Soal Sejarah Sebagai Ilmu dan Peristiwa

soal sejarah sebagai ilmu dan peristiwa

Soal Sejarah Sebagai Ilmu dan Peristiwa – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 10, X KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang sejarah sebagai ilmu dan peristiwa.

Rangkuman Materi Sejarah Sebagai Ilmu dan Peristiwa

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sejarah pada umumnya ditulis berdasarkan pemikiran dan tindakkan manusia dimasa lampau. Dalam proses penyelidikan itu pula sejarawan harus bekerja untuk memperoleh fakta-fakta sejarah dan dapat memaparkannya. Fakta adalah suatu statement tentang suatu kejadian atau peristiwa. Peristiwa sejarah dalam arti obyektif tidak mungkin lagi diulang atau dialami kembali akan tetapi bekas-bekasnya sebagai memori dapat diungkapkan atau diaktualisasikan.

Bacaan Lainnya

Bentuk pengungkapan kembali ialah pernyataan tentang suatu kejadian. Pada hakekatnya fakta sejarah adalah suatu pernyataan tentang suatu kejadian atau peristiwa sejarah.

Kapan sejarah itu muncul? apabila fakta sejarah itu muncul secara imajinatif didalam pikiran seseorang, maka fakta itu menjadi bagian dari waktu sekarang disegi lain dapat pula dikatakan bahwa fakta-fakta sejarah itu akan muncul apabila terdapat suatu “tujuan”. Gambaran sejarah memberi pengertian tentang apa yang terjadi dimasa lalu. Pengertian ini bukanlah suatu yang objektif yang mudah diperoleh tetapi tergantung pada saling hubungan antara fakta-fakta yang tersusun saling berhubungannya kelihatan apabila diajukan pertanyaan dan masalah.

Peristiwa yang dapat digolongkan sebagai peristiwa sejarah haruslah unik, terjadi sekali saja (einmalig) dan memiliki pengaruh yang besar pada masanya dan masa sesudahnya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

BACA JUGA:  Soal Pemikiran Yang Melandasi Revolusi Besar Dunia

1. Sejarah sebagai suatu ilmu memiliki teori. Teori dalam sejarah muncul setelah sejarawan …

a. Menemukan fakta-fakta dan bukti-bukti baru

b. Menemukan kesimpulanbaru dalam penelitian

c. Memanfaatkan ilmu-ilmu bantu dalam penulisannya

d. Menggunakan teori dan pendekatan ilmu-ilmu sosial

e. Menyelesaikan langkah-langkag dalam metode sejarah

2. Menurut Kuntowijoyo, ilmu sejarah memiliki kesamaan dengan ilmu alam karena berdasarkan pengalaman dan pengamatan. Akan tetapi, para ahli ilmu alam menggunakan laboratorium untuk melakukan pengamatan. Adapun sejarawan melakukan pengamatan melalui …

a. Buku referensi dan sumber internet

b. Lingkungan sosial dan alam

c. Bukti-bukti dan ilmu bantu lain

d. Pemikiran dan perenungan

e. Kondisi fisik dan psikis

3. Sejarah telah diperbincangkan dan dibahas umat manusia sejak dahulu. Fakta tersebut menunjukkan bahwa …

a. Sejarah merupakan ilmu yang sulis di rekonstruksi oleh orang awam

b. Sejarah hanya berpengaruh bagi orang-orang besar

c. Masa depan seseorang dapat diprediksi melalui ilmu sejarah

d. Sejarah memiliki kedudukan penting bagi umat manusia

e. Manusia mulai tertarik dengan kajian ilmu sejarah

4. Perhatikan keterangan berikut!

1) Mempunyai metode

2) Berdasarkan fakta

3) Mempunyai generalisasi

4) Bersifat empiris

5) Mempunyai ilmu bantu

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu memliki ciri sebagai berikut …

a. 1), 2) dan 3)

b. 1), 2) dan 4)

c. 1), 3) dan 4)

d. 2), 3) dan 5)

e. 2), 4) dan 5)

5. Dalam kehidupan manusia peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, unik dan penting. Sebuah peristiwa sejarah dapat dikatakan penting dan dapat dijadikan momentum karena ….

a. Memberikan pelajaran dan hikmah bagi kehidupan suatu kelompok

b. Menjadi peristiwa yang selalu diperingati dan dikenang oleh masyarakat

c. Merupakan peristiwa yang hanya terjadi sekali dalamkehidupan manusia

d. Merupakan peristiwa yang tidak dapat diubah dan menjadi peristiwa abadi

BACA JUGA:  Soal Sejarah Kontemporer Runtuhnya Vietnam Selatan

e. Memiliki pengaruh besar bagi kehidupan manusia yang menjalaninya

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. b → Pembahasan: Seperti ilmu pengetahuan lainnya, sejarah memiliki teori yang menjadi dasar kaidah-kaidah peelitian sejarah. Teori muncul setelah sejawarawan melakukan serangkaian penelitian dan menemukan kesimpulan baru yang membedakan dengan kesimpulan-kesimpulan berikutnya.kesimpulan ini diperoleh seteka sejarawan merekonstruksi fakta dan bukti yang telah diperoleh.

2. c → Pembahasan: Menurut Kuntowijoyo, sejarah bersifat empiris karena bergantung pada pengamatan dan pengalaman manusia. Dalam konsep ini ilmu alam karena sama-sama berdasarkan pengalaman dan pengamatan. Akan tetapi, perbedaannya para ahli ilmu alam biasa menggunakan laboratorium untuk menggulang percobaannya, sedangkan penelitian sejarawan tertuju pada peninggalam-peninggalan yang masih tersisa., bukti-bukti, serta kesaksian dara pelaku sejarah.

3. d → Pembahasan: Sejarah merupakan ilmu yang penting bagi kehidupan umat manusia. Sejarah telah diperbincangkan dan dibahas oleh umat manusia sejak jaman dahulu. Fakta bahwa sejarah selalu dikritisi, ditelaah, dan ditulis ulang dari generasi ke generasi yang bisa dijadikan bukti pentingnya sejarah bagi umat manusia.

4. c → Pembahasan:

Menurut Kuntowijoyo, sejarah sebagai ilmu memiliki ciri sebagai berikut.

  • Bersifat empiris
  • Mempunyai objek
  • Mempunyai teori
  • Mempunyai generalisasi
  • Mempunyai metode

5. e → Pembahasan: Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Akan tetapi, tidak semua peristiwa pada masa lampau dapat disebut sebagai peristiwa sejarah. Sebuah peristiwa sejarah menjadi peristiwa sejarah jika bersifat unik, abadi dan penting. Peristiwa yang dapat dijadikan momentum karena memiliki arti yang penting bagi khalayak ramai dan memiliki pengaruh besar daam kehidupan manusia.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.