Soal Pengertian Produksi, Wirausaha dan Kerajinan Lokal

soal pengertian produksi, wirausaha dan kerajinan lokal

Soal Pengertian Produksi, Wirausaha dan Kerajinan Lokal – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal PKWU Kerajinan kelas 10, X KD 3.3 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian produksi, wirausaha dan kerajinan lokal.

Rangkuman Materi Pengertian Produksi, Wirausaha dan Kerajinan Lokal

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Wirausaha definisikan sebagai seseorang yang berani mengambil risiko dengan menyatukan berbagai fungsi poduksi, termasuk modal, bahan baku, tenaga kerja, dan menerima imbalan dalam bentuk laba dari nilai pasar yang dihasilkannya.

Bacaan Lainnya

kerajinan merupakan cabang seni yang menekankan pada keterampilan tangan lebih tinggi dalam proses pengerjaannya. Seni kerajinan atau lebih sering disebut dengan seni kriya berasal dari kata ‘Kr’ dalam bahasa sansekerta, ‘Kr’ ini memiliki arti mengerjakan. Dari kata tersebutlah muncul kata karya, kriya dan juga kerja.

Kerajinan dengan inspirasi objek budaya tradisional dapat berupa miniatur objek budaya, benda hiasan, atau produk kerajinan dengan fungsi baru Untuk itu dapat dilakukan pencarian informasi tentang ragam jenis material khas daerah yang dapat digunakan untuk kerajinan serta perajin yang membuat kerajinan di daerah setempat

Prinsip 6M dalam Wirausaha kerjianan Diperlukan prinsip 6M agar maksimal dalam memulainya. Berikut adalah 6M (Money, Man, Machine, Material, Market dan Methods)

Kerajinan dengan inspirasi budaya non benda akan menerjemahkan sesuatu yang abstrak (tak berbenda) menjadi benda (berwujud). Misalnya, inspirasi diambil dari sebuah cerita rakyat (tak berbenda) menjadi sebuah diorama mini yang menggambarkan salah satu adegan dalam cerita rakyat tersebut.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan wirausaha?

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan inspirasi budaya lokal?

3. Sebutkan beberapa contoh kerajinan budaya lokal non benda?

4. Sebutkan produk kerajinan jika dikaitkan dengan budaya lokal non benda daerah tersebut?

5. Sebutkan beberapa syarat pada produksi kerajinan?

6. Bandingkan peran man dan money dalam wirausaha produk kerajinan?

 Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Wirausaha adalah seseorang yang berani mengambil risiko dengan menyatukan berbagai fungsi poduksi, termasuk modal, bahan baku, tenaga kerja, dan menerima imbalan dalam bentuk laba dari nilai pasar yang dihasilkannya.

2. → Pembahasan: Inspirasi Budaya lokal adalah nilai-nilai lokal hasil budi daya masyarakat suatu daerah yang terbentuk secara alami dan diperoleh melalui proses belajar dari waktu ke waktu.

3. → Pembahasan: Ukiran, Batik, Lukisan.

4. → Pembahasan: Mebel etnis suku asmat, Seni Ukir dengan aksara kuno, Lukisan yang menggabungkan simbol simbol kerajaan jawa, Kaos dengan gambar gambar cerita rakyat, Batik.

5. → Pembahasan: Kegunaan, Kenyamanan, Keluwesan, Keamanan dan Keindahan.

6. → Pembahasan: Man (manusia) merupakan unsur yang paling vital dalam wirausaha produk kerajinankarena manusia adalah yang membuat perencanaan kemudian merekalah yang akan melaksanakan hingga tujuan tersebut dapat dicapai. Adapun Money (Uang) akan mendukung manajemen berjalan lancar dan leluasa demi mencapai target keuntungan yang optimal.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul PKWU kerajinan atau prakarya dan kewirausahaan kerajinan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.