Soal Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia

soal pengaruh revolusi amerika, perancis, cina, dan rusia

Soal Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengaruh revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia bagi kehidupan umat manusia masa kini.

Rangkuman Materi Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia Bagi Kehidupan Umat Manusia Masa Kini

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Revolusi Amerika merupakan salah satu revolusi besar dunia yang berpengaruh terhadap umat manusia. Di Eropa, Revolusi Amerika ini menjadi inspirasi terjadinya Revolusi Perancis. Rakyat Perancis secara bersama-sama bersatu menyerang dan menguasai penjara Bastille sebagai salah satu upaya menggulingkan kekuasaan Louis XVI yang absokut. Revolusi Amerika ini juga mempengaruhi wilayah-wilayah lainnya di dunia. Di Amerika Latin, pengaruh Revolusi Amerika mendorong negara-negara di kawasan itu untuk melepaskan diri dari ikatan penjajahan.

Bacaan Lainnya

Revolusi Amerika mempunyai pengaruh yang besar terhadap pelaksanaan hak asasi manusia dan pelaksanaan pemerintahan demokrasi di dunia. Hal ini dikarenakan Reformasi Amerika merupakan peperangan untuk mempertahankan kebebasan, kemerdekaan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Di Indonesia semangat Revormasi Amerika mempengaruhi pergerakan nasional di Indonesia. Pengaruh tersebut lebih bersifat pada paham-paham tentang hak bagi setiap bangsa untuk memperoleh kemerdekaan dan kedaulatan.

Revolusi Prancis telah mengilhami perjuangan bangsa-bangsa terjajah di Asia-Afrika termasuk Indonesia. Nasionalisme di Asia-Afrika, termasuk Indonesia muncul sebagai akibat dari penindasan yang dilakukan oleh negara-negara imperialism Barat.

Dalam masa pergerakan nasional zas-azas demokrasi seperti yang diperjuangkan oleh rakyat Prancis, dicoba untuk digerakkan oleh kaum bumi putera. Pada 20 September 1939 Gabungan Politik Indonesia (GAPI) menyampaikan gagasannya yang dikenal dengan “manifestaasi GAPI” yang isinya mengajak Indonesia dan Belanda untuk bekerja sama untuk menghadapi bahaya fasisme.

Pengaruh revolusi Cina terhadap bangsa Indonesia terlihat saat menghadapi penjajahan kolonial Belanda.

Munculnya gerakkan nasionalisme Cina diawali dengan terjadinya pemberontakkan taiping dan selanjutnya disusul dengan pemberontakkan Boxer. Gerakkan ini selanjutnya berimbas kepada bangsa Indonesia dengan munculnya gerakan kebangkinan nasional yang diawali dengan berdirinya Budi Utomo.

Revolusi yang terjadi di Rusia telah membawa perubahan besar terhadap ideologyyang berkembang di dunia.sejak saat itu komunis di Eropa dikendalikan oleh Rusia. Mereka terus berusaha menyebarkan pahamnya.

Di Indonesia Revormasi di Rusia terlah menyebabkan masuknya pengaruh Mexisme dan komunis di Indonesia. Di awali dengan  pembentukan ISDV pengaruh Mexisme dan komunis mempengaruhi kaum terpelajar.

BACA JUGA:  Soal Sejarah Sebagai Kisah dan Seni

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Pengaruh Revolusi Perancis terhadap perkembangan sejarah Indonesia adalah sebagai beikut.

A. Indonesia jatuh ke tangan penajajahan Belanda-Perancis dibawah Herman Willem Daendels

B. Penerapan paham liberalisme dalam perekonomian di Indonesia

C. Penghapusan feodalisme, sehingga para bupati hanya dijadikan pegawai negeri oleh pemerintah kolonial

D. Meluasnya paham nasionalisme di kalangan pergerakan nasional

E. Meluasnya paham sosialisme-komunisme di kalangan kaum pergerakan nasional

2. Pengaruh Revolusi Rusia di bidang idiologi adalah …

A. Berkembangnya faham komunis ke seluruh dunia

B. Munculnya partai komunis di Rusia

C. Lenyapnya Komunisme di dalam tubuh partai di Rusia

D. Munculnya tokoh-tokoh pembaharu di Rusia

E. Adanya gerakan komunis yang menentang pemerintah

3. Pengaruh perang kemerdekaan Amerika dari Inggris memberikan pengaruh kepada rakyat Perancis, yaitu …

A. Perancis adalah untuk rakyat Perancis tidak ada hubungannya dengan kerajaan Inggris

B. Dipujanya Napoleon Bonaparte sebagai pemimpin Perancis baru yang akan menyelamatkan negeri dari kesengsaraan

C. Runtuhnya pemerintahan Directoire yang kejam dan tidak adil

D. Semangat dan keberanian untuk membebaskan diri dari penindasan absolut Monarchi raja Perancis

E. Keberanian menantang dominasi perdagangan orang-orang Belanda di Perancis

4. Di Indonesia semangat Reformasi Amerika mempengaruhi pergerakan nasional di Indonesia, yaitu …

A. Masuknya faham komunis di Indonesia

B. Bupati atau kepala daerah dijadikan sebagai pegawai pemerintah Daendels

C. Pengaruh tersebut lebih bersifat pada paham-paham tentang hak bagi setiap bangsa untuk memperoleh kemerdekaan dan kedaulatan.

