Soal Pengolahan Pengawetan dengan Fermentasi

soal pengolahan pengawetan dengan fermentasi

Soal Pengolahan Pengawetan dengan Fermentasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengolahan pengawetan dengan fermentasi.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Pengolahan Pengawetan dengan Fermentasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Mikroorganisme yang berperan penting dalam pembuatan tape adalah kapang Amylomyses rouxii tipe Calmette, dan khamir Endomycopsis burtonii. Proses yang terjadi dalam pembuatan tape adalah karbohidrat komplek diurai menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan enzim amylase yang diproduksi oleh kapang. Senyawa yang lebih sederhana kemudian diubah menjadi alkohol oleh khamir. Apabila fermentasi dilanjutkan akan diperoleh produk-produk asam.

Read More

Tempe merupakan jenis makanan Indonesia hasil fermentasi. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan tempe adalah Rhizopus Sp. Ragi tempe yang dibuat secara tradisional mengandung berbagai jamur mikroba yaitu jamur Rhizopus oryzae, Rhizopus oligusporus dan bakteri klebsiella pneumonia.   Rhizopus oryzae banyak dijumpai pada awal proses fermentasi kacang kedelai, sedangkan Rhizopus oligusporus dijumpai pada akhir fermentasi. Proses perendaman biji kacang kedelai pada pembuatan tempe secara tradisional bertujuan untuk mengasamkan suasana ( “acidification”) sampai mencapai pH 5,0 atau lebih rendah.

Susu merupakan makanan yang mengandung zat gizi lengkap bagi manusia dan sekaligus merupakan substrat yang baik bagi pertumbuhan berbagai jenis mikroorganisme.

Pada suhu kamar susu akan cepat diubah menjadi asam yang disebabkan olah bakteri Lactobacillus dan Streptococcus serta dapat terjadi secara alamiah yang dikenal dengan fermentasi asam secara spontan.

Mikroorganisme yang sangat penting dan berperan dalam permulaan proses fermentasi buah dan sayuran seperti ketimun, bawang putih, sawi hijau, kubis, bit, kimchi, tomat hijau, sauerkraut adalah Lactobacillus mesentroides.

Bakteri asam laktat yang berperan pada proses fermentasi lebih lanjut adalah Lactobacillus brevis, pediococcus cerevisiae dan Laktobacillus plantarum. Faktor yang mempengaruhi proses fermentasi agar berjalan dengan baik adalah kondisi lingkungan, jumlah dan jenis mikroorganisme, kebersihan, konsentrasi dan distribusi garam, suhu dan penutupan wadah.

Sawi asin adalah hasil fermentasi sawi hijau yang berasal dari cina, kimchi adalah hasil fermentasi sawi putih yang berasal dari korea, sedangkan sauerkraut adalah hasil fermentasi kol yang merupakan bahan pangan asli jerman.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1. Pada proses fermentasi kacang kedelai menjadi produk tempe menggunakan mikroorganisme kapang, jenis kapang yang berperan pada awal proses fermentasi adalah …. 

A. Rhizopus oryzae

B. Rhizopus oligusporus

C. Aspergilus glaucus

D. Rhizopus niger

E. Aspergilus nigrican

2. Total padatan yang baik dalam pembuatan yoghurt adalah mencapai .…

A. 5%

B. 10%

C. 15%

D. 18%

E. 25%

3. Tujuan dari proses perendaman biji kacang kedelai pada pembuatan tempe secara tradisional adalah ….

A. Memberikan suasana basa

B. Memberikan suasana asam

C. Memberikan suasana netral

D. Menghilangkan aroma langu

E. Meningkatkan zat gizi

4. Mikroorganisme yang sangat penting dan berperan dalam permulaan proses fermentasi buah dan sayuran adalah ….

A. Lactobacillus brevis

B. Pediococcus cerevisiae

C. Laktobacillus plantarum.

D. Lactobacillus bulgaricus

E. Lactobacillus mesentroides

5. Bakteri asam laktat yang berperan pada proses fermentasi lebih lanjut adalah Sawi asin adalah hasil fermentasi sawi hijau yang berasal …

A. Cina

B. Korea

C. Jerman

D. Swedia

E. Polandia

Kunci Jawaban

  1. A
  2. D
  3. B
  4. E
  5. A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *