Soal Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme

soal perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme

Soal Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 8, VIII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Di akhir pos ada jawabannya yah).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 menjadi salah satu inspirasi negara-negara di Asia. Bahwa ternyata bangsa Asiapun mampu melawan penjajah.

Berkembangnya nasionalisme di berbagai negara dan munculnya paham-paham baru di dunia juga menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi pergerakan kebangsaan Indonesia yang berasal dari luar negeri. Beberapa kejadian tersebut menjadi faktor yang berasal dari luar Indonesia atau yang disebut dengan faktor eksternal.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Sebutkan isi sumpah pemuda!

2. Faktor apa saja yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di Indonesia ?

3. Apa yang dimaksud dengan politik etis?

4. Mengapa kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 menjadi inspirasi bangsa Asia?

BACA JUGA:  Soal Upaya-upaya Meningkatkan Kerja Sama di Antara Negara-Negara ASEAN

5. Siapa pendiri Muhammadiyah?

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Pembahasan:

  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

2.→ Pembahasan:

Faktor yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di Indonesia:

  • Berbagai kejadian dari luar negeri (eksternal) yaitu: kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905, berkembangnya nasionalisme di berbagai negara, dan munculnya paham-paham baru di dunia.
  • Berbagai kejadian dari dalam negeri (internal) yaitu: perluasan pendidikan, kegagalan perjuangan di berbagai daerah, rasa senasib sepenanggungan, perkembangan organisasi etnis, kedaerahan, serta berkembangnya berbagai paham baru di Indonesia.

3.→ Pembahasan:

Politik Etis (Politik Balas Budi) adalah politik pemerintah Belanda yang diusulkan oleh van Deventer dengan melakukan edukasi/pendidikan, emigrasi/perpindahan penduduk, dan irigasi/pengairan bagi rakyat Indonesia yang selama ini telah diperas oleh Belanda.

4.→ Pembahasan: Menjadi Inspirasi karena Jepang yang merupakan bangsa Asia bisa mengalahkan Rusia yang merupakan bangsa Eropa. Saat itu ada anggapan bangsa Eropa lebih kuat dari pada bangsa Asia. Sehingga kemenangan Jepang atas Rusia menjadi inspirasi bahwa bangsa Asiapun yakin mampu melawan penjajah, termasuk bangsa Indonesiapun mempunyai anggapan yang sama, pasti dapat mengusir penjajah Belanda.

5.→ KH. Ahmad Dahlan

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8, VIII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.