Soal Perang Dunia I dan Perang Dunia II

soal perang dunia I dan perang dunia II

Soal Perang Dunia I dan Perang Dunia II – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Rangkuman Materi Perang Dunia I dan Perang Dunia II

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Perang dunia I merupakan perang yang melibatkan negara-negara besar di Eropa dan terjadi pada tahun 1914 – 1919.
  • Pihak yang terlibat peperangan antara lain adalah aliansi-aliansi yang tergabung dalam Triple Entente (Inggris, Perancis, Rusia) dan Triple Alliance (Jerman, Austria-Hongaria, Italia) Pada perkembangan selanjutnya pada tahun 1915, Italia menyebrang ke pihak entente dan Turki Usmani/Ottoman masuk ke dalam aliansi Jerman dan Austria-Hongaria.
  • Penyebab umum dari Perang Dunia I antara lain adalah: Perlombaan senjata dan industri antar negara-negara di Eropa, Politik aliansi dan rasa etnosentrime yang berlebihan.
  • Penyebab khusus dari Perang Dunia I yang menjadi penyulut terjadinya perang adalah pembunuhan Putra Mahkota Austria-Hongaria, Franz Ferdinand di Sarajevo pada tahun 1914 oleh kelompok teroris yang dituding didukung oleh militer Serbia.
  • Perang Dunia II terjadi antara lain disebabkan oleh adanya ideologi Fasisme yang muncul di negara-negara Jerman, Jepang dan Italia, selain itu kegegalan LBB dan kebijakan Appeasement yang dilaksanakan oleh Inggris dan Perancis juga turut menyebabkan pecahnya perang dunia II.
  • Ideologi Fasisme muncul dan tumbuh subur di Jerman dan Italia sebagai akibat dari kekecewaan dari bangsa Jerman dan Italia semasa Perang Dunia I, selain itu pemimpin yang lemah dan peragu di kedua negara tersebut memuluskan jalan bagi Bennito Musssolini dan Adolf Hitlet menaiki kekuasaan di Italia dan Jerman.
  • Doktrin-doktrin yang berlaku di Jerman dan Jepang mengesahkan perbuatan kedua negara tersebut terhadap aneksasi-aneksasi yang dilakukan, doktrin tersebut antara lain adalah Lebensraum (Jerman) dan Hakko Ichiu (Jepang).
  • Kebijakan Appeasement adalah kebijakan mengalah yang dilakukan oleh Perancis dan Inggris untuk menghindari perang dan berharap Jerman tidak melanjutkan agresinya ke wilayah lain, kebijakan ini ternyata salah, Jerman tidak berhenti sama sekali terhadap usaha-usaha pendudukan ke negara lain.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Kondisi persaingan Industri dan militer antara Jerman dan Inggris sebenarnya juga didukung oleh masing-masing daerah koloni/jajahan di luar Eropa, sebagai salah satu negara yang memiliki wilayah jajahan paling luas di dunia, Inggris menitikberatkan pembangunan pertahanan angkatan lautnya, hal ini menurut Inggris sangat logis karena …

BACA JUGA:  Soal Ciri-Ciri Historiografi Tradisional

A. Inggris belum mempunyai teknologi pesawat terbang pada tahun 1910

B. Angkatan laut menjadi tradisi dan kebanggaan Inggris sejak masa abad pertengahan

C. Inggris menjajah India dan negara-negara Afrika yang memiliki cadangan kayu sangat besar untuk pembangunan kapal laut

D. Inggris memerlukan angkatan laut yang kuat karena merupakan negara kepulauan

E. Pembangunan Angkatan Laut merupakan kelemahan Jerman sehingga untuk mengimbangi kekuatan Jerman, Inggris perlu membangun hal yang Jerman tidak miliki

2. Bila dianalisis secara mendalam, faktor yang menyebabkan negara-negara di Eropa membentuk aliansi adalah karena ….

A. Ancaman dari negara sekutu

B. Rasa terancam terhadap kekuatan negara lain

C. Saling menuntungkan secara ekonomi dan politik

D. Mencari negara yang senasib dan sepenanggungan

E. Berupaya mewujudkan pemerintahan dunia yang bersih dan netral

F. Kelebihan produksi sehingga memerlukan wilayah untuk menjadi pasar

3. Rasa Etnosentrisme yang berlebihan terwujud dalam gerakan Pan-Slavisme yang menghendaki seluruh etnis Slavia selatan menjadi satu negara utuh yang diperintah oleh Etnis Slavia selatan sendiri, menurut uraian materi, negara mana yang paling teguh mengumandangkan paham Pan-Slavisme di kawasan Balkan ….

A. Bosnia

B. Kroasia

C. Slovenia

D. Serbia

E. Makedonia

4. Putra Mahkota yang tertembak di Sarajevo pada tahun 1914 merupakan anak dari ….

A. Kaisar Jerman

B. Kaisar Serbia

C. Kaisar Austria-Hongaria

D. Raja Rusia

E. Penguasa Bosnia

5. Pembunuhan terhadap Franz Ferdiinand mengakibatkan Perang Dunia II dimulai, mengapa Rusia lantas terlibat dalam perang tersebut ….

A. Terikat oleh aliansi sesama negara Slav dengan negara Serbia

B. Memiliki keinginan untuk sama-sama menghancurkan Jerman dan Austria-Hongaria yang sering mengancam perbatasannya

C. Rusia memiliki kepentingan ekonomi terhadap adanya Perang besar untuk memakmurkan rakyatnya

D. Franz Ferdinand merupakan menantu dari Kaisar Rusia, Nicholas II dari dinasti Romanoff

E. Rusia marah terhadap Serbia karena putra mahkotanya terbunuh

6. Salah satu alasan Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia I adalah adanya telegram Zimmerman yang ditujukan kepada Duta Besar Jerman untuk Amerika Serikat, bagaimana lantas telegram tersebut dapat menyulut kemarahan rakyat dan negara Amerika?

A. Telegram tersebut menghina presiden Amerika Serikat

B. Melanggar teritori milik Amerika Serikat di Samudera Atlantik

C. Jerman berencana membujuk Mexico menganggu kedaulatan AS

D. Telegram tersebut berisi kecurangan-kecurangan Jerman selama Perang

BACA JUGA:  Soal Sejarah Kontemporer Cekoslowakia

E. Rencana genosida terhadap bangsa Amerika di Eropa oleh Jerman

7. Perang dunia I terkenal akan adanya perang parit, dimana para tentara berlindung di dalam parit untuk menunggu musuh datang atau sekedar mempertahankan garis wilayah, salah satu pertempuran parit terbesar di Perang Dunia I adalah …

A. Somme

B. Schifflen

C. Alsace-Lorraine

D. Brest-Litovsk

E. Rhineland

8. Secara resmi Perang Dunia I berakhir pada November 1918, ketika Jerman meminta gencatan senjata kepada Presiden Amerika Woodrow Wilson, namun ternyata klausul perjanjian Versailles tentang ketentuan kepada pihak Jerman yang kalah perang sangat membuat Jerman merasa diinjak-injak harga dirinya, hal tersebut disebabkan karena ….

A. Jerman tidak terima disebut sebagai bangsa pecundang

B. Rasa tidak adil akibat hanya Jerman yang diminta membayar seluruh kerugian Perang Dunia I

C. Pihak sekutu tidak komitmen, karena Jerman merasa klausul perjanjian seharusnya berdasarkan 14 syarat yang diajukan oleh Woodrow Wilson

D. Jerman dikhianati oleh Italia dalam perjanjian Dalmatia 1915

E. Perancis mengambil wilayah Rhineland milik Jerman sebagai bagian dari provinsinya

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. D → Pembahasan: Inggris merupakan negara kepulauan yang sangat bergantung pada kekuatan angkatan laut untuk menjaga kedaulatannya serta mengontol kawasannya yang di seberang lautan (Koloni).
  2. B → Pembahasan: Umumnya para negara negara di Eropa lebih merasa terancam ketika ada negara yang memiliki persenjataan lebih baik dari negaranya sendiri, apalagi negara tersebut adalah saingannya dalam bidang lain.
  3. D → Pembahasan: Serbia dikenal sebagai pencetus Pan-Slavisme di kawasan Balkan, hingga nanti ketika berdiri negara Yugoslavia, orang Serbia lebih mendominasi pemerintahan dan militer di negara tersebut.
  4. C → Pembahasan: Franz Ferdinand, putra mahkota Franz Joseph, Kaisar dari Austria-Hongaria.
  5. A → Pembahasan: Rusia dan Serbia sama-sama beretnis Slavia.
  6. C → Pembahasan: Telegram tersebut memerintahkan duta besar Jerman untuk AS segera membuka komunikasi kepada Mexico untuk membantu mexico mengambil kembali wilayah Texas yang pernah menjadi sengketa antara AS dan Mexico.
  7. A → Pembahasan: Pertempuran Somme merupakan salah satu pertempuran paling stagnan di dunia, serdadu yang meninggal karena disentri dan penyakit hampir lebih banyak daripada karena peluru.
  8. C → Pembahasan: Jerman merasa ditipu dan dijebak oleh perjanjian Versailles, Jerman merasa klausul perjanjian Versailles berdasarkan kepada 14 poin tuntutan Wilson kepada Jerman ketika November 1918, ternyata hal tersebut sangat jauh dan sangat tidak adil bagi Jerman.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.