang Dunia II!
BACA JUGA:  Soal Sejarah Sebagai Kisah dan Seni

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. → Pembahasan: Perancis, Jerman, Inggris, Belanda, Belgia, Denmark, Italia.
  2. → Pembahasan: Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Uni Soviet, dan China.
  3. → Pembahasan: Karena Perang Dunia II melemahkan kekuatan para kaum penjajah Eropa di tanah jajahannya sehingga memungkinkan berbagai upaya memerdekakan bangsanya dari penjajahan mendapatkan momentumnya.
  4. → Pembahasan: Karena adanya perbedaan ideologi dan pandangan mengenai bagaimana dunia ini harus dibangun kembali selepas Perang Dunia II.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.