Soal Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Promosi

soal pengertian, tujuan, dan fungsi promosi

Soal Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Promosi – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 12, XII KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Pastinya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, tujuan, dan fungsi promosi.

Rangkuman Materi Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Promosi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

Bacaan Lainnya

Promosi dapat juga diartikan bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar, dengan menggunakan komposisi bauran promosi (promotional mix).

Tujuan promosi antara lain menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial, untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba, untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.

Fungsi Promosi antara lain memberikan informasi, membujuk dan mempengaruhi, serta menciptakan kesan (image). Promosi merupakan suatu alat mencapai tujuan. Jenis promosi antara lain promosi periklanan, penjualan tatap muka, promosi publicity.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.

2) Memberikan Informasi

3) Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.

4) Promosi merupakan suatu alat mencapai tujuan.

Yang termasuk tujuan promosi adalah ….

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 1 dan 4

d. 2 dan 3

e. 2 dan 4

2. Pernyataan di bawah ini yang termasuk kelebihan dari promosi periklanan adalah …

a. Cakupan yang melihat iklan tersebut banyak, karena dapat disiarkan melalui media cetak dan siar.

b. Pencitraan produk akan lebih baik dengan sales representative yang handal.

c. Menghindari gangguan dan hambatan jadi calon konsumen bisa fokus pada penjelasan sales representative.

d. Adanya atensi yang besar dari calon konsumen.

e. Karena diadakan di tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan dengan mengadakan big sale membuat banyaknya pengunjung dan konsumen meningkat dengan drastis.

3. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.

2) Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba.

3) Menciptakan kesan (Image).

4) Promosi merupakan suatu alat mencapai tujuan.

Yang termasuk fungsi promosi adalah …

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 3 dan 4

4. Jenis promosi non personal mengenai pelayanan usaha tertentu dengan cara membahas informasi dan berita tentang produk yang dijual. Jenis promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti wawancara yang begitu populer di media, hal tersebut merupakan …

BACA JUGA:  Soal Unsur Kebahasaan Dalam Debat

a. Publicity.

b. Tatap muka.

c. Periklanan.

d. Publicity dan periklanan.

e. Publicity dan tatap muka.

5. Promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensia agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atas di masa yang akan datang, merupakan pendapat dari …

a. Sistaningrum

b. Gitosudarmo

c. Kotler

d. Sistaningrum dan Gitosudarmo

e. Sistaningrum dan Kotler

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. d. 2 dan 3 → Pembahasan:

Tujuan promosi antara lain:

  • Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
  • Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba.
  • Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.
  • Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.

2. a. Cakupan yang melihat iklan tersebut banyak, karena dapat disiarkan melalui media cetak dan siar → Pembahasan:

  • Cakupan yang melihat iklan tersebut banyak, karena dapat disiarkan melalui media cetak dan siar.
  • Dapat digunakan sebagai pencitraan suatu produk.
  • Menjadi indikator posisi perusahaan, apakah mampu melakukan product positioning.
  • Mempermudahterjadinya produkpositioning karena iklan dilihat dalam kehidupanehari-hari.
  • Dapat memperkenalkan produk baru dengan cara yang lebih ringan dan santai, misalnya saja iklan televisi hanya 3 menit. Jika iklan tersebut menarik akan membuat konsumen tertarik akan produk tersebut karena selalu ada di benak konsumen.
  • Dengan membuat iklan yang baik dan menarik, perusahaan mampu membuat produknya lebih tampil, memberikan kesan yang beda dan lebih menarik dari produk lain.
  • Mengingatkan konsumen kepada suatu produk yang telah memiliki jam terbang tinggi, agar konsumen selalu menggunakan produk tersebut tidak beralih pada produk lain.
  • Membantu memperkenalkan feature baru suatu produk.
  • Mempermudah penyampaian informasi mengenai suatu produk.

Kelemahan:

  • Membutuhkan biaya yang tinggi untuk memproduksi sebuah iklan, serta meng-update suatu iklan dengan iklan yang lebih mutakhir agar konsumen tidak melihat iklan yang itu-itu saja.
  • Sering kali hanya diabaikan.

3. e. 3 dan 4 → Pembahasan:

Fungsi Promosi antara lain :

  • Memberikan Informasi
  • Membujuk dan mempengaruhi
  • Menciptakan kesan (image)
  • Promosi merupakan suatu alat mencapai tujuan

4. a. publicity → Pembahasan:

Promosi publisity merupakan jenis promosi non personal mengenai pelayanan usaha tertentu dengan cara membahas informasi dan berita tentang produk yang dijual. Jenis promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti wawancara yang begitu populer di media.

5. a. Sistaningrum → Pembahasan:

Menurut Sistaningrum (2002:98), Promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau di masa yang akan datang.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.