Soal Pengertian, Manfaat dan Dimensi Kewirausahaan

soal pengertian, manfaat dan dimensi kewirausahaan

Soal Pengertian, Manfaat Dan Dimensi Kewirausahaan  – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal PKWU Kerajinan kelas 10, X KD 3.1 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, manfaat dan dimensi kewirausahaan.

Rangkuman Materi Pengertian, Manfaat Dan Dimensi Kewirausahaan  

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih. Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melaui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.
  • Wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk melaksanakan pekerjaannya untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku.
  • Karakteristik kewirausahaan antara lain adalah percaya diri, berorientasi pada tugas, berani mengambil resiko, kepemimpinan, berpikir kearah hasil dan keorisinalan.
  • Manfaat kewirausahaan antara lain memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri.
  • Dimensi Kewirausahaan ada dua yaitu kualitas dasar kewirausahaan dan kualitas instrumental.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Jelaskan perbedaan Entrepreneur dan Entrepreneurship!

2. Pak Andy, seorang wirausahawan yang bergerak dibidang kerajinan. Dia lulusan S-1 management. Pak Andy selalu memberikan nuansa baru pada setiap hasil karyanya sehingga memberikan kesan tersendiri kepada pelanggannya. Setiap hari pelanggan pak Andy bertambah sehingga semakin lama usahanya semakin berkembang. Ditempat lain ada Bu Rahardjo yang mengembangkan usaha batik jumputan. Bu Rahardjo lulusan S-2 management bisnis. Setiap hari Ibu Rahardjo menjual batik jumputan yang sama sehingga pelanggannya relative sama yaitu pelanggan yang menyukai batik tersebut. Usaha Bu Rahardjo tidak bangkrut tetapi juga tidak berkembang alias stagnan.

a. Apa perbedaan dari karakteristik yang dimiliki Pak Andi dan Bu Rahardjo sehingga usahanya bisa berkembang dan satunya stagnan.

b. Apakah kesamaan keduanya?

3. Identifikasikan manfaat-manfaat kewirausahaan.

4. Jika seorang wirausaha mempunyai karakter berpikir obyektif dan kreatif, kemampuan apakah yang dimilikinya?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Entrepreneurship adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih. Sedangkan entrepreneur adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk melaksanakan pekerjaannya untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku.

2. → Pembahasan:

a. Perbedaan antara Pak Andy dan Bu Rahardjo adalah bahwa Pak Andy selalu berinovasi dengan usaha yang dijalankannya sehingga usahanya menjadi maju. Sedangkan Bu Rahardjo menjual dengan menu yang sama dn tidak berinovasi.

b. Persamaan keduanya adalah punya kualitas instrumental yang memadai.

3. → Pembahasan: Manfaat kewirausahaan antara lain memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri.

4. → Pembahasan: Mampu menganalisis setiap kesempatan bisnis yang muncul dan pengendalian diri yang matang sehingga mampu merencanakan dan mengendalikan bisnis secara objektif dan tidak mengandalkan pertolongan ataupun fasilitas yang ada di luar kemampuan atau mengandalkan fasilitas atau kemudahan dari pihak lain.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul PKWU kerajinan atau prakarya dan kewirausahaan kerajinan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.