Soal Pengolahan Pengawetan Metode Penggulaan

soal pengolahan pengawetan metode penggulaan

Soal Pengolahan Pengawetan Metode Penggulaan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengolahan pengawetan metode penggulaan.

Soal dan Kunci Jawaban Pengolahan Pengawetan Metode Penggulaan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Gula seperti glukosa, sukrosa, fruktosa dan lain-lain sering ditambahkan ke dalam makanan sebagai pemanis. Akan tetapi bila penambahannya cukup, gula dapat berfungsi sebagai pengawet.

Bacaan Lainnya

Produk buah-buahan yang diolah dan diawetkan dengan gula antara lain manisan buah, jam, jelly, sari buah, marmalade, dan lain-lain.  Jam, jelly dan marmalade pada umumnya dibuat dari daging atau sari buah yang diproses menyerupai gel dan mengandung gula, asam, dan pektin.

Sifat daya tahan dari jam, jelly dan marmalade ditentukan oleh berbagai faktor, yaitu: Kandungan gula yang tinggi, biasanya 65 ─ 75% bahan terlarut; Keasaman tinggi, pH sekitar 3,1 ─ 3,5; Nilai aw sekitar 0,75 ─ 0,83; Suhu tinggi sewaktu pemanasan atau pemasakan (105 ─ 106oC); dan tekanan gas oksigen yang rendah selama penyimpanan, misalnya pada pengisian panas ke dalam wadah yang kedap air.

BACA JUGA:  Soal Pengkajian Keperawatan Keluarga

Prinsip pengolahan sirup buah-buahan adalah sari buah ditambahkan air dan gula dengan perbandingan tertentu, dilakukan pengentalan dengan proses pemasakan sehingga diperoleh larutan kental dengan konsentrasi gula 65%.

Sirup buah-buahan biasanya mengandung gula dan asam, di samping bahan pengawet kimia seperti SO2, asam benzoat atau garam-garamnya, dan kadang-kadang juga gliserol. Kadar gula sekitar 25 ─ 50% saja sudah cukup untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme bila sirup disimpan pada suhu kamar.

Oleh karena itu, sirup adalah sejenis minuman ringan berupa larutan gula kental dengan citarasa beranekaragam. Berbeda dengan sari buah, penggunaan sirup tidak langsung diminum, akan tetapi harus diencerkan terlebih dahulu. Pengenceran diperlukan karena kadar gula sirup adalah tinggi, sekitar 65%.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

BACA JUGA:  Soal Asuhan Kefarmasian

1. Kadar gula jam, jelly dan sirup adalah :

A. 50%

B. 55%

C. 60%

D. 65%

E. 35%

2. Berdasarkan jumlah molekulnya dalam penggolongan karbohidrat, pektin termasuk dalam kelompok :

A. Monosakarida

B. Disakarida

C. Polisakarida

D. Glukosa

E. Peroksida

3. Dalam pembuatan jelly, gel akan terbentuk pada kondisi pH :

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5

E. 7

4. Pengawetan menggunakan gula dan garam menyebabkan sel mikroba mengalami kekurangan air selanjutnya akan mati. Peristiwa ini disebut :

A. Osmosis

B. Osmolisis

C. Dehidrasi

D. Plasmolisis

E. Autolysis

5. Salahsatu faktor yang menentukan terbentuknya jelly dengan baik adalah :

A. Garam

B. Suhu

C. Gula

D. Air

E. Kelembaban

Kunci Jawaban

  1. D
  2. C
  3. B
  4. D
  5. C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.