D. Di Indonesia Revormasi Amerika terlah menyebabkan masuknya pengaruh Mexisme

E. Beberapa tokoh politik Indonesia diangkat oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai anggota Volksraad

5. Semboyan bangsa Perancis yang masuk dan berkembang di kalangan rakyat Hindia Belanda adalah …

A. Gold, Glory, dan Gospel

B. Vini, Vidi, Vici

C. Siyap, bertahan, dan serang

D. Berlayar, datang, dan kuasai

E. Liberte, egalite, dan frathernite

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. D → Pembahasan: Dalam masa pergerakan nasional zas-azas demokrasi seperti yang diperjuangkan oleh rakyat Prancis, di coba untuk digerakkan oleh kaum bumi putera. Pada 20 September 1939 Gabungan Politik Indonesia (GAPI) menyampaikan gagasannya yang dikenal dengan “manifestaasi GAPI” yang isinya mengajak Indonesia dan Belanda untuk bekerja sama untuk menghadapi bahaya fasisme. Kerja sama itu akan berhasil apabila rakyat Indonesia diberikan suatu pemerintahan yang bertanggung jawab kepada parlemen yang dipilih rakyat. namun, upaua GAPI ini hanya ditanggapi dengan pembentukan Komisi Visman. Namun, komisi ini pun tidak mampu memberikan apa yang diperjuagkan oleh GAPI sampai akhirnya Indonesia jatuh ke tangan Jepang.
  2. A → Pembahasan: Di Indonesia Revormasi di Rusia terlah menyebabkan masuknya pengaruh Mexisme dan komunis di Indonesia. Di awali dengan pembentukan ISDV pengaruh Mexisme dan komunis mempengaruhi kaum terpelajar. ISDV yang kemudian mengubah nama menjadi Partai Komunis Hindia dan kemudian berubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI). PKI merupakan partai yang bersikap radikal dengan enggan bekerjasama dengan pemerintah. Pada tahun 19626 PKI melakukan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda, tetapi upaya ini gagal. PKI merupakan partai yang bersikap keras dan tidak segan-segan berdemonstrasi dan melakukan terror terhadap rakyat yang dianggap tidak sejalan dengan ideologinya. Ketika Indonesia merdeka, pada 18 September 1948 PKI melancarkan pemberontakannya di Madiun namun berhasil ditumpas oleh TNI. Upaya yang sama kemudia terulang kembali pada 30 September 1965 dengan adanya peristiwa G-30-S/PKI.
  3. D → Pembahasan: Revolusi Amerika merupakan salah satu revolusi besar dunia yang berpengaruh terhadap umat manusia. Di Eropa, Revolusi Amerika ini menjadi inspirasi terjadinya Revolusi Perancis. Rakyat Perancis secara bersama-sama bersatu menyerang dan menguasai penjara Bastille sebagai salah satu upaya menggulingkan kekuasaan Louis XVI yang absokut. Revolusi Amerika ini juga mempengaruhi wilayah-wilayah lainnya di dunia. Di Amerika Latin, pengaruh Revolusi Amerika mendorong negara-negara di kawasan itu untuk melepaskan diri dari ikatan penjajahan.
  4. C → Pembahasan: Di Indonesia semangat Revormasi Amerika mempengaruhi pergerakan nasional di Indonesia. Pengaruh tersebut lebih bersifat pada paham-paham tentang hak bagi setiap bangsa untuk memperoleh kemerdekaan dan kedaulatan. Munculnya golongan terpelajar dan semakin luasnya hubungan antar bangsa, khususnya setelah dibukanya terusan Suez, telah membuka kesadaran akan perlunya hak asasi manusia. Kaum terpelajar berkesimpulan bahwa untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia tidak mungkin diperoleh dari tangan penjajah, melainkan harus diperhitungkan dengan kekuatan sendiri. Anggapan ini diyakini betul oleh organisasi-organisasi pergerakan nasional, seperti Indiche Partij, Perhimpunan Indonesia, dan PNI. Indiche Partij dalam tujuan organisasinya menyatakan bahwa hendak menumbuhkan dan meningkatkan integrasi semua golongan untuk memajukan tanah air yang dilandasi oleh jiwa nasional dan kehidupan rakyat yang merdeka. Sementara itu, Perhimpunan Indonesia secara lebih tegas menuliskan tujuan yaitu untuk memperoleh suatu pemerintahan untuk Indonesia. Hal ini dicapai tanpa meminta pertolongan siapa pun, juga tidak bekerja sama dengan pemerintah Kolonoal Belanda. Kemerdekaan Indonesia akan dicapai dengan aksi bersama yang serentak oleh rakyat Indonesia. PNI secara gambling menyatakan tujuannya “Indonesia Mereka”. Tujuan itu akan dicapai dengan asas “percaya pada diri sendiri”.
  5. E → Pembahasan: Liberte, Egalite, dan frathernite.
BACA JUGA:  Soal Kajian Ilmu Sejarah

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.