Soal Sejarah Sebagai Kisah dan Seni

soal sejarah sebagai kisah dan seni

Soal Sejarah Sebagai Kisah dan Seni – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 10, X KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang sejarah sebagai kisah dan seni.

Rangkuman Materi Sejarah Sebagai Kisah dan Seni

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sejarah sebagai cerita atau kisah adalah peristiwa sejarah yang diceritakan atau dikisahkan kembali sebagai hasil rekonstruksi ahli sejarah (sejarawan) terhadap sejarah sebagai peristiwa.

Bacaan Lainnya

Sejarah sebagai cerita merupakan rekonstruksi dari suatu peristiwa baik yang dituliskan maupun diceritakan oleh seseorang sehingga sejarah dapat berupa kisah yang berbentuk lisan dan tulisan.

Subjektivitasnya ada pada bagaimana sejarah itu disampaikan, diceritakan oleh seseorang. Faktor kepentingan dan latar belakang penulis sejarah itu juga mempengaruhi cara penulisan sejarah.

Penulisan yang dapat dipertanggungjawabkan harus melalui penafsiran yang mendekati kebenaran peristiwa yang terjadi. Sementara itu untuk merekonstruksi kisah sejarah harus mengikuti metode analisis serta pendekatan tertentu.

Sejarah sebagai seni disebabkan dalam rangka penulisan kisah sejarah. Dalam memilih topik, sejarawan sering tidak bisa mengandalkan ilmu yang dimilikinya saja, ia akan memerlukan ilmu sosial dalam menentukan sumber apa yang harus diacari, demikian pula dalam interpretasi data. Dimana sejarawan memerlukan intuisi, imajinasi, emosi dan gaya Bahasa dalam membuat tulisan tentang sejarah.

Fiksi adalah cerita rekaan, rekaan, khayalan, tidak berdasarkan kenyataan, dan pernyataanyang hanya berdasarkan khayalan atau pikiran. Fiksi berbeda dengan sejarah, karena sejarah menyuguhkan fakta sedangkan fiksi menyuguhkan khayalan, imajinasi dan fantasi.

Mithos berarti dongeng. Oleh karena merupakan dongeng, mithos biasanya menceritakan masa lalu dengan waktu yang tidak jelas serta kejadian yang tidak masuk akal biasanya berhubungan denganhal ghaib dan diakui kebenarannya oleh masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  Soal Peradaban Awal Masyarakat Dunia

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Berdasarkan subjeknya, sejarah sebagai kisah dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu…

a. Sejarah politik dan sejarah baru

b. Sejarah modern dan sejarah baru

c. Sejarah lokal dan sejarah nasional

d. Sejarah nasional dan sejarah regional

e. Sejarah konvensional dan sejarah baru

2. Perhatikan keterangan-keterangan berikut!

(1) Intuisi

(2) Empiris

(3) Imajinasi

(4) Memilki metode

(5) Gaya bahasa

Sejarah dikatakan sebagai seni. Karena sejarawan membutuhkan hal-hal di atas, yang ditunjukkan pada nomor…

a. (1), (2), dan (3)

b. (1), (3), dan (5)

c. (2), (3), dan (4)

d. (2), (4), dan (5)

e. (3), (4), dan (5)

3. Sejarah sebagai suatu kisah, ilmu sejarah memerlukan suatu metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah, fakta menjadi kisah sejarah. Metode tersebut satu diantaranya adalah heuristik yaitu ….

a. mengkaji sumber sejarah yang digunakan

b. menganalisis sumber-sumber sejarah

c. memanfaatkan sumber-sumber sejarah

d. mencari dan menghimpun sumber sejarah

e. menggali dan memilah sumber sejarah

4. Peristiwa sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang tidak akan terulang. Oleh karena itu dalam melakukan penelitian sejarah seorang sejarawan disamping memerlukan sumber-sumber yang dapat kredibel juga memerlukan imajinasi. Hal tersebut dilakukan agar sejarawan dapat ….

a. menyatukan dirinya dengan obyeknya

b. merangkai fantasinya menjadi cerita

c. memiliki simpati terhadap sejarah

d. membayangkan apa yang sebenarnya terjadi

e. menulis sejarag berdasarkan insting

5. Sejarah sebagai seni mengacu cara penulisan sejarah yang dilakukan oleh sejarawan sama dengan sastrawan dalam menghasilkan karyanya. Keduanya dipengaruhi oleh faktor ilham, imajinasi, perasaan dan gaya bahasa. Namun demikian seorang sejarawan tidak sebebas sastrawan dalam menggunakan faktor tersebut karena dalam upaya mengedepankan obyektifitas, seorang sejarawan dalam menghasilkan karyanya mengacu pada ….

BACA JUGA:  Soal Peradaban Awal Masyarakat Indonesia

a. ketepatan dalam menggunakan data dan fakta sejarah

b. penggabungan fakta dengan emosi sejarawan

c. kesimpulan yang diperoleh dari berbagai pihak

d. pandangan politik yang diyakini sejarawan tersebut

e. keseimbangan penggunaan data khayal dengan sumber sejarah

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. e → Pembahasan: Sejarah sebagai kisah merupakan hasil rekonstruksi (penggabaran) sejarawan terhadap suatu peristiwa. Kajian sejarah sebagai kisah berkembang dari masa ke masa. berdasarkan subjeknya, sejarah dibedakan menjadi dua yaitu sejarah lama atau konvensional (old history) dan sejarah baru (new history).
  2. b → Pembahasan: Mengapa sejarah dapat dikatakan sebagai seni, karena dalam penulisan sejarah memerlukan (1) intuisi, (2) imajinasi, (3) emosi, (4) gaya bahasa.
  3. d → Pembahasan: Tahap heuristik berasal dari bahasa Yunani heurishein artinya memperoleh atau suatu teknik mencari dan menhimpun sumber sejarah baik itu yang primer maupun sekunder.
  4. d → Pembahasan: Dalam melakukan penelitian sejarah sejarawan selain membutuhkan sumber yang kredibel (terutama sumber primer) juga memerlukan imajinasi. Tujuan dari imajinasi tersebut agar sejarawan dapat membayangkan apa yang sebenarnya terjadi namun sesuai fakta yang ada.
  5. a → Pembahasan: Sejarah sebagai seni adalah imajinasi terhadap fakta-fakta sejarah, sehingga didapatkan gambaran kehidupan di masa lalu. Tugas tersebut sama seperti sastrawan namun sejarawan harus sadar bahwa imajinasi hendaknya ditata dan diatur secara hati-hati sekali agar dapat mendekati kebenaran. Selain itu sejarawan juga dibatasi oleh fakta sejarah, maka dari itu karya sejarawan mengacu pada ketepatan dalam menggunakan data dan fakta sejarah.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.