Soal Perubahan Sistem Pernapasan

soal perubahan sistem pernapasan persalinan

Soal Perubahan Sistem Pernapasan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi Perubahan Sistem Pernapasan /Respirasi Kaitannya dengan Fungsi Kardiovaskuler.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Perubahan Respirasi Kaitannya dengan Fungsi Kardiovaskuler

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pernapasan pertama pada bayi normal terjadi dalam waktu 30 detik pertama sesudah lahir, terjadi dengan adanya perkembangan paru-paru, Hipoksia pada akhir persalinan dan rangsangan fisik lingkungan luar rahim yang merangsang pusat pernafasan di otak, penimbunan karbondioksida (CO2). Setelah bayi lahir, kadar CO2 meningkat dalam darah.

Read More

Fungsi sistem pernapasan dan kaitannya dengan fungsi kardiovaskuler adalah Peningkatan aliran darah paru-paru akan memperlancar pertukaran gas dalam alveolus dan menghilangkan cairan paru-paru.

Peningkatan aliran darah ke paru-paru akan mendorong terjadinya peningkatan sirkulasi limfe dan membantu menghilangkan cairan paru-paru dan merangsang perubahan sirkulasi janin menjadi sirkulasi luar rahim. Perubahan pada system peredaran darah terjadi karena adanya Penutupan foramen ovale atrium jantung dan Penutupan duktus arteriosus antara arteri paru-paru dan aorta.

Oksigenasi yang memadai merupakan faktor yang sangat penting dalam mempertahankan kecukupan pertukaran udara.

Jika terdapat hipoksia, pembuluh darah paru-paru akan mengalami vasokonstriksi. Pengerutan pembuluh ini berarti tidak ada pembuluh darah yang terbuka guna menerima oksigen yang berada dalam alveoli, sehingga menyebabkan penurunan oksigenasi jaringan. Ada 2 perubahan besar yang harus terjadi dalam sistem sirkulasi yaitu:

1) Penutupan foramen ovale atrium jantung

Saat tali pusat dipotong, resistensi pembuluh sistemik meningkat dan tekanan atrium kanan menurun. Hal ini membantu darah dengan kandungan oksigen sedikit mengalir ke paru-paru untuk proses oksigenisasi ulang, pernapasan pertama, resistensi pembuluh turun, tekanan atrium kanan naik.

Oksigen mengalir ke dalam paru, dan menurunkan tekanan atrium kiri. Akibatnya foramen ovale menutup secara fungsionil.

2) Penutupan duktus arteriosus antara arteri paru-paru dan aorta

Dengan adanya pernapasan kadar oksigen darah meningkat, sehingga ductus arteriosus mengalami kontraksi dan menutup. Selanjutnya sistem sirkulasi bayi dapat menjalankan fungsinya sendiri.

Perubahan sirkulasi ini terjadi akibat perubahan tekanan darah pada seluruh sistem pembuluh tubuh. Ingat hukum yang menyatakan bahwa darah akan mengalir pada daerah daerah yang mempunyai resistensi yang kecil. Jadi perubahan-perubahan tekanan langsung berpengaruh pada aliran darah.

Oksigen menyebabkan sistem pembuluh mengubah tekanan dengan cara mengurangi atau meningkatkan resistensinya sehingga mengubah aliran darah. Hal ini terutama penting kalau kita ingat bahwa sebagian besar kematian dini bayi baru lahir berkaitan dengan oksigen (asfiksia).

Peristiwa penting yang mengubah tekanan dalam sistem pembuluh darah yaitu pada saat tali pusat pusat dipotong, resistensi pembuluh sistemik meningkat dan tekanan atrium kanan menurun. Tekanan atrium kanan menurun karena berkurangnya aliran darah ke atrium kanan tersebut. Hal ini menyebabkan penurunan volume dan tekanan atrium kanan itu sendiri. Kedua kejadian ini membantu darah dengan kandungan oksigen sedikit mengalir ke paru-paru untuk menjalani proses oksigenasi ulang dan Pernafasan pertama menurunkan resistensi pembuluh darah paru-paru dan meningkatkan tekanan atrium kanan.

Oksigen pada pernafasan pertama ini menimbulkan relaksasi dan terbukanya sistem pembuluh darah paru-paru (menurunkan resistensi pembuluh darah paru paru). Peningkatan sirkulasi ke paru-paru mengakibatkan peningkatan volume darah dan tekanan atrium kanan.

Dengan peningkatan tekanan atrium kanan ini dan penurunan tekanan pada atrium kiri, foramen ovale secara fungsional akan menutup.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Pernapasan pertama pada bayi normal terjadi karena adanya …

A. Pematangan surfaktan

B. Perkembangan paru-paru

C. Retensi oksigen di atrium kanan

D. Penutupan foramen ovale atrium jantung

2) Peningkatan aliran darah paru-paru adalah memperlancar pertukaran gas dalam alveolus dan menghilangkan cairan paru-paru adalah merupakan fungsi dari …

A. Sistem pernapasan dan kaitannya dengan fungsi kardiovaskuler

B. Penutupan duktus arteriosus antara arteri paru-paru dan aorta

C. Penutupan foramen ovale atrium jantung

D. Perubahan pada sistem peredaran darah

3) Peningkatan aliran darah ke paru-paru berfungsi untuk…

A. Mendorong terjadinya peningkatan sirkulasi limfe dan membantu menghilangkan cairan paru-paru

B. Mempercepat penutupan duktus arteriosus antara arteri paru-paru dan aorta

C. Mempercepat penutupan foramen ovale atrium jantung

D. Memperlancar pertukaran gas dalam alveolus

4) Terjadinya peningkatan resistensi pembuluh sistemik dan tekanan atrium kanan menurun menyebabkan terjadinya …

A. Pematangan surfaktan

B. Perkembangan paru-paru

C. Retensi oksigen di atrium kanan

D. Penutupan foramen ovale atrium jantung

5) Secara fisiologis pada saat bayi melalui jalan lahir selama persalinan mendapat keuntungan …

A. Keluarnya CO2 dari Paru

B. Segera mendapatkan oksigen

C. Cairan yang ada di dalam paru diperas keluar

D. Jalan lahir yang dilalui sesuai dengan besarnya bayi

Kunci Jawaban

1) B

2) A

3) A

4) B

5) C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Bidan Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *