Soal Peristiwa Sejarah Tentang Manusia Di Masa Lalu Untuk Keperluan Kehidupan Masa Kini

soal peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk keperluan kehidupan masa kini

Soal Peristiwa Sejarah Tentang Manusia Di Masa Lalu Untuk Keperluan Kehidupan Masa Kini – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 10, X KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk keperluan kehidupan masa kini.

Rangkuman Materi Peristiwa Sejarah Tentang Manusia Di Masa Lalu Untuk Keperluan Kehidupan Masa Kini

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pemahaman tentang sejarah yang setelah dilihat secara umum dari para ahli ialah memiliki makna sebagai cerita, atau kejadian yang benar-benar telah terjadi pada masa lampau.

Bacaan Lainnya

Dilihat dari pengertiannya tersebut, maka sejarah dapat dibagi tiga yaitu, Sejarah sebagai Peristiwa, adalah sesuatu yang terjadi pada masyarakat manusia di masa lampau, Sejarah sebagai Ilmu Sejarah dikategorikan sebagai ilmu karena dalam sejarah pun memiliki “batang tubuh keilmuan” (the body of knowledge), metodologi yang spesifik, dan

Sejarah sebagai cerita merupakan sesuatu karya yang dipengaruhi oleh subjektivitas sejarawan. Artinya, memuat unsur-unsur dari subjek, si penulis /sejarawan sebagai subjek turut serta mempengaruhi atau memberi “warna”, atau “rasa” sesuai dengan “kacamata” atau selera subjek (Kartodirdjo, 1992:62).

Tujuan dan kegunaan sejarah, pada hakikatnya adalah memberi pelajaran bagi masyarakat sekarang, untuk dapat mengambil pelajaran di masa lalu agar di masa depan menjadi lebih baik.Dan Notosusanto (1979:4-10) mengidentifikasi empat jenis kegunaan sejarah, yakni fungsi edukatif, fungsi inspiratif, fungsi instruktif, dan fungsi rekreasi.

Dalam perkembangannya, sejarah memiliki sejarah yang dimulai dari tulisan-tulisan sejarah di Eropa, pertama kali muncul dalam bentuk puisi, yaitu Homerus (Homer) dengan karyanya Iliaddan Odyssey,dan dalam perkembangannya itu terdapat konflik para sejarawan tentang penulisan dan isi dari sejarah hingga munculnya dua kebangkitan kembali unsur lama dalam ilmu sejarah, yakni kebangkitan kembali politik dan narasi.

Karena pembahasan sejarah meliputi masyarakat di masalalu yang berupa peristiwa yang unik dan mengubah hidup masyarakat tersebut. Maka sejarah dapat dijadikan sebuah pembelajaran dari peristiwa masa lalu tersebut untuk kehidupan masa kini.

Kehidupan para tokoh pendiri bangsa dapat dijadikan sumber infirasi bagi generasi berikutnya dalam melangkah dan bergerak untuk menjadikan negara kita bisa jauh lebih baik.

BACA JUGA:  Soal Nusantara Sebagai Bagian Jaringan Perdagangan Maritim Global

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Peristiwa sejarah adalah peristiwa yang abadi. Maksud dari pernyataan tersebut adalah…

A. Peristiwa yang terjadi di masa lampau tidak akan terulang kembali dimasa kini

B. peristiwa yang terjadi memiliki dampak yang luas dalam kehidupan sebuah bangsa

C. peristiwa yang terjadi dimasa lampau menimbulkan efek dimasa kini dan dimasa yang akan datang

D. peristiwa yang terjadi dimasa lampau tidak akan berubah dan tetap dikenang sepanjang masa

E. peristiwa yang terjadi dimasa lampau direkontruksi kembali untuk pembelajaran  dimasa kini dan dimasa yang  akan datang

2. Peristiwa sejarah merupakan sebuah proses yang berkelanjutan atau berkesinambungan sebab…

A. peristiwa yang terjadi silih berganti dari masa ke masa

B. peristiwa sejarah mendorong terjadinya suatu perubahan dalam sebuah kemajuan

C. peristiwa sejarah terjadi akibat tindakan yang diambil manusia

D. peristiwa sejarah dapat mempengaruhi dan mengendalikan manusia

E. peristiwa yang terjadi membawa akibat yang saling terkait dalam kehidupan manusia di masa berikutnya

3. Pernyataan di bawah ini yang dimaksud dengan sejarah memiliki manfaat edukatif adalah…

A. Dengan mempelajari sejarah maka kita akan dapat membayangkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu

B. Ketika mempelajari sejarah, kita akan mendapatkan penyegaran dari kejenuhan akibat rutinitas

C. Ketika mempelajari sejarah, kita akan mendapatkan ilham untuk dapat meneruskan perjuangan tokoh-tokoh pejuang dimasa dahulu

D. Dengan mempelajari sejarah maka kita akan dapat memperbaiki kesalahan di masa lalu dan dapat merancang masa depan yang lebih baik

E. Dengan belajar dari sejarah maka kita akan dapat mengulangi hal-hal yang pernah dilakukan oleh nenek moyang kita dahulu.

4. Konsep waktu dalam sejarah sangat penting untuk mengetahui peristiwa masa lalu dan perkembangannya sampai saat ini karena…

A. Tidak ada hubungan antara masa lalu dengan masa kini

B. Periode waktu dalam sejarah terputus ketika terjadi pergantian masa

C. Sejarah berbicara mengenai masa lalu dan masa kini saja

D. Sejarah berkaitan erat dengan perubahan dan keerlanjutan dalam kehidupan manusia

E. Waktu menentukan periode yang terjadi dalam sejarah

5. Pewarisan budaya dari generasi terdahulu kegenerasi berikutnya bertujuan…

A. Agar generasi di bawahnya dapat memperbaiki kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu

B. Setiap generasi di bawahnya dapat melanjutkan keinginan mereka

C. Generasi di bawahnya dapat menghapus peristiwa-peristiwa masa lalu

D. Setiap generasi berikutnya dapat mengembangkan masa lalu

E. Generasi berikutnya dapat membuat klasifikasi tentang peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu

BACA JUGA:  Soal Pengaruh Budaya Hindu Budha di Indonesia

Kunci Jawaban dan Pembahasan
  1. D → Pembahasan: Sejarah sebagai peristiwa abadi karena peristiwa tersebut sudah terjadi dan tidak mungkin akan berubah, waktu tidak akan kembali lagi, peristiwa tersebut sekarang hanya bisa kita kenamg dan menjadi pembelajaran bagi generasi berikutnya.
  2. E → Pembahasan: Tidak ada sebuah peristiwa yang berdiri sendiri, pasti ada sebab atau latar belakang yang mendasarinya, peristiwa akan terus berlanjut seiring waktu yang terus berputar.
  3. D → Pembahasan: Peristiwa dalam sejarah akan menjadi pembelajaran bagi generasi berikutnya, dengan mempelajari sejarah kita tidak akan mengulangi kesalahan masa lalu.
  4. A → Pembahasan: Konsep waktu dalam sejarah sangat penting karena dengan waktu kita akan mengetahui terjadinya sebuah perubahan dan bagaimana kelanjutan dari peritiwa tersebut.
  5. B → Pembahasan: Pewarisan sejarah kepada generasi berikutnya bertujuan agar kesalahan-kesalahan yang terjadi pada masa lalu bisa menjadi pembelajaran agar tidak terulang Kembali.

Soal Essai

  1. Jelaskan kaitan antara manusia dengan sejarah!
  2. Jelaskan maksud dari manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu!
  3. Mengapa tidak semua kejadian bisa disebut sejarah, jelaskan alasannya!
Jawaban Essai

1. → Pembahasan: Kaitan manusia dengan sejarah yaitu: Manusia dan sejarah merupakan kesatuan dengan manusia sebagai subyek dan obyek sejarah. Sejarah merupakan pengalaman manusia dan ingatan manusia yang diceritakan. Dapat dikatakan bahwa manusia berperan dalam sejarah yaitu sebagai pembuat sejarah karena manusia yang membuat pengalaman menjadi sejarah. Manusia adalah penutur sejarah yang membuat cerita sejarah sehingga semakin jelas bahwa manusia adalah sumber sejarah.

2. → Pembahasan: Manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu artinya: Peristiwa sejarah yang terjadi adalah sebuah perubahan dalam kehidupan manusia. Sejarah mempelajari aktivitas manusia dalam konteks waktu. Perubahan yang terjadi pada masa lalu mempengaruhi kehidupan masa kini. Perubahan tersebut meliputi berbagai aspek kehidupan manusia seperti sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

3. → Pembahasan:

Tidak semua kejadian bisa disebut sejarah karena ada tiga kategori yang harus dipenuhi sehingga sebuah peristiwa masuk sebagai sejarah yaitu:

  • Unik, suatu peritiwa memiliki kekhasan tersendiri yang tidak terdapat pada peristiwa lain.
  • Berpengaruh besar, suatu peristiwa mempunyai pengaruh besar terhadap jalan hidup suatu kelompok baik secara nasional bahkan global.
  • Bermakna, suatu peristiwa mempunyai nilai dan manfaat bagi kehidupan kelompok di masa selanjutnya baik masa kini maupun masa depan.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.